NOW READING

Tak Mau Kalah Saing, Apple Rilis Speaker Pintar HomePod

 688
+
 688

Tak Mau Kalah Saing, Apple Rilis Speaker Pintar HomePod

by The Daily Oktagon
  • Quick Fact

 

Produk home speaker pintar sedang naik daun. Amazon Echo dan Google Home ternyata laku keras di pasaran. Tidak ingin kalah saing,  akhirnya Apple juga membuat perangkat sejenis yang diberi nama Apple HomePod. Meskipun bisa dibilang Apple ketinggalan mengeluarkan produk ini.

Sama dengan dua produk pesaingnya, speaker Apple HomePod juga sudah dilengkapi dengan fitur voice assistant. Tentunya fitur  voice assistant yang digunakan adalah Siri, buatan Apple sendiri. Fitur ini berfungsi mulai dari mengingatkan berbagai aktivitas yang harus dilakukan, mengontrol perangkat smarthome lainnya, memutar musik sesuai permintaan hingga memberikan berbagai informasi (misalnya prakiraan cuaca, berita terupdate dan lainnya.0

Baca juga : Ini Dia Keunggulan 3 Perangkat Amazon Echo Terbaru

Apple HomePod dilengkapi dengan ‘onderdil’ suara antara lain : 7 tweeters dan 4-inch upward-facing woofer. Speaker ini memiliki ukuran tinggi sekitar 7 inchi. Di dalamnya disokong  W1 chip yang juga digunakan pada Apple AirPods, serta A8 chip yang diklaim Apple sebagai prosesor terbaik untuk speaker.

Speaker pintar ini kompatibel atau bisa terkoneksi dengan setidaknya iPhone 5s atau versi iPhone yang lebih baru lainnya. Atau perangkat buatan Apple lainnya yang sudah menjalankan iOS 11.

Apple mengklaim salah satu kepintaran Home Pod yaitu bisa mendeteksi luasnya ruangan dimana speaker ini diletakkan. Setelah itu perangkat ini bisa menyesuaikan seberapa kencang dan seberapa luas suara yang akan ‘disebar’. Jadi tiap sudut ruangan bisa mendapatkan kekuatan suara yang pas, tidak terlalu pelan tidak juga terlalu bising.

Speaker ini juga dilengkapi dengan 6 microphones yang digunakan untuk menangkap perintah suara atau Voice Command. Fitur voice command ini nggak cuma bisa digunakan untuk mengontrol musik yang diputar, tapi bisa juga menanyakan informasi dari lagu tersebut. Misalnya menanyakan siapa nama penyanyinya, bahkan bisa hingga menanyakan siapa nama drummer dari band yang menyanyikan lagu tersebut.

Baca juga : Google Home Mini & Max, Speaker Pintar yang Bisa Diperintah

Jika ada lagu yang disuka, kamu juga bisa memberikan rekomendasi. Yang nantinya rekomendasi tersebut akan tercatat di Apple Music.

Microphones di speaker ini juga memiliki kemampuan noise cancelation. Jadi perintah suara yang diucapkan ke speaker ini bisa diterima dengan baik, meski berada di kondisi yang berisik. Termasuk saat speaker ini sedang memutarkan lagu.

Apple dikabarkan akan secara memperkenalkan Home Pod ini pada awal Februari 2018. Speaker pintar ini rencananya akan dijual seharga $349 atau sekitar Rp

 

0 comments