NOW READING

Smartphone Android Hilang ? Ini Cara Mudah Menemukannya !

 687
+
 687

Smartphone Android Hilang ? Ini Cara Mudah Menemukannya !

by The Daily Oktagon

Smartphone Android kamu hilang ? Jangan langsung panik ! Juga jangan pesimis kalau smartphone Android hilang itu gak bisa ditemukan lagi.

Ternyata ada cara untuk menemukan kembali smartphone Android hilang dengan mudah. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Karena cukup menggunakan aplikasi peta digital  Google Maps yang sudah biasa kita gunakan. Caranya juga terbilang mudah.

Baca juga : 21 Smartphone Android Yang Direkomendasikan oleh Google

Berikut ini langkah-langkah menemukan smartphone Android hilang dengan menggunakan Google Maps :

  • Buka link https://www.google.com/android/find atau google.com/android/devicemanager dari perangkat lainnya, bisa dari laptop, tablet atau Smartphone Android lainnya.
  • Lalu login ke akun Google atau Gmail yang sama dengan yang kamu gunakan di Smartphone Android yang hilang.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan Google Maps, dan akan mulai mendeteksi Smartphone kamu yang hilang.
  • Kemudian akan muncul pilihan Find My Device, kamu cukup klik tombol Accept.
  • Tidak berapa lama, di halaman tampilan peta digital Google Maps akan muncul lokasi Smartphone yang hilang. Dengan syarat  Smartphone yang hilang tersebut sedang diaktifkan dan fitur Location (GPS) juga sedang On.
  • Pada tampilan Google Maps itu juga ada beberapa pilihan menu, antara lain yaitu Play Sound, Lock dan Erase.
  • Jika mengklik menu Play Sound, maka Smartphone yang hilang tersebut akan membunyikan ringtone. Jika lokasi Smartphone yang hilang berada di jarak yang dekat, maka kamu bisa mendengarkan ringtone tersebut untuk menemukan Smartphone tersebut. Menariknya, fitur ini tetap berfungsi meskipun smartphone kamu dalam mode silent. Bahkan ringtone akan dibunyikan pada volume maksimal.
  • Jika memilih menu Lock, maka tampilan layar Smartphone yang hilang akan terkunci. Sehingga orang lain tidak bisa mengakses Smartphone tersebut. Jika kamu belum menseting fitur Lock pada Smartphone yang hilang, kamu bisa melakukannya secara remote pada menu ini.
  • Dan jika khawatir berbagai data yang tersimpan di smartphone yang hilang bisa diakses dan disalahgunakan, kamu bisa memilih menu Erase. Ini akan menghapus semua konten yang tersimpan di Smartphone tersebut.
  • Jika ternyata fitur Locatio (GPS) di Smartphone yang hilang tidak dalam keadaan aktif, Google Maps tidak akan bisa bisa menemukan lokasi smartphone tersebut.
  • Tapi kamu masih bisa me-reset smartphone yang hilang dengan menekan menu Erase. Sehingga Smartphone direset ulang dan akan masuk ke pengaturan pabrik, yang juga secara otomatis akan mengaktifkan fitur Location (GPS). Sehingga kamu bisa menemukan lokasi Smartphone yang hilang.

 Baca Juga : Cari Tiket Pesawat Murah dengan Google Flights

Menggunakan Aplikasi Find My Device

Selain menggunakan Google Maps, kamu juga bisa menemukan Smartphone hilang melalui aplikasi buatan Google yang bernama Find My Device. Cara ini pada dasarnya mirip dengan cara di atas, namun ini dalam bentuk tampilan aplikasi khusus.

Cara menemukan Smartphone hilang menggunakan aplikasi Find My Device yaitu :

  • Untuk menggunakan layanan Find My Phone, kamu harus melakukan penyetingan dulu. Yaitu masuk ke menu Settings-> Google -> Security , lalu aktifkan fitur Remote Data Wipe.
  • Download aplikasi Find My Device dari Google Play Store di Smartphone Android lainnya. Kemudian buka aplikasi ini dan lakukan login menggunakan akun Google atau Gmail kamu.
  • Selanjutnya aplikasi ini langsung akan mencari dan menemukan lokasi Smartphone yang hilang. Lokasi juga ditampilkan dalam tampilan Google Maps.
  • Di aplikasi ini juga disediakan menu yang sama, antara lain yaitu Play Sound, Lock dan Erase. Fungsi ketiga menu tersebut juga sama. Play Sound untuk membunyikan ringtone, Lock untuk mengunci layar Smartphone dan Erase untuk menghapus berbagai konten di Hp.

 

0 comments