NOW READING

Tangguhnya Kembaran Xiaomi Redmi 5 Plus dengan Baterai 5.000 mAh

 2368
+
 2368

Tangguhnya Kembaran Xiaomi Redmi 5 Plus dengan Baterai 5.000 mAh

by The Daily Oktagon
  • Awalnya pembuat software antivirus, Qihoo 360 yang merupakan perusahaan asal China kini juga membesut smartphone.
  • Smartphone terbarunya yakni 360 N6, yang punya tampilan sangat mirip Xiaomi Redmi 5 Plus.
  • Namun, 360 N6 bisa dibilang lebih tangguh dibandingkan Xiaomi Redmi 5 Plus.

360 N6 merupakan ‘kembaran’ Xiaomi Redmi 5 Plus, namun memiliki spesifikasi yang lebih tangguh dan baterai jumbo 5.000 mAh.

Qihoo 360 dikenal sebagai perusahaan asal China yang mengembangkan produk software antivirus. Kini, perusahaan ini juga memproduksi smartphone dengan membawa nama 360 Mobiles. Yang terbaru, pabrikan ini merilis 360 N6, ponsel pintar yang dihadirkan untuk menyaingi Redmi 5 Plus besutan Xiaomi.

Secara sekilas, 360 N6 nampak sangat mirip dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Namun, kedua ponsel ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang berbeda cukup jauh. Perbedaan terdapat pada prosesor, kamera, baterai, hingga sistem operasi. Berikut ini ulasannya berdasarkan data yang dihimpun dari Gizmochina.

Baca juga: Xiaomi Redmi 5 Kini Hadir dengan RAM 4 GB

Xiaomi Redmi 5 Plus

Foto: 360 Mobiles

Desain dan Layar

Dari segi desain, 360 N6 dan Xiaomi Redmi 5 Plus benar-benar terlihat seperti kembar. Kedua ponsel ini memiliki desain membulat dan layar bezel-less, bodi bermaterial sama, penempatan kamera dan bentuk yang sama di bagian belakang, hingga kamera depan yang letaknya serupa di bagian depan atas.

Yang membedakan penampilan di antara keduanya secara jelas hanya lah logo dari masing-masing pabrikan sendiri. Namun, jika menggunakan casing, bisa dipastikan kedua smartphone ini terlihat begitu mirip dan nyaris tak ada bedanya.

Mengenai layarnya, 360 N6 dan Redmi 5 Plus sama-sama membawa layar 5,9 inci beresolusi Full HD+ (2160 x 1080 piksel) dengan rasio layar kekinian, yakni 18:9. Keduanya pun mengusung jenis layar yang serupa, yakni panel IPS, seperti halnya kebanyakan smartphone saat ini.

Baca juga: Dijual Sejuta di Indonesia, Ini Fitur Unggulan Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5 Plus

Foto: Xiaomi

Prosesor dan Penyimpanan

Untuk performa, 360 N6 dan Redmi 5 Plus mengandalkan prosesor Snapdragon seri 600 besutan Qualcomm, namun dengan model yang berbeda. N6 lebih tangguh karena dibekali chipset Snapdragon 630 yang dua generasi lebih baru dibandingkan Snapdragon 625 pada Redmi 5 Plus.

Prosesor Snapdragon 630 memiliki clockspeed yang lebih cepat, yakni 2,2 GHz. Sementara Snapdragon 625 hanya 2,0 GHz. Akan tetapi, keduanya merupakan prosesor yang irit konsumsi daya, karena sama-sama dibangun dengan proses fabrikasi 14 nm FinFET. Berkat prosesor tersebut, kedua ponsel ini tentu bisa diandalkan dalam menjalankan tugas ringan hingga berat tanpa masalah, sekaligus lebih irit baterai.

Soal penyimpanan, keduanya hampir setara. 360 N6 ditawarkan dalam dua varian, yakni versi RAM 4 GB dan internal memory 32 GB, serta versi tertinggi degan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Sedangkan, Redmi 5 Plus membawa RAM 4 GB dan storage 64 GB. Kedua smartphone ini juga telah dilengkapi slot microSD card jika penyimpanan masih terasa kurang.

Kamera dan Baterai

Mengenai fotografi, baik 360 N6 maupun Redmi 5 Plus cukup bisa diandalkan. N6 ditunjang kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera selfie 8 MP. Sementara, Redmi 5 Plus punya kamera belakang 12 MP dan kamera depan 5 MP. Keduanya punya kamera yang tak terlalu istimewa, namun cukup memuaskan untuk kebutuhan fotografi amatir.

Tapi yang menarik, 360 N6 telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan dan fitur camera assistant. Sehingga pada sektor ini, N6 terbilang lebih canggih dibandingkan Redmi 5 Plus.

Sektor sumber daya merupakan salah satu yang paling mencolok diantara N6 dan Redmi 5 Plus. Dalam hal ini, N6 lebih unggul karena punya baterai berkapasitas 5.000 mAh (9V/2A) yang telah mendukung teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 3.0. Sedangkan, Redmi 5 Plus memiliki baterai yang lebih kecil, yakni 4.000 mAh dan fast charging biasa (5V/2A).

Baca juga: 5 Smartphone Murah Yang Tidak Lemot Saat Main Game

Xiaomi Redmi 5 Plus

Foto: Xiaomi

Selain itu, 360 N6 dan Xiaomi Redmi 5 Plus menjalankan sistem operasi Android versi Nougat dan tentunya telah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet cepat. Soal harga, N6 dan Redmi 5 Plus tak berbeda jauh, yakni di kisaran Rp 2 jutaan.

Jadi, setelah melihat dari perbandingan, tak pantas rasanya jika menyebut 360 N6 sebagai kembaran atau kasarnya penjiplak Redmi 5 Plus. Karena meski punya desain mirip, di atas kertas seharusnya performa dan fitur yang dimiliki N6 bisa dibilang lebih baik dibandingkan Redmi 5 Plus.

0 comments