NOW READING

Ungguli Canon dan Nikon, Sony Alpha A7R Mark IV Pakai Sensor 61 megapiksel

 523
+
 523

Ungguli Canon dan Nikon, Sony Alpha A7R Mark IV Pakai Sensor 61 megapiksel

by The Daily Oktagon

Melalui kamera mirrorless generasi terbarunya, Sony Alpha A7R Mark IV kembali mengungguli Nikon Z7 dengan resolusi 45,7 MP dan Canon R dengan resolusi 30,3 MP. Tidak hanya itu, kamera ini juga diklaim siap untuk menantang kamera medium format. Karena kamera yang baru saja dirilis oleh Sony ini dibekali sensor full frame resolusi 61 megapiksel.

Dengan resolusi kamera yang dimilikinya ini maka, Sony telah meningkatkan kemampuannya cukup jauh dibandingkan produk terdahulunya, A7R Mark III yang menggunakan resolusi sensornya full-frame 48 megapiksel.

Besarnya resolusi A7R IV juga tak main-main, Sony juga meningkatkan mode multi-shots yang mampu menghasilkan sebuah foto yang tersusun atas 16 foto berturut-turut. Artinya, kamu bisa menghasilkan foto dengan resolusi 960 MP.

Sony Alpha A7R Mark IV 5

Baca juga: Kamera Vlog Mungil Sony RX0 II Hadir di Indonesia, Ini Harga dan Fiturnya!

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, A7R menggunakan sensor baru, jenis BSI-CMOS. Dengan sensor baru ini maka Sony Alpha A7R Mark IV memiliki rentang dynamic range sebesar 15 stop. Kualitas gambarnya disebut sebanding dengan kamera medium-format yang memiliki sensor berukuran fisik lebih besar.

A7R Mark IV menggunakan 567 titik AF phase detect yang mencakup 74 persen area frame, berikut titik contrast detect sebanyak 425 buah. Jumlah ini naik dari A7R III yang ‘hanya’ memiliki titik fokus sebanyak 399 titik. Dengan begitu bisa membantu kamu mencari fokus ketika memotret.

Dengan titik fokus yang lebih banyak, kini Sony A7R IV juga mampu memotret dengan metode brust sebanyak 10 frame per second (fps), dengan AF dan AE tracking selama 7 detik.

Sensor A7R Mark IV memiliki fitur peredam goyangan alias in-body image stabilizer (IBIS) 5-axis dengan kompensasi mencapai 5.5 stop. Pengolah gambarnya mengandalkan chip Bionz X.

Sony Alpha A7R Mark IV 5

Baca juga: Kamera Mirrorless Sony Alpha a6400 Terbaru, Ini Fitur Unggulan dan Harganya!

Meski menggunakan sensor baru yang lebih baik, namun Sony Alpha A7R Mark IV tetap menggunakan prosesor yang sama, Bionz X, seperti A7R III.

Tidak hanya fiturnya, bodi A7R Mark IV juga dirombak. Kamera ini kini sudah memiliki weather sealing lebih mumpuni. Ini berkat sekat karet di pintu kompartemen baterai (NP-FZ100)i dan kartu memori (dual UHS-II).

Sony A7R Mark IV juga menambahkan konektor audio digital baru pada hotshoe, sehingga tidak memerlukan kabel dan memungkinkan untuk merekam audio yang lebih baik ketimbang menggunakan colokan 3,5 mm.

Lalu gimana untuk fitur videonya? Sony Alpha A7R Mark IV memiliki mampu merekam dengan resolusi 4K/ 30p dengan touch-tracking dan real-time Eye AF, serta mendukung 8-bit S-Log 2/3 dan HLG.

Fitur video pada A7R IV juga alami peningkatan, dengan hadirnya fitur Real-time eye autofocus dapat membantu ketika merekam video dan membutuhkan perpindahan atau tracking fokus secara cepat.

Sony Alpha A7R Mark IV 5

Baca juga: Headphone Bluetooth Sony WF-1000XM3 Hadir dengan True Wireless Noise-Cancelling

Tidak seperti pendahulunya, Sony Alpha A7R Mark IV dapat merekam video dengan ukuran penuh tanpa harus terkena ‘crop sensor’ dan mengakibatkan luasan gambar mengecil.

Untuk layar viewfinder-nya, Sony juga sudah menggunakan layar jenis OLED dengan resolusi 5,76 juta UXGA.

Bit rate tertinggi pada kamera ini mencapai 100 Mbps dengan codec XAVC S. Banderol harganya dipatok sebesar 3.500 dollar AS atau sekitar Rp 48,9 juta, Sony A7R Mark IV rencananya akan mulai dipasarkan pada September mendatang.

0 comments