NOW READING

Sesi Patrick Fong tentang Pencahayaan dan Asisten Digital dalam Fotografi

 1401
+
 1401

Sesi Patrick Fong tentang Pencahayaan dan Asisten Digital dalam Fotografi

by The Daily Oktagon
  • LED light, menurut Patrick, sangat baik digunakan untuk pengambilan foto makanan (Foodgraphy) dan pengambilan foto potret (Portrait).
  • Patrick sangat menganjurkan fotografer mengetahui waktu yang tepat untuk cahaya matahari yang diperlukan olehnya.
  • Digital Director, dengan segala fitur yang ditawarkannya, sangat Patrick rekomendasikan utamanya bagi mereka yang tidak memiliki asisten

 

Pencahayaan memainkan peran penting di dalam fotografi. Cahaya, lebih tepatnya jenis dan kualitas cahaya, sangat berpengaruh terhadap hasil jepretan Anda. Akan tetapi, tidak semua fotografer baik profesional maupun amatir punya pemahaman baik mengenai pencahayaan.

Patrick Fong, produser multimedia independen asal Hong Kong yang utamanya terlibat aktif sebagai role of director, editor film, video producer, and fotografer, mengunjungi Indonesia pada Selasa (9/8/2016) untuk berbagi pemahaman dan pengalaman khusus bagi penggemar dan pelanggan setia Oktagon dalam acara bertajuk “How To Get Better Lighting and Video Shooting with Patrick Fong”.

Patrick_Fong_menjelaskan_pengaturan_Digital_Director_kepada_salah_seorang_peserta

Kepakaran Patrick di bidang fotografi terutama Portrait, Commercial, dan Wedding, tak perlu diragukan. Semasa bekerja di HK Phoenix TV dan ATV di Hong Kong, ia bertanggung jawab dalam menangani shooting program televisi, yang juga meliputi pascaproduksi, perekaman, dan tahapan-tahapan lainnya. Apa saja yang Patrick sampaikan? Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Pencahayaan dan Kegunaannya

1. Flash Light

Jenis pencahayaan pertama yang dipaparkan oleh Patrick adalah flash light, yang dihasilkan dari kilatan cahaya artifisial. Flash light, menurut Patrick, utamanya digunakan untuk menerangi scene gelap. Namun selain itu flash light juga bisa digunakan untuk menangkap objek yang bergerak cepat atau untuk mengubah kualitas cahaya.

2. Artificial light

Dipaparkan Patrick, artificial light merupakan cahaya yang bersifat kontinu, yang dihasilkan orang dari sumber energi lainnya seperti lampu dan bohlam. Kelebihan cahaya ini adalah, kita dapat mengontrolnya sesuka hati. Dengan begitu, intensitas, kuantitas, dan kualitas artificial light bisa disesuaikan dengan situasi.

 

Baca juga: rekomendasi Oktagon atas tiga lampu kilat kelas yang menciptakan artificial light paling unggul!

 

3. LED light

Adapun LED light, kata Patrick, merupakan cahaya yang dipancarkan oleh semikonduktor. Seiring kemajuan zaman, LED light juga mengalami perkembangan. LED light saat ini, seperti yang diproduksi oleh Manfrotto, memiliki sejumlah kelebihan yakni:

  • Memiliki desain dan performa lebih baik dibandingkan LED tradisional;
  • Manajemen suhu lebih baik, yang memastikan performa konsisten;
  • LED lebih tahan lama;
  • Reproduksi warna yang konsisten;
  • Tidak ada inframerah dan ultraviolet yang dipancarkan;
  • Tidak panas dan bisa diatur sesuai subjek.

Patrick memberi contoh LED light sangat baik digunakan untuk pengambilan foto makanan (foodgraphy) dan pengambilan foto potret (portrait). Menurut pengalamannya, Patrick mampu menjepret 10 foto makanan sekaligus secara maksimal dengan bantuan LED light dalam waktu 60 menit. Artinya, ia hanya perlu waktu 6 menit untuk setiap makanan.

Untuk foto potret yang merupakan salah satu bidang kepakarannya, ia bahkan menjamin LED light aman digunakan untuk mengambil foto potret bayi. Memang, penglihatan bayi disebut-sebut masih rentan terhadap cahaya berlebih, sehingga fotografer harus pandai-pandai memilih jenis pencahayaan yang tepat.

Patrick_Fong_menjelaskan_pengaruh_intensitas_cahaya

“Kalau bayi di foto ini terganggu oleh LED light yang saya gunakan, pasti akan terlihat respons spontan bayi itu seperti apa,” ujar Patrick.

Pencahayaan Alami

Selain membahas ketiga jenis pencahayaan di atas, Patrick juga sempat mengulas sedikit tentang pencahayaan alami yakni cahaya matahari. Patrick sangat menganjurkan fotografer mengetahui waktu yang tepat untuk cahaya matahari yang diperlukan olehnya.

“Ketika posisi matahari sedang di timur, kita harus tahu karakter cahaya matahari jam 8 seperti apa, jam 9 seperti apa dan seterusnya. Juga sebaliknya. Ketika posisi matahari sudah ada di Barat, kita harus tahu pula karakter cahaya matahari jam 15 seperti apa, jam 16 seperti apa dan seterusnya,” ujar Patrick.

 

Alat apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuka studio foto? Simak artikel berikut ini!

 

Digital Director

Manfaat dari penggunaan Digital Director adalah hal penting lain yang disampaikan Patrick. Memiliki kelebihan sebagai satu-satunya perangkat elektronik penghubung kamera dan iPad yang mengantongi sertifikat dari Apple, Digital Director memungkinkan Anda mengontrol dan mengelola alur kerja Anda dalam mengambil foto dan video. Anda dapat melakukan banyak hal, mulai dari mengatur kamera, hingga membagikan jepretan Anda.

“Dengan menguhubungkan iPad ke perangkat ini melalui aplikasi khusus, iPad Anda akan mampu menampilkan exposure control, histogram, white balance, focus control, dan audio level ketika pengambilan video,” tutur Patrick menjelaskan kelebihan Digital Director.

“Apakah kita memerlukan Digital Director?” tanya Patrick kepada puluhan fotografer dan pecinta fotografi di Oktagon.

Dengan tegas dan percaya diri, Patrick mengatakan bahwa Digital Director, dengan segala fitur yang ditawarkannya, sangat ia rekomendasikan utamanya bagi mereka yang tidak memiliki asisten dalam menjalankan aktivitasnya di bidang fotografi.

“Bayangkan, saya tak perlu meminta siapa pun untuk menyetel cahaya yang diperlukan. Saya juga tak perlu menyuruh siapa pun untuk melakukan banyak hal lainnya selama memotret. Semuanya bisa saya lakukan sendiri cukup dengan iPad,” tutur Patrick.

Digital_Director_Manfrotto__8__-_Kredit_Manfrotto_dot_com

Sekadar informasi, segala kelebihan Digital Director dimungkinkan berkat dua hal yaitu dedicated CPU yakni ARM® Cortex®-A8 micro-processor yang memungkinkan kontrol atas semua parameter kunci dalam pengambilan foto dan video; serta dedicated app yang memungkinkan kontrol jarak jauh atas sejumlah parameter kunci di kamera, kontrol jarak jauh atas Manfrotto LYKOS and Litepanels ASTRA LEDs (hingga 13 lampu) melalui Bluetooth, “Live View” monitoring, dan lain-lain.

Lalu yang wajib diketahui juga, Digital Director cocok untuk mendukung setidaknya delapan jenis aktivitas fotografi berikut ini:

  • Low angle shooting
  • Portrait photo application
  • Overhead shooting
  • Electronic camera stabilizer application
  • Manual focus control shooting
  • Journalist application
  • Video application
  • Slider application

Bagaimana? Bukankah Anda tertarik untuk melakukan kegiatan fotografi secara praktis dengan bantuan Digital Director? Kalau iya, dan ingin membeli semua perlatan tersebut, Anda hanya perlu bersabar sebentar lagi, karena dalam tempo dua tiga bulan lagi, semua peralatan itu tersedia di Oktagon.co.id.

0 comments