NOW READING

Seluk Beluk Memotret Model Berhijab Bersama Ully Zoelkarnain

 3410
+
 3410

Seluk Beluk Memotret Model Berhijab Bersama Ully Zoelkarnain

by The Daily Oktagon

Memasuki minggu terakhir Ramadan, Oktagon menggelar talkshow fotografi bertajuk Ramadhan Invasion pada Sabtu, 11 Juli 2015. Dimulai sejak pukul 13.00, Ully Zoelkarnain, fotografer yang sering menggeluti pemotretan model berbaju muslim, menjelaskan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat memotret model berhijab.

Regular_Image_-_IMG_4999

Ully mengawali karier di dunia fotografi sebagai Junior Feature Editor untuk Majalah Fotomedia pada tahun 1997. Akhir tahun ’90-an, ia bergabung dengan Majalah a+ sebagai fotografer, kemudian pada 2004 hijrah ke Majalah Soap sebagai Photo Editor. Saat ini, Ully, yang mendirikan jasa pemotretan ulzphotography sejak tahun 2005, tercatat aktif sebagai fotografer The Group.

Meski sama-sama melibatkan model, pemotretan dengan model berhijab memiliki batas dan aturan tersendiri. Namun, sebelum sampai pada ranah etika dan keharusan, Ully mengajak para peserta untuk mengenali proses kreatif yang tak kalah penting.

Regular_Image_-_IMG_4954

“Seperti fotografi lainnya, kita juga harus optimal dalam menggunakan lighting supaya hasilnya baik. Dan lighting harus dibuat saling dukung dan menunjang keseluruhan konsep,” jelas Ully.

Biasanya, ia akan melihat dulu baju-baju seperti apa yang akan dipotret. Kemudian, mengenali bentuk wajah model, hingga akhirnya mulai memilih lighting yang tepat dan cocok. Bisa jadi, Ully hadir dengan pencahayaan klasik, kuat, atau bahkan modern.

Ully juga menjelaskan, jumlah ideal penggunaan lighting adalah tiga sumber. Dengan set up tiga lampu tersebut, fotografer bisa menghadirkan berbagai karakter lampu yang akan berpengaruh juga pada angle dan gaya sang model.

Regular_Image_-_IMG_4995

Aspek berikutnya yang perlu disiasati adalah penggunaan background untuk fotografi di studio. Sebaiknya, fotografer cermat memilih dan bereksplorasi dengan latar belakang pemotretan. Jangan ragu untuk menggunakan dua warna background untuk menghadirkan berbagai bentuk; simetris dan asimetris.

Ully mengaku jika memotret hijab itu banyak “pagar-pagar” yang membuat produksi jadi lebih menantang. Sebab fotografer harus bisa membuat foto yang menarik tanpa terlihat seksi, angle-nya sopan, ekspresi sampai lekuk tubuh tidak boleh menonjolkan aurat.

Regular_Image_-_IMG_5002

“Suka agak ‘sedih’ kalau lagi foto baju muslim untuk katalog. Biasanya, klien cuma minta foto yang jelas, aja. Asal terang dan kelihatan semua bajunya. Selesai. Paling saya eksplorasi diproduksi foto untuk sampul,” terang Ully di akhir talkshow.

*) Talkshow ini merupakan salah satu bagian dari seri yang menjadi agenda reguler Oktagon. Untuk informasi terkini tentang jadwal talkswhow maupun workshop, bisa mengunjungi www.oktagon.co.id.

0 comments