NOW READING

Smartphone Kamera Ganda untuk Kebutuhan yang Berbeda

 1336
+
 1336

Smartphone Kamera Ganda untuk Kebutuhan yang Berbeda

by The Daily Oktagon
  • Pilihan smartphone dengan kamera ganda berkualitas tinggi semakin banyak.
  • Oppo F3 memiliki kamera ganda di bagian depan bagi mereka yang suka selfie.
  • Xiaomi Mi 5X mengandalkan kamera ganda di belakang dengan fokus lebar dan sempit.

Permintaan smartphone dengan kamera mumpuni semakin tinggi. Semua produsen smartphone pun berlomba-lomba membanjiri pasar dengan smartphone terbaru mereka. Smartphone dengan kamera yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Bahkan, dalam satu tahun produsen smartphone bisa meluncurkan lebih dari satu produk terbarunya.

Dua dari banyak produsen smartphone yang agresif membanjiri pasar dengan beragam model terbaru adalah Oppo dan Xiaomi. Belum berapa lama yang lalu mereka memperkenalkan smartphone terbaru yang dilengkapi kamera berkualitas tinggi. Bukan itu saja, mereka juga membekali produk terbarunya dengan RAM serta penyimpan data (memory) berukuran besar.

Jagoan selfie

Smartphone terbaru dari Oppo itu adalah F3. Smartphone yang pertama kali dijual pada Mei 2017 itu memiliki memory berukuran 64 GB serta RAM dengan kapasitas hingga 4 GB. Namun, yang menjadi senjata utama smartphone ini adalah kamera di bagian depan.

Sesuai dengan slogannya, Selfie Expert, Oppo F3 memiliki dua kamera depan. Kamera pertama memiliki sensor 1/3 inci dengan bukaan lensa f 2.0 serta resolusi 16 MP. Kamera ini memiliki sudut normal, yaitu sekitar 70 derajat. Fungsi kamera ini adalah untuk memotret selfie.

Penasaran dengan Oppo F3? Baca sesi unboxing-nya di sini.

Sementara lensa depan kedua memiliki resolusi 8 MP dan lensa ekstra lebar alias ultra wide, yang mampu menangkap gambar dengan sudut hingga 120 derajat. Kamera ini berfungsi untuk memotret group selfie atau biasa disebut wefie. Meski memiliki sudut lebar, foto yang dihasilkan lensa ini tidak mengalami distorsi atau melebar.

Adapun kamera belakang F3 memiliki resolusi 13 MP. Kamera tersebut sangat sensitif terhadap cahaya sehingga mampu menghasilkan foto yang tajam di malam hari atau lokasi yang minim pencahayaan.

smartphone

Berkat resolusi yang besar, dynamic range ikut meningkat dan pada akhirnya foto yang dihasilkan memiliki kedalaman serta detail yang jelas. Sementara teknologi PDAF di kamera Oppo F3 membuat pengguna bisa memotret obyek yang bergerak tanpa perlu lagi khawatir hasilnya menjadi kabur atau blur.

Oleh produsennya, F3 ditujukan untuk mengisi segmen di bawah Oppo F3 Plus karena itu harganya jauh lebih murah dari F3 Plus, yaitu sekitar Rp3,85 juta. Meski lebih murah, smartphone dengan layar berukuran 5,5 inci atau lebih kecil 0,5 inci dari F3 Plus ini bukan smartphone murahan. Lihat saja layarnya yang menggunakan teknologi IPS TFT dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 pixel). Layar tersebut dilapisi pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, yang membuatnya tahan terhadap goresan benda keras dan tajam.

Kamera belakang ganda

Smartphone kedua adalah Xiaomi Mi 5X. Serupa dengan Oppo F3, smartphone ini juga menjadikan kamera sebagai senjata utama untuk memikat konsumen. Perbedaan nyata dari dua smartphone itu adalah kamera ganda Xiaomi Mi 5X ada di bagian belakang.

Dua kamera itu identik dan memiliki resolusi 12 MP. Perbedaannya, kamera pertama memiliki lensa wide angle dengan panjang fokus 26 mm dan bukaan f 2.2. Sementara kamera kedua memiliki lensa short tele dengan panjang fokus 52 mm dan aperture atau bukaan lensa f 2.6. Lensa tersebut cocok untuk menjepret foto portrait.

Baca keandalan lainnya dari Xiaomi Mi 5X di artikel unboxing-nya di sini.

Kamera di smartphone Xiaomi itu juga sudah didukung sistem phase detection autofocus, yang membuat fokus cepat terkunci dan akurat. Pengguna juga tidak perlu khawatir saat memotret di malam hari atau lingkungan yang minim pencahayaan karena Mi 5X memiliki dual LED flash.

smartphone

Untuk perekaman video, kamera belakang Xiaomi Mi 5X mampu memproduksi video dengan resolusi maksimal 4K Ultra HD 2.160 pixel pada 30 frames per second. Sementara kamera bagian depan memiliki resolusi 5 MP. Meski kecil, tetapi hasil jepretan dengan kamera depan Xiaomi Mi 5X cukup memuaskan dan jernih.

Memory besar

Spesifikasi Xiaomi Mi 5X juga serupa dengan Oppo F3, yaitu memiliki ruang penyimpanan data sebesar 64 GB, serta RAM berukuran 4 GB. Xiaomi Mi 5X menggunakan panel layar IPS dengan lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.080 x 1.920 pixel). Untuk harga jual, smartphone yang pertama kali dijual pada Juli 2017 itu dihargai Rp3,3 juta.

Kelebihan lain dari smartphone ini adalah sudah digunakannya port USB C. Sebenarnya masalah port ini sepele, tetapi karena tren saat ini sudah beralih dari microUSB ke USB C, maka keberadaan port USB C di sebuah smartphone kelas menengah menjadi hal yang positif. Selain mendukung teknologi terkini, port jenis baru ini juga punya kecepatan transfer data serta pengisian daya ke baterai yang lebih baik dari pendahulunya.

Dari penjelasan di atas kita jadi tahu perbedaan Oppo F3 dan Xiaomi Mi 5X. Bagi yang tergila-gila selfie, Oppo F3 merupakan pilihan pertama. Sementara bagi yang suka memotret pemandangan, Xiaomi Mi 5X, yang memiliki lensa belakang dengan fokus panjang dan pendek, sangat pantas untuk dipertimbangkan.

Baca juga jagoan selfie expert terbaru Oppo F5 di sini.

Sekarang tinggal melihat apa yang menjadi kebutuhan atas smartphone berkamera, apakah ingin membuat selfie berkualitas tinggi atau memotret lingkungan sekitar?

0 comments