NOW READING

Serunya Moto Media Workshop di Kebun Raya Bogor

 1263
+
 1263

Serunya Moto Media Workshop di Kebun Raya Bogor

by The Daily Oktagon
  • Workshop untuk para utusan media dan komunitas berlangsung di Bogor
  • Pembicara dari Oktagon membeberkan kiat membuat foto bagus hanya bermodal smartphone
  • Peserta workshop diajak enjoy dengan kamera yang dimiliki dan diberikan tips improvisasi gaya foto untuk menemukan kreativitas tersendiri.

Dunia smartphone dan fotografi beberapa waktu terakhir ini membicarakan kehadiran Moto Z dengan Moto Mods-nya. Kolaborasi produk smartphone dan berbagai gadget yang memberi kemampuan lain ini sendiri sudah pernah kami tulis dalam artikel ini.

Pada 22 Februari 2017 lalu bertempat di Kebun Raya Bogor, Lenovo Indonesia menyelenggarakan acara “Explore It in a Snap!” Hello Moto Media Workshop bagi rekan jurnalis dan komunitas fotografi.

Terdapat 18 jurnalis dari berbagai media seperti majalah Panorama, Getaway, Berita Satu Online, Venue, dan koran Sindo. Sementara dari komunitas antara lain terdapat perwakilan dari komunitas Kelas Pagi.

Dikemas secara ringan dan hangat, acara yang didukung The Daily Oktagon sebagai media partner ini dihelat pasca peluncuran rangkaian produk Moto Z dan Moto Z Play dengan Moto Mods pada awal tahun ini.

Istimewanya Mods

Pada sesi pertama, produk demo dilakukan oleh Efendi Susanto, MBG Lead Trainer Lenovo Indonesia. Satu per satu Moto Mods yang mengiringi peluncuran produk Moto Z dan Moto Z Play di Indonesia dikupas oleh Efendi.

Kehadiran Moto Z dengan Mods Hasselblad True Zoom menurutnya bisa mengubah pengalaman traveling banyak orang dengan kecanggihan fiturnya. “Selain ringan dan praktis, hasilnya sangat tajam. smartphone hanya cukup digoyang dua kali untuk lensa akan otomatis keluar,” tandas Efendi.

Efendi Susanto

Efendi Susanto tengah memperkenalkan Moto Mods

Moto Mods selain mengakomodir kebutuhan para pemotret juga turut meluncurkan power bank yang tidak kalah kerennya, karena tipis dan sangat praktis yang dinamakan Incipio Off Grid Power Pack. “Ini bukan power bank biasa karena bisa menambah daya tahan baterai ponsel hingga 20 jam”.

Hari itu diperkenalkan juga kegunaan Projector Mod Insta-Shape Project yang mampu “menembak” layar presentasi tanpa harus membawa proyektor besar. “Jarak tembak maksimal 2 meter, bisa untuk alternatif kalau mau meeting di ruangan yang tidak ada projector. Cukup gelar pakai Moto Mods Insta Shape Projector,” jelas Efendi.

Simak juga deretan smartphone dengan dual LED Flash terbaru di sini

Traveling dengan Smartphone

Usai presentasi Efendi, giliran kedua adalah pemaparan yang dilakukan oleh pembicara dari The Daily Oktagon sekaligus penggiat fotografi traveling Sandy Wijaya. Selama 10 tahun bergelut dengan fotografi traveling, Sandy mengaku beberapa di antara karyanya ia ambil menggunakan kamera ponsel. “Bisa dicek di Instagram saya,” seloroh Sandy sambil memperkenalkan diri.

Menurut Sandy, fotografi traveling bisa dilakukan dengan memaksimalkan smartphone yang kita miliki saat ini. “Bukan memikirkan punya kamera canggih semacam DSLR atau sejenisnya, banyak kok hasil foto dari ponsel yang bagus,” terang Sandy.

Hal ini ditekankan Sandy dengan menyatakan bahwa saat ini di dunia setidaknya ada 615 juta foto yang diunduh ke internet dari jepretan ponsel dan hasilnya pun tidak kalah dengan medium yang lebih konservatif seperti kamera digital atau pun DSLR.

Sandy Wijaya berdiskusi dengan peserta workshop

Sandy Wijaya berdiskusi dengan peserta workshop

“Buat saya everybody is photographer. Lewat kamera ponsel kita dapat mengeksplor dunia lebih luas dan menghasilkan karya yang luar biasa”, tandas Sandy.

Yang paling penting kemudian menurutnya adalah pengguna smartphone dapat mengenal dengan baik “gear” yang dimiliki, cara menggunakan apps, tidak main asal menyalahkan cuaca kalau foto yang kita hasilkan jelek, dan harus tahu kapan “mendekati” objek agar foto yang dihasilkan lebih hidup.

“Intinya, enjoy dengan kamera yang ada, dan banyak improvisasi gaya foto untuk menemukan kreativitas,” katanya.

Sementara mengenai Moto Z dan Moto Mods, Sandy mengaku tertarik dengan hadirnya lensa Hasselblad yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia sendiri mengaku sebagai penggila Hasselblad dari zaman kamera masih manual hingga kini digital.

“Cuma Hasselblad yang dikukuhkan sebagai kamera pertama yang pernah ke Bulan dan juga memotret Mars lho,” ujar Sandy. Ia juga memuji jeroan Moto Z Play yang sangat mumpuni dan tanpa cela. “Coba aja kita zoom, ini pixel density-nya beda, nggak pecah,” ungkapnya.

Bicara workshop, Sandy Wijaya juga pernah melakukannya. Klik di sini

Jelajah Kebun Raya

Setelah sesi yang cukup padat, para peserta diajak mencoba Moto Z dan Moto Z Play lengkap dengan Moto Mods di beberapa titik di arena Kebun Raya Bogor yang tahun ini usianya akan mencapai dua abad. Mulai dari Istana Bogor yang penuh legenda hingga Museum Zoologi yang edukatif.

Para peserta yang terbagi dalam 5 kelompok, berbekal dengan clue yang diberikan panitia menjelajahi tiap sudut Kebun Raya Bogor dan mencoba setiap fitur yang ditawarkan Moto Z dan Moto Z Play lengkap dengan Moto Mods.

Hunting foto para peserta

Hunting foto para peserta

Semuanya antusias mengulik keistimewaan dari rangkaian produk Moto Indonesia ini. Meskipun hujan sempat turun, para peserta workshop tetap antusias mengambil gambar, video hingga mencoba paduan smartphone dengan speaker Moto Mods JBL.

Para peserta workshop sendiri mengaku mendapat banyak manfaat dari kegiatan ini. “Kita jadi tahu cara ambil angle fotografi yang bagus dari pakarnya, sekaligus bisa mencoba gadget keren yang bisa mengakomodir semua kebutuhan para traveler, mulai dari lensa kamera yang mumpuni sampai speaker yang menggelegar,” ungkap salah satu jurnalis Ferry Ignatius.

Hasil karya para peserta pun dinilai oleh juri yang tak lain adalah Sandy Wijaya. Setiap karya peserta yang dibuat dalam grup dibedah dan dikomentari dengan unik dan seru. Para peserta pun jadi “belajar” dunia fotografi.

Sedang di Kebun Raya Bogor terus mau live video streaming? Simak kiatnya di sini

Slide1

Akhirnya lewat penjurian yang alot, terpilihlah grup Explore Moto Z sebagai pemenang yang masing-masing anggotanya mendapatkan voucher dari Oktagon sebesar Rp 500.000. Sementara pemenang kedua grup Moto Lontong masing-masing anggotanya mendapatkan voucher dari Oktagon sebesar Rp 250.000

Terpilih juga peserta workshop untuk posting terbanyak, posting dengan “likes” terbanyak dan peserta yang meng-upload video terbaik selama acara workshop berlangsung. Semua peserta pun pulang dari workshop ini dengan membawa pengalaman yang berharga, mulai dari teknik fotografi hingga merasakan langsung kehebatan Moto Mods.

0 comments