NOW READING

Takut Anak Hilang di Tengah Keramaian? Pakai Aplikasi Ini

 772
+
 772

Takut Anak Hilang di Tengah Keramaian? Pakai Aplikasi Ini

by The Daily Oktagon
  • Ada banyak kesempatan ketika anak harus berada di tengah keramaian.
  • Banyak orang tua khawatir akan kehilangan anak di tengah kerumunan jika mereka sejenak saja lengah.
  • Find My Kids Footprints adalah aplikasi telepon genggam yang bisa digunakan orang tua untuk memantau keberadaan anak.

Maraknya berita tentang anak yang hilang, atau bahkan diculik, di tengah keramaian memang menjadi hal yang mengkhawatirkan orang tua. Bepergian ke mall, taman bermain, atau bahkan acara-acara besar membuat orang tua perlu waspada memonitor keberadaan anak.

Penting bagi orang tua untuk melatih anak agar mandiri dan berani di tempat-tempat ramai—termasuk ketika mereka harus bermain atau bepergian sendirian. Namun, tentu, selalu ada pertanyaan: bagaimana kita bisa menjaga dan memonitor keberadaan mereka setiap waktu?

Di sinilah peran telepon genggam dan teknologi bermain.

foto : footprints.net

Ketika membawa anak ke tempat-tempat keramaian atau mengajak mereka bepergian dengan transportasi umum, aplikasi Find My Kids Footprints bisa membantu orang tua memonitor keberadaan anak. Tersedia untuk iOS dan Android, aplikasi ini bisa Anda miliki dengan biaya langganan sekitar Rp59 ribu per tahun.

Pendampingan Orang Tua Saat Sang Anak Menikmati Konser

Dengan menggunakan GPS real-time, aplikasi ini dapat membantu orang tua melacak jejak anak. Secara otomatis, aplikasi akan merekam lokasi tempat anak-anak berada lewat telepon genggam mereka. Jika anak bepergian sendirian ke rumah kerabat, saudara, atau temannya, orang tua dapat ikut memantau perjalanan mereka hingga sampai di tempat tujuan.

Informasi lokasi tidak akan dapat diakses oleh orang lain, kecuali mereka yang mendapatkan ijin akses dari orang tua. Dengan demikian, privasi anak dan orang tua akan terlindungi dengan baik. Aplikasi ini juga menyimpan data tentang tempat-tempat yang pernah dikunjungi anak—sehingga orang tua selalu tahu ke mana saja anak singgah setiap harinya.

Orang tua juga bisa mengaktifkan fitur Geofences pada aplikasi ini. Fungsinya adalah untuk memberikan ‘pagar virtual’ di sekeliling anak. Orang tua bisa mengatur pagar virtual ini di sekitar lokasi rumah atau sekolah anak. Begitu anak beranjak keluar dari radius pagar vitual yang sudah ditentukan, orang tua akan langsung mendapatkan notifikasi.

Memberikan telepon genggam untuk anak tak selamanya menjadi ide yang buruk. Dengan kejelian memilih aplikasi yang baik dan bermanfaat, gawai pintar ini bahkan bisa membantu proses pengawasan orang tua terhadap anak; termasuk memantau keberadaan mereka setiap waktu.

0 comments