NOW READING

Studi: Nonton Festival Musik Ternyata Membuat Fisik dan Mental Lebih Sehat!

 554
+
 554

Studi: Nonton Festival Musik Ternyata Membuat Fisik dan Mental Lebih Sehat!

by The Daily Oktagon
  • Ada manfaat besar di balik mendengarkan musik bagi kesehatan mental.
  • Riset ilmiah dari Australia membahas tingkat kepuasan penngunjung konser pada berbagai aspek kehidupan.
  • Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar bisa menonton konser dengan lebih nyaman.

Kita semua tahu betapa besar manfaat di balik mendengarkan musik bagi kesehatan mental. Tak heran jika semua orang punya genre musik dan musisi favorit masing-masing. Konser-konser dan festival musik selalu dipadati para groupies dan pencinta musik.

Bicara tentang konser dan festival musik, ada studi menarik yang dipublikasikan di Sage Journal, 2017 tentang hal yang satu ini. Adalah Melissa Weinberd dan Dawn Joseph, kedua peneliti dari Deakin University di Australia yang melakukan riset. Sekitar 1.000 partisipan diwawancara untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan mereka pada berbagai aspek kehidupan.

Singkat cerita, ternyata studi tersebut menemukan bahwa mereka yang menonton pertunjukan live music mengaku lebih puas terhadap hidupnya dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Tingkat kepuasan yang lebih tinggi ini yang menyumbang banyak efek positif terhadap kesehatan fisik dan mental.

 

Foto: Shutterstock.com

Valorie Salimpoor, seorang neuroscientist dari McGill University di Montreal, juga berpendapat serupa. Menurutnya, saat menonton konser dan festival musik, seseorang akan mengantisipasi apa yang berikutnya akan ditampilkan. Detik-detik menantikan hal yang mengejutkan ini yang membuat seseorang merasakan kegembiraan yang tak ternilai. Tubuh juga memproduksi hormon dopamin yang membuat kita semakin merasa bahagia.

Studi ini menjabarkan mengenai efek liburan pada detoks digital.

Nah, kalau berniat menikmati konser atau festival musik bersama teman-teman, beberapa bekal berikut bisa dibawa. Tujuannya sederhana, supaya lebih optimal menikmati festival, lebih gembira, serta sehat secara fisik dan mental!

Ear Plug

Menikmati konser musik memang menyenangkan. Namun jangan lupa, dampak dari volume keras terhadap kualitas pendengaran umumnya tidak terasa secara langsung, melainkan dalam jangka panjang. Lindungi kesehatan telinga dengan sepasang ear plug yang berbentuk earphone nirkabel. Salah satunya adalah dengan DUBS Acoustic Filters yang bisa membuat penggunanya merasakan pengalaman mendengarkan musik yang keras dengan nyaman. Ear plug ini menurunkan volume tanpa mengurangi kejernihan dan kualitas musik yang didengar.

Insta360 Air Camera

Ingin menangkap momen dan langsung live streaming di media sosial sehingga yang menonton benar-benar merasa ikut di dalam konser? Kamera 360 derajat untuk add-on smartphone bernama Insta360 Air ini cocok dibawa! Tak hanya bisa menampilkan gambar dan video dari berbagai sudut hingga 360 derajat, penggunanya bisa langsung share secara instan di berbagai media sosial dan bahkan live streaming. Untuk pengguna iPhone, kegembiraan ini juga bisa dinikmati dengan Insta360 Nano.

Simak beberapa aksesori iPhone untuk beragam aktivitas di sini.

Foto: Shutterstock.com

Powerbank Bertenaga Besar

Jangan sampai kehilangan momen hanya karena low batt atau malah smartphone mati karena tak ada tempat untuk mengisi daya. Powerbank Anker PowerCore Speed 10.000 QC ini bisa dipertimbangkan karena akan memberikan bantuan tambahan sebesar 10.000mAh. Dilengkapi dengan tiga port USB, powerbank ini bisa secara paralel digunakan untuk mengisi daya tiga gadget. Teknologi Quick Charge Qualcomm 3.0 membuat kita bisa melakukan pengisian daya dengan cepat. Selain itu suhu powerbank yang kompatibel dengan semua perangkat smartphone ini juga tetap dingin pada saat melakukan pengisian.

Gadget Bertenaga Surya

Menonton festival musik di siang hari memang panas. Namun sinar matahari yang berlimpah ini justru bisa dimanfaatkan jika membawa solar powerbank alias pengisi daya bertenaga surya. Powerbank jenis ini hanya perlu diletakkan di area yang terkena paparan sinar matahari langsung dengan bagian panel surya menghadap ke atas. Selain tak memerlukan colokan listrik, solar powerbank berkualias juga biasanya tahan air, debu, maupun guncangan. Cocok untuk menonton festival musik outdoor.

0 comments