NOW READING

Situs Berikut Bisa Tingkatkan Kualitas Belajar Para Pelajar

 263
+
 263

Situs Berikut Bisa Tingkatkan Kualitas Belajar Para Pelajar

by The Daily Oktagon
  • Internet membuat cara baru untuk sistem belajar bagi para pelajar.
  • Adanya situs yang menyediakan bantuan belajar ternyata sangat berpengaruh kepada tingkap pemahaman mereka terhadap suatu pelajaran.
  • Terdapat dua situs yang bisa dijadikan referensi bagi pelajar.

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi membuat berita dan pengetahuan menjadi mudah untuk diakses dan juga didapatkan. Hadirnya internet membantu para pelajar untuk menemukan cara baru agar ilmu yang mereka dapatkan semakin bertambah. Jadi, sekarang belajar dapat dilakukan di rumah, bahkan dimana pun hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet yang dimiliki.

Melihat kebutuhan informasi yang akurat untuk kebutuhan pendidikan, terdapat dua macam situs yang dapat dijadikan sarana belajar untuk anak-anak. Ruangguru.com dan Khanacademy.org adalah dua situs pilihan yang tepat untuk anak Anda. Situs tersebut menyediakan jasa pendidikan agar anak-anak lebih mudah untuk memahami pelajaran yang mereka dapatkan di pendidikan formal. Namun kedua situs tersebut mempunyai perbedaan dari cara penggunaan dan fasilitas yang disediakan. Berikut adalah perbandingan antara keduanya.

Lihat aplikasi serbaguna untuk pelajar dan mahasiswa di sini

Foto: Shutterstock.com

Sistem Pembelajaran

Situs ruangguru.com menyediakan beragam fasilitas dan fitur yang bisa dipilih untuk membantu proses belajar. Fitur yang disediakan salah satunya adalah ruang les online. Saat menggunakan fitur ini, para siswa bisa langsung bertanya seputar pelajaran yang ingin diketahui lebih dalam dengan menggunakan live chat atau web video. Siswa tinggal memilih guru yang sesuai dengan mata pelajaran dan pilihan mereka sendiri. Untuk menggunakan fasilitas ini, setiap siswa hanya dikenakan biaya sebesar Rp20.000 per 30 menit.

Berbeda dengan ruangguru.com, Khanacademy.org menyediakan berbagai macam database pelajaran yang dapat dilihat dengan tampilan yang cukup minimalis. Pelajaran yang tersedia di Khanacademy.org mengikuti kurikulum internasional dan sudah disebutkan secara spesifik. Sebagian besar konten menggunakan bahasa Inggris dan hal ini mungkin akan terlihat asing saat pertama kali Anda melihatnya. Namun tidak perlu khawatir, konten berbahasa Indonesia juga sudah tersedia dan bisa langsung bisa dipelajari.

Kedua situs tersebut menyediakan pembelajaran lewat video. Hal ini akan mempermudah pemahaman para pelajar karena mereka akan menyerap ilmu secara audio dan visual. Pengisi video ruangguru.com merupakan lulusan dari universitas-universitas ternama yang sudah diseleksi. Untuk khanacademy.org, video tersebut berasal dari kontributor pilihan yang isinya sudah disesuaikan dengan kurikulum yang mereka miliki.

Foto: Shutterstock.com

Lengkap Hingga Persiapan Ujian

Tidak hanya untuk proses belajar sehari-hari, kedua situs ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk para siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian. Persiapan yang disediakan kedua situs tersebut dapat dikatakan berbeda. Hal ini dikarenakan cakupan kedua situs tersebut sangatlah berlainan.

Khanacademy.org dapat dijadikan sebagai tempat latihan untuk mempersiapkan ujian bertaraf internasional. Ujian persiapan untuk Scholastic Aptitude Test (SAT) yang biasa digunakan sebagai syarat masuk ke perkuliahan di Amerika Serikat sudah bisa dilakukan di dalam Khanacademy.org. Tip dan strategi untuk mengerjakan ujian SAT juga bisa diperoleh dengan mudah.

Jika dalam lingkup nasional, Ruangguru.com juga akan membantu persiapan ujian SMBPTN dengan menggunakan RuangUji. Pelajar yang mendaftar ke RuangUji akan mendapatkan latihan uji coba mata pelajaran yang diujikan. Contohnya seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. Tidak hanya SMBPTN, simulasi ujian juga bisa untuk Ujian Akhir Semester ataupun Ujian Nasional.

Foto: Shutterstock.com

Akses yang Mudah

Cara yang digunakan untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut sangatlah mudah. Para pelajar hanya perlu mengunduh aplikasi yang ada di toko penyedia aplikasi dari smartphone mereka. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis tanpa ada biaya tambahan lainnya. Keuntungan khusus yang didapatkan setelah mengunduh aplikasi Ruangguru.com adalah pelajar bisa menikmati uji coba gratis selama 30 menit untuk tanya jawab seputar pelajaran mereka.

Selain itu, Ruanguru.com juga menyediakan jasa guru private secara offline. Guru yang dipilih lewat aplikasi atau situs tersebut akan datang ke rumah. Modul yang akan digunakan untuk belajar merupakan modul online ataupun fisik. Modul tersebut akan dibawakan oleh guru privat yang menjadi pilihan siswa saat mereka mengajar.

Cari tahu fungsi asisten virtual bagi para pelajar di sini.

Untuk Khanacademy.org semua konten yang ada di dalamnya bisa diakses secara gratis. Hal ini menjadi perbedaan yang mencolok dengan ruangguru.com. Khanacademy.org hanya menganut sistem donasi dan kontribusi untuk tetap bisa diakses. Namun hal ini tidak menurunkan kualitas konten dari situs tersebut.

Foto: Shutterstock.com

Berdasarkan penjelasan tersebut, kedua situs ini sama-sama berusaha untuk memfasilitasi para pelajar untuk lebih mudah belajar. Hadirnya situs ini juga akan memberikan jalan agar para pelajar bisa mendapatkan pelajaran dan informasi lebih untuk menambah wawasan. Selain itu, belajar jadi lebih menyenangkan karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selamat menentukan aplikasi belajar terbaik untuk mendukung proses belajar anak Anda.

0 comments