NOW READING

Tak Cuma Ambil Foto dan Video, Drone Bisa Menanam Pohon Juga

 143
+
 143

Tak Cuma Ambil Foto dan Video, Drone Bisa Menanam Pohon Juga

by The Daily Oktagon
  • Drone ternyata memiliki fungsi yang jauh lebih berguna dibandingkan sekadar memotret dan merekam video.
  • Perusahaan bernama BioCarbon Engineering membuat sebuah teknologi yang mampu membuat drone bisa menanam pohon.
  • Drone tersebut dapat menanam hingga 3.600 benih per harinya.

Penggunaan drone biasanya identik dengan pengambilan gambar ataupun video. Bahkan, di zaman serba modern saat ini, drone juga digunakan sebagai produk entertainment atau hiburan dengan dijadikan ajang balapan. Namun, inovasi fungsi drone tak berhenti di situ saja, penggunaan drone masih bisa dikembangkan menjadi hal-hal yang sangat berguna.

Terbaru, perusahaan startup bernama BioCarbon Engineering mengusung sebuah misi mulia dengan memanfaatkan mobilitas drone. Mereka ingin melakukan reboisasi atau penanaman pohon di dunia demi memperpanjang usia Bumi yang semakin hari semakin ‘menua’ dan ‘sakit’ karena pembalakan liar.

Foto: Shutterstock

Snapchat disebut mau produksi drone juga!

Dilansir dari CNN International yang mengambil data dari Nature Journal di bulan September 2015 silam, setidaknya terdapat 3 triliun pohon di permukaan Bumi. Namun, setiap tahunnya, sekitar 15 miliar pohon di dunia ditebangi demi kepentingan segelintir orang, dan tentu saja, mereka tak memikirkan dampak jangka panjangnya, terlebih berupaya melakukan penanaman kembali.

Untuk itulah BioCarbon Engineering merencanakan penanaman satu miliar pohon pertahunnya dengan memaksimalkan mobilitas drone yang sangat fleksibel untuk menjangkau area luas tanpa harus menggunakan tenaga manusia. Drone tersebut nantinya akan dilengkapi dengan mesin penyebar benih pohon dalam prosesnya.

Foto: Shutterstock

Sebelum melakukan penanaman benih pohon, drone tersebut akan terlebih dahulu diterbangkan untuk melakukan survei lokasi penanaman pohon. Setelah menemukan lokasi yang tepat dan dirasa membutuhkan penanaman pohon, drone akan menembakkan benih pohon langsung ke dalam tanah dan membiarkannya tumbuh seiring berjalannya waktu.

Tetapi tak hanya itu saja, nantinya drone yang dikembangkan oleh BioCarbon Engineering itu juga memiliki fitur lain dengan menyebarkan benih-benih pohon secara merata, sehingga pohon tersebut dapat tumbuh secara natural. Mereka pun akan memantau perkembangan benih-benih pohon yang telah ditanam agar proses pertumbuhan menjadi maksimal.

DJI Spark, drone mungil terjangkau dengan teknologi anyar

CEO BioCarbon Engineering, Lauren Fletcher, yang memiliki pengalaman engineering bersama NASA selama 20 tahun, menyebut bahwa penggunaan drone mampu bekerja lebih baik dibandingkan menggunakan tenaga manusia dan melakukan penanaman secara manual. Perbandingannya, jika seorang manusia bisa menanam 3.000 benih per hari, hasilnya akan jauh berbeda jika menggunakan drone.

Foto: Shutterstock

Drone yang mereka gunakan disebut-sebut bisa menanam sekitar 36.000 benih secara rutin, bahkan mampu menanam di tempat yang sulit dijangkau oleh manusia pada umumnya. Tempat pertama yang akan menjadi fokus mereka ketika misi ini sudah dijalankan adalah Afrika Selatan dan juga Hutan Amazon. Sebuah inovasi yang menarik dan bermanfaat untuk kelangsungan hidup Bumi dan umat manusia. Siapa tahu Anda juga bisa berinovasi dan terinspirasi dari hal ini.

0 comments