NOW READING

Smartphone Kelas Menengah yang Layak Dipertimbangkan

 1981
+
 1981

Smartphone Kelas Menengah yang Layak Dipertimbangkan

by The Daily Oktagon
  • Meski diklasifikasikan sebagai smartphone kelas menengah, tetapi kemampuan serta fitur tiga smartphone ini sangat bisa diandalkan.
  • Tiga smartphone yang kami bandingkan kali ini adalah Lenovo Vibe K4 Note, Samsung Galaxy J5, dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro.
  • Kalau dilihat dari ketiganya, kenyamanan, kemampuan teknis, serta kamera merupakan kesamaan area yang relatif sama kuat. Tinggal mempertimbangkan kelengkapan fitur lainnya. Seperti apa?

Persaingan telepon pintar (smartphone) di kelas menengah tidak pernah sepi. Semua produsen smartphone di belahan dunia ini memiliki produk di kelas yang banyak pembelinya itu. Hampir setiap triwulan bermunculan smartphone baru yang diklasifikasikan ke dalam kelas tersebut.

Dari sekian banyak smartphone kelas menengah dengan sistem operasi Android, The Daily Oktagon akan mengulas tiga di antaranya, yaitu Lenovo K4 Note, Samsung Galaxy J5, dan Xiaomi Redmi Note3 Pro.

Lenovo Vibe K4 Note

Yang pertama kami ulas adalah Lenovo Vibe K4 Note. Kesan pertama ketika melihat produk yang diluncurkan ke pasar pada Januari 2016 itu adalah jangan anggap sebelah mata.

Meski smartphone 4G ini dijual dengan harga Rp 2.600.000, ada banyak fitur di dalamnya yang membuat kita ingin segera memilikinya.

smartphone lenovo

Salah satu fitur yang layak dapat dua acungan jempol adalah pengolah audio Wolfson WM8281 dan Dolby Atmos. Pengolah audio itu didukung dengan sepasang speaker stereo bertenaga 1,5 watt yang dipasang di bagian depan smartphone buatan produsen asal Tiongkok tersebut.

Bagi para audiophile, fitur pengolah audio Wolfson WM8281 merupakan kabar baik. Dengan pengolah audio ini kita bisa memainkan berkas audio beresolusi tinggi dengan keluaran yang cukup baik, dengan karakter suara yang empuk dan vokal yang jelas.

Keunggulan audio ini juga didukung oleh fitur Dolby Atmos yang semakin memperkuat karakter suara yang dimainkan melalui equalizer serta DSP yang ada di fitur ini.

Speaker yang ada di bagian depan smartphone dengan bentang layar 5,5 inci ini juga mampu menghasilkan suara dengan nyaring dan jernih.

Baca juga ulasan tentang Meizu M3E yang meski dijual murah, tetap memiliki fitur yang bisa diandalkan

Fitur lain yang membuat smartphone ini tidak terasa murah adalah sensor pemindai sidik jari, fitur yang biasanya hanya ada di smartphone kelas premium. Sensor yang terletak di bagian belakang smartphone itu dapat dengan cepat membuka layar.

Sensor tersebut juga dapat digunakan sebagai tombol capacitive. Kita bisa mengaturnya menjadi tombolback, home, recent app, dan tombol shutter untuk kamera.

Lalu bagaimana dengan kualitas layarnya? Lenovo K4 Note menggunakan layar IPS dengan resolusi Full HD (1080p x 1920p). Layar pun menggunakan kaca Corning Gorilla Glass 3 yang anti gores.

Adapun untuk dapur pacunya, Lenovo K4 Note menggunakan prosesor Mediatek MT6753, Octa-Core 1,3 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T720 MP3, dan RAM 3 GB. Dengan jeroan seperti itu, hampir tidak ada stutter atau lag ketika menggunakan smartphone ini untuk menonton video dan mendengarkan musik.

Untuk penyimpanan berkas dan data, smartphone ini menggunakan memori internal berukuran 16 GB yang dapat ditambahkan kapasitasnya dengan menggunakan microSD hingga sebesar 128 GB.

Sementara sumber tenaganya menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas (non-removable) berkapasitas 3.300 mAh.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, kita dapat menggunakan Lenovo K4 Note hingga seharian penuh dengan penggunaan standar, seperti memperbarui status dan berkomentar di media sosial, browsing, beberapa kali memotret, dan mendengarkan musik.

Untuk mengisi penuh daya baterai smartphone ini, mulai dari kosong, dibutuhkan waktu hingga lebih dari dua jam.

smartphone lenovo antvr

Lenovo juga menyematkan fitur Theater Max VR di Vibe K4 Note. Fitur ini memungkinkan kita menyaksikan konten apapun, terutama video, dengan menggunakan kacamata ANTVR yang sudah termasuk di dalam paket penjualan.

Untuk mengaktifkan mode VR cukup dengan menahan tombol power kemudian nyalakan pengaturan VR Mode.

Sementara penampilan fisik smartphone dengan bobot 158 gram ini juga cukup mewah dengan penggunaan frame metal yang membuatnya tampil layaknya smartphone premium. Kulitnya menggunakan material berbahan plastik. Bagian belakangnya memiliki permukaan matte yang tidak meninggalkan sidik jari serta terasa nyaman saat digenggam.

Lenovo K4 Note dipersenjatai kamera belakang 13 MP yang dilengkapi sensor Samsung ISOCELL yang diperkuat fitur seperti phase detection autofocus, serta dual-tone flash. Sementara bagian depannya menggunakan kamera 5 MP.

Samsung Galaxy J5

Smartphone 4G kelas menengah berikutnya yang akan kami bahas adalah Samsung Galaxy J5.

Dilihat dari desain, Galaxy J5 yang dijual dengan harga Rp 2.599.000 itu tentu setia dikemas dengan desain khas Samsung. Selain itu, smartphone ini juga ergonomis sehingga nyaman saat digenggam, meski dengan satu tangan.

Samsung Galaxy J5 sudah langsung menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop; dan layaknya smartphone keluaran Samsung, Galaxy J5 pun menggunakan antarmuka TouchWiz. Antarmuka ini tergolong cukup intuitif sehingga mudah untuk digunakan.

samsung galaxy j5

Salah satu nilai plus dari smartphone buatan Samsung ini adalah tidak dipenuhi dengan bloatware alias aplikasi bawaan yang sudah ter-install, padahal belum tentu kita perlukan.

Beberapa aplikasi bawaan yang ada di Galaxy J5 adalah S Planner, yang memiliki fungsi sama dengan Calendar dan dapat disinkronisasi dengan akun Gmail Anda; S LIME, yang memungkinkan kita berlangganan majalah dan koran; GALAXY Gift Indonesia, yang harus diperbarui terus menerus jika ingin mengetahui promosi terbaru dari Samsung; dan Galaxy Apps, yang merupakan alternatif dari Google Play.

Selain aplikasi dari Samsung, aplikasi yang langsung terpasang di Galaxy J5 adalah buatan Microsoft, yaitu Skype, Office, OneNote, OneDrive.

Sementara kamera belakang Galaxy J5 cukup mumpuni saat digunakan di dalam dan luar ruangan. Hasil jepretan kamera 13 MP itu cukup tajam. Hal yang sama untuk kamera depan 5 MP pada telepon pintar ini, mampu menghasilkan gambar yang tajam.

Tak heran jika Samsung Galaxy J5 mengandalkan fitur kameranya. Buat yang suka selfie, kamera ini pun bisa jadi pilihan ideal. Selain itu, kamera yang ada di smartphone ini juga dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p.

Bicara tentang selfie, coba intip juga bahasan tentang OPPO yang dikenal sebagai si selfie expert lewat smartphone khusus untuk penggemar klub sepakbola FC Barcelona

Untuk kemampuan dan daya kerja, Samsung Galaxy J5 menggunakan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 410 1,2 GHz, GPU Adreno 306, dan RAM sebesar 1,5 GB; dan untuk penyimpanan data menggunakan memori internal berukuran 8 dan 16 GB, yang dapat diperbesar dengan menggunakan microSD hingga 256 GB.

Samsung Galaxy J5 menggunakan layar 5 inci Super AMOLED 16 juta warna dengan resolusi 720 x 1280p. Layar ini menghasilkan gambar yang cukup tajam dan nyaman di mata saat digunakan untuk menonton video. Layar Super AMOLED ini tetap terang meski digunakan di bawah sorot matahari siang.

smartphone samsung j5

Sementara untuk dayanya, Galaxy J5 menggunakan baterai dengan daya 2.600 mAh. Saat diuji dengan PCMark, baterai ini dapat bertahan selama 8 jam 18 menit.

Namun, daya tahan baterai tersebut tergantung kepada pemakaian. Jika digunakan untuk menonton video, pastinya daya baterai akan cepat habis. Jika hanya digunakan untuk bertelepon di jaringan 3G, baterai dapat bertahan hingga lebih dari 18 jam, sedangkan jika hanya digunakan untuk mendengarkan musik dapat bertahan hingga lebih dari 62 jam.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Smartphone terakhir yang akan kami bahas adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Smartphone yang dirilis awal 2016 ini menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu MSM8956 Snapdragon 650 enam inti yang terdiri dari empat Cortex-A53 1,4 GHz dan dua Cortex-A72 1,8 GHz. Pengolah grafis menggunakan prosesor Adreno 510.

Untuk memori, smartphone buatan produsen asal Tiongkok itu dilansir dalam dua jenis. Jenis pertama menggunakan memori internal berkapasitas 32 GB dan RAM berukuran 3 GB.

smartphone xiaomi redmi note

Saat ini di Indonesia, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan spesifikasi seperti itu dijual dengan harga Rp 2.100.000. Sementara untuk yang dipersenjatai dengan memori internal 16 GB dan RAM 2 GB dijual Rp 1.750.000 per unit.

Pengguna dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan data dengan menggunakan microSD berukuran hingga 256 GB. Penggunaan kartu memori dengan menyelipkannya ke dalam slot untuk kartu SIM kedua.

Kamera Redmi Note 3 Pro memiliki resolusi yang lebih besar dari pendahulunya, yaitu 16 MP untuk bagian belakang. Kamera ini juga dilengkapi dengan dual-tone LED Flash dan Phase Detection Auto Focus.

Sementara kamera bagian depan memiliki resolusi 5 MP. Hasil jepretan kamera itu terlihat sangat tajam di layar 5,5 inci dengan panel IPS beresolusi Full HD 1080 x 1920p.

Meski dikenal sebagai produsen produk smartphone, Xiaomi kini juga ingin dikenal sebagai penyedia produk smarthome

Berada di kelas menengah, Redmi Note 3 Pro terlihat mewah karena dibalut material metal unibody dengan ukuran 150×76 mm dengan ketebalan 8,7 mm. Dimensi serta material yang membalut smartphone ini didukung dengan desain ergonomis, yang membuatnya nyaman ketika berada di dalam genggaman kita.

Sama seperti Lenovo K4 Note, Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Sensor tersebut berada tepat di bawah kamera belakang.

Di bagian belakang smartphone yang menggunakan baterai non-removable berkapasitas 4.000 mAh itu juga diletakkan speaker, yang membentang di bawah logo Mi.

smartphone xiaomi redmi

Tombol power dan volume terletak di sebelah kanan smartphone dengan bobot 164 gram itu. Sementaraslot kartu SIM dan microSD diletakkan di sebelah kiri. Slot micro USB berada di bagian bawah dan lubangjack berukuran 3,5 mm berada di bagian atas.

Terdapat pula sensor infra merah yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai perangkat elektronik, seperti pendingin ruangan dan pesawat televisi. Namun, Xiaomi belum menanam aplikasi pengendali tersebut di smartphone ini, sehingga pengguna harus mengunduh dulu di Google Play.

Kesimpulannya, dari tiga smartphone kelas menengah yang dijual dengan harga Rp 2 jutaan ini, kita bisa merasakan kalau fitur canggih bukan lagi hanya untuk smartphone kelas premium. Dengan budget tersebut, kita sudah bisa mendapatkan ponsel pintar yang lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari.

Dan dari ketiga pilihan di atas, semuanya bisa dibilang mengunggulkan kenyamanan, kemampuan teknis, serta kamera. Selebihnya mungkin tinggal urusan selera atau preferensi brand.

Jadi, yang mana pilihan Anda?

Yang manapun pilihan Anda, perlu juga diketahui cara untuk menghasilkan audio memuaskan dari smartphone Android Anda

0 comments