NOW READING

Tanpa Kasir, di Toko Ini Konsumen Bisa Bayar Secara Otomastis

 788
+
 788

Tanpa Kasir, di Toko Ini Konsumen Bisa Bayar Secara Otomastis

by The Daily Oktagon
  • Sebuah toko di Seattle, Amerika Serikat menggunakan AI untuk mendeteksi produk yang dibeli konsumen.
  • Pelanggan hanya perlu datang ke sebuah tablet untuk membayar produk mereka tanpa proses scanning.
  • Proses ini sudah diterapkan Amazon dan masih dalam tahap beta.

Apa jadinya ketika di sebuah toko, barang belanjaan Anda akan terdeteksi secara otomatis saat ingin melakukan pembayaran? Pasti tidak akan menghabiskan waktu yang banyak untuk mengantre di kasir. Hal ini ternyata dapat dilakukan di sebuah toko yang dirancang khusus oleh sebuah startup di Amerika Serikat.

Toko yang terletak di Seattle, Amerika Serikat ini sudah memanfaatkan AI untuk mendeteksi barang yang dibeli konsumen. Pendeteksian ini dilakukan dari sebuah kamera yang terus memantau pergerakan para konsumen dari awal masuk hingga proses pemilihan barang. Konsumen yang masuk akan diberikan kode warna khusus sebagai identitas yang akan dibaca oleh sebuah software.

Foto : Shutterstock.com

Piranti lunak yang digunakan oleh toko ini akan membaca dan mencatat produk apa yang para konsumen beli dengan penggunaan algoritma tertentu. Daftar produk yang dibeli akan muncul dalam bentuk kartu digital dan selalu diperbarui ketika konsumen mengambil atau mengembalikan barang sehingga kalkulasi harga barang akan disesuaikan secara otomatis ketika proses belanja selesai.

Coba tip ini agar bebas khawatir ketika belanja online. lihat di sini.

Tanpa Mengantre

Konsumen yang sudah mengambil barang kebutuhan mereka hanya perlu mendatangi sebuah tablet yang tersedia di dekat pintu keluar. Daftar barang bawaan yang diambil akan segera muncul di layar secara otomatis. Konsumen hanya perlu menentukan sistem pembayaran yang ingin mereka gunakan, yaitu lewat kartu kredit ataupun debit.

Cepatnya proses ini akan memangkas waktu pengantrean karena tidak memerlukan scanning barang di kasir. Selain itu, sistem yang digunakan ini juga akan meminimalisir kesalahan input yang berasal dari human error. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan kenyamanan orang-orang yang sedang berbelanja di toko yang dibuat oleh Standard Cognition.

Foto : Shutterstock.com

Implementasi pada Amazon Go

Sistem berbelanja pintar ini juga sudah dilakukan oleh salah satu toko online terbesar di dunia, yaitu Amazon. Perusahaan ini membuat sebuah offline store yang sudah dilengkapi dengan AI seperti yang dibuat oleh Standard Cognition. Amazon Go menamakan teknologi yang mereka gunakan dengan “Just Walk Out Technology”. Komponen dari teknologi ini di antaranya adalah computer vision, sensor fusion, dan deep learning.

Konsumen yang akan masuk ke Amazon Go harus mengunduh aplikasi khusus dari Amazon. Nantinya aplikasi tersebut akan memberikan akses untuk masuk ke toko. Setelah itu, para konsumen bebas membeli barang yang mereka inginkan. Barang yang mereka beli akan langsung tercatat di virtual cart dari setiap akun yang masuk. Kemudian, mereka bisa langsung keluar dari Amazon GO tanpa ada proses pembayaran. Tagihan secara otomatis akan masuk ke dalam akun Amazon yang dapat dibayar dengan berbagai metode yang disediakan oleh Amazon. Namun saat ini toko tersebut belum bisa di akses oleh umum karena Amazon Go masih dalam tahap beta atau percobaan.

Tumbas.in, belanja modern rasa tradisional. Lihat selengkapnya di sini.

Foto : Shutterstock.com

Penggunaan teknologi ini menunjukkan bahwa berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa lebih nyaman dan cepat dengan perkembangan teknologi yang ada. Tidak hanya sebatas fitur-fitur yang telah disebutkan, terobosan baru ini nantinya juga bisa mendeteksi pola belanja dari setiap orang yang terdaftar sehingga proses belanja bisa lebih terkontrol dan diperbaiki untuk menghindari konsumerisme yang mulai meningkat.

0 comments