NOW READING

Serbaneka CES 2017: Kendaraan Futuristik hingga Virtual Reality

 1348
+
 1348

Serbaneka CES 2017: Kendaraan Futuristik hingga Virtual Reality

by The Daily Oktagon
  • Perhelatan Consumer Electronics Show 2017 kembali digelar di Las Vegas pada 5-8 Januari lalu
  • Berbagai macam produk teknologi hadir, mulai dari VR, robotik, hingga kendaraan futuristik
  • Seluruh produk tampil dengan kecanggihan masing-masing dalam mempersiapkan diri di era digital

Perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2017 telah digelar di Las Vegas, Amerika Serikat pada 5-8 Januari 1017. Ajang yang telah berlangsung sejak 1957 ini menghadirkan ragam produk canggih yang kemampuannya bakal membuat pengunjungnya geleng-geleng kepala.

Menarik mengetahui bahwa CES 2017 kali ini bukan melulu tentang perangkat rumahan (home appliances) dan gadget, tetapi berkenaan dengan teknologi yang bakal mengubah gaya hidup masyarakat menjadi digital dalam beberapa tahun mendatang.

Apalagi, CES 2017 kini tak hanya didominasi perusahaan teknologi raksasa sekaliber Intel, Qualcomm, dan Samsung saja. Perusahaan di bidang fashion, kesehatan, kamera, hingga perusahaan rintisan (startup) juga turut ambil bagian.

Sepantauan The Daily Oktagon di pameran CES 2017, produk teknologi seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Virtual Reality (VR), Augemented Reality (AR) hingga perangkat Internet of Things (IoT) menyedot perhatian ratusan ribu lebih pengunjung yang hadir di Las Vegas Convention Center.

Boleh dibilang, ajang CES 2017 menjadi titik awal dimulainya masa keemasan kendaraan futuristik dan VR sebagai hasil dari racikan dari ragam teknologi di atas. Untuk selengkapnya, The Daily Oktagon akan merangkum ragam produk teknologi yang hadir di CES 2017 berikut ini:

Visual Experience

Saat mampir ke Central Hall dan South Hall, pengunjung dapat dengan mudah menemukan produk VR. Mulai dari Samsung, Qualcomm, hingga Changhong punya booth experience masing-masing yang dilengkapi dengan arena bermain. Bisa dikatakan, teknologi VR kini mulai mencuri perhatian.

Aksi pengunjung menjajal Samsung 4D VR

Aksi pengunjung menjajal Samsung 4D VR

VR memang dirancang untuk dapat menghadirkan realitas maya sehingga penggunanya bisa merasakan sendiri imajinasinya. Jadilah Samsung dengan booth Samsung 4D VR dimana pengunjung dapat bermain game Air Show dan merasakan sendiri atraksi naik pesawat hingga jungkir balik.

Kebanyakan booth VR yang tampil menyajikan pengalaman bermain game dengan mengandalkan tubuh untuk menggerakannya. Seperti yang dihadirkan Qualcomm dan Changhong. Artinya, VR tak terbatas pada satu aktivitas saja yang tak menuntut pergerakan.

Apakah gadget yang Anda gunakan sudah tepat? Temukan jawabannya di sini

Kendaraan Futuristik

Selain VR, pengunjung dibuat takjub dengan kehadiran ragam mobil pintar nan canggih. Misalnya, BMW i8 yang diotaki dengan prosesor Intel dan dibekali dengan kecerdasan buatan sehingga bisa menerima perintah dan berinteraksi dengan si pengemudinya.

CES

Intel dengan BMW menghadirkan teknologi kecerdasan buatan pada mobil BMW i8.

CES

Skuter Gogoro bertenaga baterai dan dapat diisi daya layaknya smartphone.

Soal kemampuan, Anda bisa bayangkan sendiri fitur-fitur canggih yang acapkali muncul di film-film science fiction. Dapat dikatakan, teknologi semacam itu kini bukan sebatas khayalan. Mobil dengan kecerdasan buatan hingga mobil otonomos memang digadang-gadang menjadi kendaraan kita di masa depan.

Terbayangkah Anda memiliki mobil yang dibekali chipset mobile dan operating system layaknya smartphone?

Yang menarik, motor listrik Gogoro juga pamer keunikan. Apa hebatnya? Rupanya, skuter buatan Taiwan ini dapat berjalan dengan tenaga baterai dan baterainya dapat dicopot dan di-charge.

Rumah futuristik juga ada. Simak artikel tren smarthome di 2017 ini

‘Otak’ Segala Perangkat

CES 2017 juga menyorot penuh kehadiran Snapdragon 835 yang diluncurkan di ajang tersebut. Era smartphone bukanlah menjadi satu-satunya penanda gaya hidup digital di masa depan, dan Qualcomm berupaya memastikan itu lewat chipset untuk segala perangkat lewat Snapdragon 835.

Qualcomm pamer kekuatan chipset mobile terbaru Snapdragon 835, dengan menghadirkan pengalaman VR.

Qualcomm pamer kekuatan chipset mobile terbaru Snapdragon 835, dengan menghadirkan pengalaman VR.

Suksesor dari Snapdragon 820/821 ini dirancang untuk dapat menjadi dapur pacu perangkat selain smartphone, misalnya VR, AR, IP Camera, wearable, dan perangkat Internet of Things. Snapdragon 835 juga hadir dengan sejumlah keunggulan lainnya yang akan memperkuat posisinya sebagai produsen chipset mobile raksasa.

TV dengan Piksel Memesona

Jangan kaget, TV raksasa dengan resolusi piksel besar tampil di CES 2017 untuk memanjakan mata para pengunjung. Sebetulnya, TV pintar atau smart TV bukan hal baru. Namun, resolusi piksel dan layar megah membuat kita terpesona dengan detail dan warna yang cantik. Pabrikan seperti LG, Samsung, Panasonic, Hisense, dan Sony berlomba-lomba menyajikan TV beresolusi 4K dan 8K dengan teknologi AMOLED, warna yang lebih kaya, dan fitur pintar lainnya.

TV raksasa besutan Hisense beresolusi 8K

TV raksasa besutan Hisense beresolusi 8K

Slide5 OK

Menyaksikan live streaming di televisi? Simak dulu tentang trennya di sini

Robot, Drone hingga Wearable

Produk-produk teknologi di atas masih setia hadir di perhelatan CES 2017. Perangkat wearable tampil dengan sejumlah fitur untuk mendukung aktivitas sehari-hari, drone dengan kemampuan navigasi dan sensor kamera, dan robot-robot pintar yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan.

Spectacle R-9, produk debut dari Snapdragon 835 yang dibekali teknologi Augmented Reality (AR)

Spectacle R-9, produk debut dari Snapdragon 835 yang dibekali teknologi Augmented Reality (AR)

Masih banyak segudang produk teknologi di CES 2017 yang mungkin terlewat. Kini, sudah siapkah Anda menyambut era digital di masa depan dengan ragam teknologi canggih?

0 comments