NOW READING

Startup di Inggris Ciptakan Bahan Bakar dari Ampas Kopi

 518
+
 518

Startup di Inggris Ciptakan Bahan Bakar dari Ampas Kopi

by The Daily Oktagon

Startup asal Inggris yang bernama Bio-Bean membuat bahan bakar dari ampas kopi untuk digunakan oleh bus-bus di kota London.

Dilansir dari VOA News, perusahaan rintisan yang didirikan oleh pria bernama Arthur Kay ini membuat terobosan baru agar kendaraan umum di Inggris lebih ramah lingkungan. Caranya, mereka memanfaatkan ampas kopi sebagai bahan bakar untuk menjalankan bus-bus di kota London.

Baca juga : Buat Latte Art Anda Sendiri Selayaknya Seorang Barista

Foto: Bio-Bean

Bio-Bean mengumpulkan ampas kopi dari seluruh penjuru Inggris yang dihasilkan oleh masyarakat. Ampas kopi yang telah dikumpulkan, kemudian diolah menjadi bahan bakar di sebuah pabrik yang terletak di Cambridgeshire. Mereka bisa mengumpulkan dan memproses sekitar 50.000 ton limbah kopi setiap tahun, menghemat 6,8 ton emisi karbon dioksida untuk setiap ton ampas kopi yang didaur ulang.

Baca juga : Fitur Baru Google Maps Bagi Penumpang Kereta & Bus

Foto: Bio-Bean

Meski belum bisa dikatakan sempurna, sebagai permulaan, bahan bakar produksi Bio-Bean sanggup menjalankan satu bus selama setahun dengan 20 persen minyak kopi. Ke depannya, mereka berencana menciptakan biodiesel berbasis kopi 100 persen. Jika cara ini terasa berhasil, maka startup ini bakal menyebarkan metode yang mereka gunakan ke seluruh dunia.

0 comments