NOW READING

Smartphone Cepat Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

 240
+
 240

Smartphone Cepat Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

by The Daily Oktagon

Smartphone merupakan salah satu gadget yang banyak dikeluhkan pengguna karena cepat panas. Kondisi ini kerap ditemui baik saat ponsel digunakan atau dalam keadaan standby. Apa sih yang menyebabkan smartphone cepat panas?

Ponsel sendiri sejatinya sama seperti alat elektronik pada umumnya. Memanfaatkan energi listrik sebagai daya utama, tentunya gadget yang satu ini sangat mudah menghasilkan panas. Namun begitu, ponsel yang cepat panas sangat tidak wajar dan perlu diketahun penyebabnya. Jika hal ini berkelanjutan bisa jadi ponsel atau smartphone kamu akan cepat rusak.

1. Sering multitasking

Salah satu penyebab dari ponsel atau smartphone cepat panas adalah aktifnya banyak aplikasi yang berjalan pada satu waktu. Aktifitas multitasking yang terlalu banyak merupakan salah satu penyebab smartphone cepat panas.

smartphone cepat panas_cheatsheet 2_prizminstitute.com

Foto: prizminstitute

Baca juga: 5 Cara Mudah Agar Smartphone ‘Segar’ Lagi Setelah Lebaran

Dengan aktifnya beberapa aplikasi sekaligus tentunya akan membuat kinerja hardware semakin berat, sehingga penggunaan daya makin besar. Alhasil dengan bekerja ekstra, suhu dihasilkan juga lebih tinggi.

2. Main game terlalu lama

Bermain game dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan smartphone cepat panas. Hal Ini dikarenakan aplikasi game sangat membutuhkan sumber daya smartphone yang yang cukup banyak. Penggunaan prosesor, grafis dan RAM yang maksimal, mengakibatkan sumber daya energi menjadi lebib besar. Dari situlah, smartphone jadi lebih cepat panas.

smartphone cepat panas_cheatsheet 2_prizminstitute.com

Foto: TechJuice

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Fitur Artificial Intelligence di Kamera Smartphone

Apalagi saat pengguna bermain game dalam jangka waktu yang lama. Aktivitas gaming memang tidak bisa sebentar, terutama ketika kamu sedang menyelesaikan satu level dan memainkan level berikutnya.

3. Pengaturan kurang optimal

Penyebab smartphone panas juga bisa disebabkan karena pengaturan smartphone yang kurang tepat. Sebut saja pengaturan kecerahan layar atau brightness. Jika kamu mengatur kecerahan terlalu tinggi, otomatis sumber daya energi menjadi lebih banyak terpakai.

smartphone cepat panas

Baca juga: 7 Alasan Smartphone Huawei Y7 Pro 2019 Pas Dijadikan Kado Buat Pasangan

Selain itu penggunaan animated wallpaper dan penggunaan banyak widgets juga akan membuat penggunaan daya yang lebih besar, sehingga membuat smartphone lebih cepat panas.

4. Pakai smartphone mengisi daya baterai

Penggunaan smartphone sambil mengisi daya baterai adalah kebiasaan yang kurang baik. Karena selain menyebabkan smartphone cepat panas, umur baterai juga lebih pendek. Tidak hanya itu, Selain proses pengisian akan memakan waktu yang lebih lama jika gunakan sambil nge-charge. Jadi sebaiknya tunggu hingga pengisian selesai bagi digunakan, atau copot dulu pengisian daya.

smartphone cepat panas

Foto: dignited.com

Baca juga: Tips Menghadapi Kondisi Backlight Saat Memotret

5. Diserang virus atau malware

Penyebab lain yang cukup signifikan dan dialami banyak pengguna adalah, karena terjangkitnya virus dan mallware pada smartphone. Virus dan Mallware biasanya masuk ke smartphone aplikasi, game atau iklan, atau file yang diunduh dari internet.

Mereka memafaatkan aplikasi menyebarkan di smartphone kamu. Dengan masuknya virus dan mallware, maka kinerja smartphone akan lebih berat dan melambat. Karena bisanya mereka bekerja secara beckground. Dengan begitu smartphone jadi cepat panas.

Baca juga: Pengguna Perangkat Mobile Makin Mudah Diserang Virus

Solusinya adalah pastikan aplikasi, game atau file dari sumber yang jelas dengan rating yang bagus serta developer terpercaya. Selain itu baca review dari pengguna lainnya. yang kamu dapatkan berasal dari sumber yang terpercaya.

Itu tadi 5 kemungkinan penyebab smartphone cepat panas. Gunakan smartphone kamu sesuai kebutuhan hindari kebiasaan yang menjadi penyebabnya. Jika smartphone kamu masih kerap mengalami hal ini, segeralah periksakan ke service center terdekat.

0 comments