NOW READING

Sphero BB-8, Robot Pintar Star Wars, Tersedia di Indonesia

 2668
+
 2668

Sphero BB-8, Robot Pintar Star Wars, Tersedia di Indonesia

by The Daily Oktagon

Sphero dikenal sebagai produsen mainan robot pintar. Perusahaan asal Amerika Serikat ini pertama kali memamerkan prototipe robot pintar mereka yang dibuat dari printer 3D pada ajang CES 2011 lalu. Lima tahun berselang, Sphero kini sudah menjelma menjadi produsen robot pintar yang besar dan sudah menyebar di berbagai negara tidak terkecuali Indonesia.

Sphero BB-8 Sebagai Produk Jagoan

Saat ini, Sphero setidaknya sudah menciptakan tiga robot pintar yang telah dipasarkan secara global. Sphero BB-8 sendiri adalah varian yang paling laris sekaligus menjadi flagship. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, Sphero BB-8 diilhami dari robot BB-8 yang ada dalam film Star Wars. Sphero sendiri bisa menciptakan robot dengan tema Star Wars karena turut didanai oleh Disney.

Sphero BB-8

Di Indonesia, robot pintar ini dijual dengan harga Rp2,7 juta. Harga yang tidak bisa dibilang murah untuk sebuah mainan robot pintar. Tapi mengingat masih jarangnya produk seperti ini, maka tak heran harga yang ditawarkan masih cukup tinggi.

Baca juga tentang LG Rolling Bots yang mungil, cerdas, dan bersahabat

Kendalikan dengan Smartphone

Salah satu faktor yang membuat harga Sphero BB-8 tergolong tinggi dikarenakan teknologi yang dimilikinya. Tidak seperti mainan pada umumnya, Anda tidak membutuhkan remote khusus untuk mengendalikan Sphero BB-8. Karenanya, dalam paket penjualannya, Sphero hanya menyertakan sebuahdocking untuk mengisi baterainya tanpa adanya remote.

Sphero BB-8

Sphero BB-8 bisa dikendalikan menggunakan perangkat smartphone atau pun tablet berbasis iOS, Android, atau Windows 10. Caranya, download aplikasi Sphero di masing-masing marketplace. Selanjutnya jalankan aplikasi dan lakukan sinkronisasi. Proses ini memakan waktu antara 20 hingga 30 detik saja. Sphero BB-8 dapat terhubung dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth.

Tren teknologi modular, inikah potret generasi smartphone di masa depan?

Berjalan, Menggelinding, dan Mengangguk

Hal apa saja yang bisa dilakukan robot mungil ini? Melalui aplikasi yang sudah ter-install tadi, ada tiga menu utama yang disediakan, yaitu Drive, Message, dan Patrol.

Menu Drive bisa digunakan untuk mengendalikan Sphero BB-8 menggelinding secara 360 derajat. Kendali pergerakan dapat dilakukan secara realtime tanpa delay sedikit pun. Selain bergerak menggelinding, ada gerakan lain yang bisa dilakukan, seperti mengangguk, menggeleng, atau bahkan marah yang disertai dengan suara yang lucu yang keluar dari speaker smartphone.

Selanjutnya ada menu Message untuk membuat pesan video holographic melalui kamera depansmartphone. Nantinya pesan ini seolah bisa diproyeksikan dari bodi Sphero BB-8 secara hologram.

Sphero BB-8

Yang terakhir adalah menu Patrol dimana Sphero BB-8 bisa bergerak dan berjalan sendiri secara otomatis kemanapun ia mau di area sekitar Anda berada. Sphero BB-8 bisa mendeteksi adanya halangan, mendeteksi suhu ruanga, hingga memberikan informasi kecepatan lajunya.

Untuk bisa bermain-main dengan Sphero BB-8, Anda harus mengisi baterainya terlebih dahulu melaluidocking yang disediakan secara wireless. Docking tersebut memiliki port microUSB untuk disambungkan dengan panel listrik atau catu daya di rumah. Proses pengisian baterainya berlangsung selama tiga jam dan ketika penuh, baterainya dapat bertahan selama satu jam.

Simak juga ulasan tentang perkembangan teknologi asisten virtual di Indonesia

0 comments