NOW READING

Smartphone, Masih Jadi Gadget Utama Para Musisi

 1553
+
 1553

Smartphone, Masih Jadi Gadget Utama Para Musisi

by The Daily Oktagon
  • Selain untuk keperluan gaya hidup digital sehari-hari, gadget juga kerap digunakan untuk keperluan pekerjaan di berbagai bidang, termasuk musik.
  • Terkait hal itu, apa saja gadget yang lazim jadi bagian dari keseharian para pemusik?
  • Apakah mereka termasuk kelompok pengguna yang gila gadget? Dan kenapa smartphone jadi gadget andalan mereka?

Teknologi membawa segudang perubahan dalam kehidupan banyak orang. Digital devices juga kian dinikmati berbagai kalangan lintas usia, dengan berbagai profesi, mulai dari praktisi pendidikan, kesehatan, atlet, pegawai bank, pejabat pemerintahan, sampai seniman, seperti misalnya, musisi.

Penggunaan teknologi di industri musik juga makin menunjukkan kalau perangkat teknologi tak hanya digunakan untuk mendukung gaya hidup seseorang saja, tapi juga bisa sangat berguna untuk keperluan profesional, atau dalam hal ini produksi musik.

Kini, bermusik bahkan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Dan kalau Anda jeli, mungkin sudah mulai lumrah Anda temukan orang bermain gitar atau piano lewat iPad. Produksi musik yang cukup serius juga bisa dilakukan lewat berbagai software atau aplikasi di laptop.

Terkait hal itu, apa saja sih gadget yang digunakan penggiat musik Tanah Air untuk mendukung keperluan mereka sehari-hari? Simak kompilasi obrolan The Daily Oktagon dengan beberapa musisi berikut ini:

gadget para musisi

Indra Prasta (35); Vokalis The Rain
“Gadget yang paling bisa diandalkan adalah—kalau bisa dikategorikan sebagai gadget—ya instrumen gitar. Itu yang paling penting.”

Menurut Indra lagi, smartphone adalah gadget berikutnya yang sangat penting untuk berbagai keperluannya sehari-hari, selain fungsinya sebagai alat komunikasi.

Buat keperluan bermusik, ia memaksimalkan aplikasi perekam suara pada smartphone-nya saat tiba-tiba mendapat ide lagu baru. “Saat menyadari kalau lagi humming ide lagu baru, aku langsung rekam ide itu dengan smartphone,” ujar Indra yang menggunakan iPhone 6 ini.

Hal itu yang langsung terlintas pertama kali di pikirannya, karena dengan kemampuan smartphone merekam audio secara praktis, ia jadi jarang melewatkan ide yang mendadak muncul, kapan saja dan di mana saja.

gadget para musisi

Indra Prasta (memangku gitar) bersama grup musik The Rain. (Sumber: netralitas.com)

Lalu, gadget kedua yang digunakan vokalis sekaligus gitaris The Rain ini adalah laptop untuk membantunya membuat aransemen mentah, atau demo lagi. Dan untuk keperluannya Indra memakai laptop Acer.

Dengan kecanggihan dan kepraktisan laptop kini, menurutnya hal itu jadi jauh lebih mudah, karena kegiatan perekaman tidak serepot dulu; sehingga ia bisa segera merampungkan demo sebelum ide-ide yang ada buyar tanpa tercatat

“Selain itu, paling aku hanya menggunakan satu smartphone, dan satu jam tangan pintar (smartwatch),” tandas pemusik yang sudah menghasilkan 5 album plus 3 single bersama The Rain sejak 2003 ini.

Cek juga ulasan beberapa headphone keren yang bisa dimiliki dengan harga terjangkau, di sini

Adhitia Sofyan (38); Penyanyi
“Sebetulnya, aku enggak begitu smartphone geek, jadi bisa pakai apa saja. Tapi saat ini, aku pakai iPhone 5s.”

Padahal sebetulnya, Adhitia tergolong pengguna gadget yang cukup lengkap untuk berbagai keperluannya sehari-hari, terutama untuk mendukung kegiatan bermusiknya. Walau memang, buat lelaki kelahiran Bandung ini, smartphone adalah perangkat paling utama.

Selain menggunakan smartphone buat berbagai keperluan bermusiknya, ada pula device pendukung seperti headphone Grado SR225e untuk sekadar mendengarkan musik, atau AKG ATH-M50 yang dipakai untuk keperluan rekaman oleh musisi yang telah mencetak 3 album yang salah satu single-nya menjadi soundtrack film Kambing Jantan.

“Lalu, aku juga pakai speaker kecil portable dan backup battery. Belakangan ini juga, aku pakai beberapa tools untuk home recording; misal audio interface, pre-amp, compressor, dan microphone,” ungkap Adhitia yang juga dikenal luas sebagai musisi kamar, karena seluruh lagu dan albumnya ia garap secara independen di kamarnya sendiri.

Baca ulasan OPPO PM-3, headphone terjangkau dengan kualitas premium, di sini

Dylan Amirio (24); Pemusik Indie
“Gue belum bisa pindah ke ‘dunia’ itu—virtual reality.”

Bicara soal gadget pertama, bukan smartphone yang langsung terucap dari pemusik berkacamata ini, melainkan Midi Keyboards Behringer UMX250, yang musisi elektronik eksperimental ini anggap gadget karena bisa tersambung ke PC, iPad, dan smartphone-nya.

“Selain itu juga gue pakai headphone dan speaker set untuk keperluan audio. So far itu,” ujar lelaki yang mulai serius mengeksplorasi musiknya pada 2012 dari kamar tidurnya di Australia.

gadget para musisi

(Sumber: Logic Lost Press Photo)

Lelaki yang memulai debutnya lewat album Runaway yang dirilis beberapa waktu lalu ini juga mengungkapkan kalau ia belum terlalu antusias dengan gadget anyar seperti headset Virtual Reality (VR) atau smartwatch.

“Gue sebetulnya udah pakai smartwatch, tapi masih sebatas jadi jam tangan saja,” katanya.


Dari obrolan singkat dengan beberapa pemusik di atas, bisa disimpulkan kalau smartphone memang masih jadi primadona di mata para musisi, terutama untuk mendukung keperluan mereka di bidang musik.

Entah sekadar untuk gudang referensi musik lewat layanan streaming pilihan, alat untuk menampilkan atau mencatat chords lagu, sampai aplikasi untuk menjawab kebutuhan rekam audio cepat dan mudah; terutama jika mendadak dapat ide nada atau lirik lagu.

Selain itu, seperti sudah bisa diperkirakan, kalau audio device seperti earphone atau headphone juga kerap jadi kebutuhan para musisi terkait gaya hidup digitalnya.

Apakah salah satu dari perangkat yang sehari-hari digunakan oleh para musisi di atas juga kerap Anda gunakan? Atau mungkin tidak, tapi Anda tertarik untuk mencobanya?

Ikuti juga pilihan headphone untuk bergaya dan menikmati musik, di sini

0 comments