NOW READING

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs saat ‘Nganggur’ Dijual Rp 6,9 Miliar

 618
+
 618

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs saat ‘Nganggur’ Dijual Rp 6,9 Miliar

by The Daily Oktagon
  • Sama seperti kebanyakan orang lain di dunia, Steve Jobs juga pernah menganggur.
  • Saat dikeluarkan dari perguruan tinggi, Jobs mencari pekerjaan dengan membuat sebuah surat lamaran.
  • Kini, surat yang dibuatnya tiga tahun sebelum mendirikan Apple itu dijual dalam acara lelang.

Steve Jobs membuat lamaran kerja saat masih remaja dan menganggur, kini harganya mencapai miliaran Rupiah.

Tidak berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya, Steve Jobs yang merupakan pendiri Apple pun pernah berada dalam masa sulit. Sebelum terkenal seperti sekarang, Jobs bahkan pernah menjadi pengangguran setelah dikeluarkan dari sekolahnya. Saat itulah, ia sangat buruh pekerjaan untuk menyambung hidup dan membuat surat lamaran kerja.

Seperti diberitakan oleh Business Insider, surat lamaran kerja Steve Jobs yang ia buat saat berusia 18 tahun dilelang di RR Auction dengan harga awal sekitar Rp 6,9 miliar. Harga yang sangat tinggi dan tidak wajar bagi orang awam, namun ini sangat berharga bagi para kolektor barang-barang antik.

Baca juga: Ngefans Steve Jobs? Ini Harga Action Figure-nya

Steve Jobs

Foto: RR Auction

Job application itu ditulis pada tahun 1973, ketika Jobs benar-benar membutuhkan kerja. Saat itu, Jobs telah dikeluarkan dari Reed College, tempat ia menempuh pendidikan tinggi. Tidak disangka, orang sepertinya ternyata juga pernah mengalami masa sulit seperti ini.

Dalam surat lamaran tersebut, Jobs menyebutkan kemampuan yang ia miliki. Ia mempunyai keahlian dalam bidang komputer dan kalkulator. Sementara minat yang ia tulis dalam aplikasi itu, yaitu teknologi elektronik atau design engineer. Hal ini berhubungan dengan passion yang ia miliki semasa hidupnya.

Baca juga: Mantan Perancang iPhone Kembali Pimpin Tim Desain Apple

steve jobs

Foto: DAM Toys

Tiga tahun setelah menulis surat lamaran kerja itu, Steve Jobs bersama dengan Steve Wozniak mendirikan Apple dan merubah industri komputer selamanya. Bahkan, hingga sekarang produk-produk Apple selalu inovatif dan seringkali menjadi trendsetter. Salah satunya iPhone X, yang kini desain dan fiturnya banyak ditiru oleh smartphone besutan pabrikan lain.

Pelajaran yang bisa dipetik dari fenomena ini adalah, jangan pernah menyerah meski kita mengalami masa sesulit apapun dalam hidup. Seperti yang pernah dikatakan oleh Steve Jobs, cintailah apa yang kalian kerjakan agar mendapatkan hasil yang bagus. Jangan pernah mengeluh, karena itu hanya akan menambah beban.

0 comments