NOW READING

Serunya Hunting Foto Menggunakan Samsung Galaxy Note 8

 996
+
 996

Serunya Hunting Foto Menggunakan Samsung Galaxy Note 8

by The Daily Oktagon
  • Event

Samsung Galaxy Note 8 resmi diluncurkan di Indonesia sejak September 2017. Smartphone ini menjadi flagship pertama Samsung yang dibekali dengan fitur kamera ganda.

Smartphone berlayar besar ini dihadirkan dengan sederet kecanggihan pada kameranya, karena memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan smartphone photography. Bahkan, kemampuannya bisa dibilang setara dengan kamera profesional.

Tim The Daily Oktagon berkesempatan untuk mencoba kehebatan dari kamera ganda Galaxy Note 8 dalam sebuah lomba hunting foto yang diadakan oleh Samsung. Acara ini dilakukan bersamaan dengan workshop “Smartphone Photography Made Easy” di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat (14/11/2017).

Dalam lomba ini, para peserta yang terdiri sekitar 50 orang dari media mendapatkan arahan langsung dari Oscar Motuloh, seorang fotojurnalis terkemuka Indonesia, dan David Soong, founder Axioo Photography.

Baca juga: Samsung Gelar Workshop “Smartphone Photography Made Easy”

Lomba hunting foto berlangsung seru, Samsung menyediakan empat model profesional untuk difoto. Dengan latar belakang bangunan Rumah Maroko yang memiliki arsitektur menawan dan banyak spot menarik, kegiatan hunting foto ini terasa makin menyenangkan.

Para peserta bisa dengan leluasa mengarahkan para model untuk berpose sesuai gaya yang diinginkan. Selain itu, arahan dari Oscar Motuloh dan David Soong juga sangat membantu dalam menghasilkan foto yang baik dan berkualitas.

Apalagi perangkat Samsung Galaxy Note 8 yang digunakan ternyata memang memiliki kemampuan fotografi yang andal. Smartphone ini didukung konfigurasi kamera ganda 12 megapixel (lensa wide angle, f/1.7) + 12 megapixel (lensa telephoto, f/2.4). Kamera Galaxy Note 8 semakin sempurna dengan adanya fitur dual optical image stabilization (OIS) dan kemampuan 2x optical zoom.

Baca juga: Dijual Mahal, Samsung Galaxy Note 8 Layak Dibeli?

Dengan adanya fitur OIS, kamera pada Galaxy Note 8 tetap bisa menangkap gambar dengan sempurna meski dalam keadaan sedikit goyang. Fitur ini juga membantu dalam perekaman video sambil bergerak, sehingga tangkapan gambar tetap stabil.

Sementara itu, fitur 2x optical zoom memudahkan kita dalam menjepret foto dari jarak jauh. Berkat fitur ini, kualitas foto bisa tetap sama seperti mode normal (tanpa zoom).

Satu lagi keunggulan kamera Galaxy Note 8, yaitu fitur live focus. Dengan fitur ini, kita bisa menjepret foto dengan latar belakang blur atau disebut efek bokeh. Hasil fotonya tampak begitu rapi, tidak bisa disamakan dengan smartphone kamera ganda lain yang terkadang tidak akurat karena hanya mengandalkan software. Selain itu, tingkat blur pada hasil foto bisa diatur sesuai selera.

Pada aplikasi bawaan kamera Galaxy Note 8, terdapat cukup banyak pilihan mode. Beberapa pilihan mode yang ada diantaranya, yaitu mode auto, pro, panorama, slow motion, hyperlapse, food, hingga virtual shoot. Berbagai mode yang ditawarkan ini membuat penggunaan kamera menjadi lebih menarik dan menghasilkan foto yang variatif.

Salah satu yang menarik perhatian kami adalah mode pro. Dengan mode ini, kita bisa memiliki kontrol penuh dalam pengambilan foto, seperti mengatur sendiri tingkat ISO, white balance, shutter speed, exposure, maupun fokus secara manual.

Foto di Air Tidak Masalah

Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan fitur anti air dan debu bersertifikasi IP68. Berkat fitur ini, Galaxy Note 8 mampu bertahan meski tercebur ke dalam air hingga sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Dengan smartphone ini, kamu yang ingin berfoto di kolam renang tidak perlu repot melapisinya menggunakan casing anti air ataupun plastik.

Kami pun telah mencoba menceburkan smartphone ini ke dalam air, dan ia masih bisa digunakan untuk berfoto secara normal tanpa mengalami masalah. Hal ini sangat membantu terutama bagi kamu yang senang berfoto di dalam air ketika berenang di kolam renang.

Baca juga: Lima Hal yang Perlu Diketahui dari Samsung Galaxy Note 8

Setelah sekitar satu jam menghabiskan waktu untuk hunting foto, akhirnya waktu lomba pun selesai. Para peserta kembali ke ruangan workshop, sementara panitia menentukan jepretan foto siapa yang dipilih sebagai pemenang.

Tak lama berselang, keputusan penilaian dari kedua juri (Oscar Motuloh dan David Soong) pun diumumkan. Hanya ada dua foto yang dipilih, dan pemenang berhak mendapatkan hadiah langsung dari Samsung.

Meski dalam waktu yang terbilang singkat, pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Note 8 untuk berfoto terasa sangat berkesan. Kualitas kamera smartphone ini benar-benar dapat diandalkan.

Tidak salah jika Samsung menyebut bahwa Galaxy Note 8 mampu memenuhi kebutuhan tren smartphone photography seperti di masa sekarang ini.

0 comments