NOW READING

Selain Terlihat Trendy, Dengerin Musik di MRT Punya Manfaat Yang Tak Terduga

 219
+
 219

Selain Terlihat Trendy, Dengerin Musik di MRT Punya Manfaat Yang Tak Terduga

by The Daily Oktagon

Mendengarkan konten hiburan seperti musik, video atau podcast menjadi cara mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu senggang. Misalnya saat sedang santai, ketika sedang menunggu atau saat dalam travel perjalanan menggunakan sarana transportasi seperti bis, kereta atau MRT yang lagi hype.

Selain mengasyikkan, ternyata mendengarkan konten hiburan terutama musik juga puya beberapa manfaat positif yang tidak terduga. Seperti dilansir dari Daily Health Post, mendengarkan musik bisa menjadi cara untuk mencegah stress. Ini diperkuat dengan hasil penelitian di University of Gothenburg, yang menyebutkan mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

Jadi misalkan saat berangkat kerja menuju kantor otak sudah dipenuhi beban kerja, tidak ada salahnya kendurkan sejenak dengan cara mendengarkan musik saat di travel perjalanan. Atau saat pulang kerja dalam kondisi stress, coba bikin rileks dengan mendengarkan musik.

Baca juga : Headphone Bluetooth JBL T450BT, dengar Musik jadi Lebih Asik 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa seseorang yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

Manfaat lain yang tak terduga dari mendengarkan konten hiburan seperti musik, yaitu bisa menyehatkan jantung. Mungkin ada pertanyaan apa kaitannya musik dengan kesehatan jantung. Penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

Selain itu ternyata mendengarkan musik juga bisa meredakan rasa sakit. Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan yang ditengarai bisa membuat seseorang melupakan rasa sakit fisik.

Selain membuat otak lebih rileks, ternyata mendengarkan musik juga bisa mengasah ‘ketajaman’ otak. Penelitian lain dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih smart dan ‘awet muda’ dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

denger musik di MRT (2)

Lebih Trendy Pakai Headphone

Agar bisa mendengarkan musik dengan  nyaman, sebaiknya menggunakan perangkat audio yang tepat. Salah satunya yaitu menggunakan perangkat headphone. Tentunya harus pilih headphone yang berkualitas, terutama dari sisi kualitas suara yang dihasilkan.

Apalagi ternyata mendengarkan musik ternyata bermanfaat untuk membuat kemampuan pendengaran menjadi lebih baik, yang tentunya juga tergantung dari kualitas perangkat audio yang digunakan. Dilansir dari Washington Post terungkap bahwa orang yang sering bermain atau mendengarkan musik memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik, karena bisa melatih otot pendengaran mereka. Namun tentu saja tetap harus berhati-hati, jangan mendengarkan musik dalam volume terlalu keras, terutama ketika menggunakan headphone. Makanya juga harus pilih headphone yang berkualitas.

Baca juga : 5 Bluetooth Headphone Keren Yang Bisa Bikin Tampil Trendy

Tidak hanya membuat nyaman, perangkat audio seperti headphone juga bisa membuat penampilan penggunannya terlihat lebih trendy. Apalagi jika headphone yang digunakan memiliki desain dan warna tampilan yang stylish. Coba saja perhatikan orang yang misalnya saat di dalam travel perjalanan menggunakan MRT sambil mendengarkan musik menggunakan headphone, terlihat lebih trendy bukan?

Apalagi perangkat headphone yang saat ini tersedia di pasaran memiliki desain dan tampilan yang semakin trendy dan stylish. Ini membuat penggunannya tertarik untuk menggunakannya dan bisa tampil lebih percaya diri. Terlebih lagi juga ada beberapa produk headphone yang desain bodinya bisa dilipat, sehingga membuat lebih ringkas saat dimasukkan ke dalam tas, jadi tidak merepotkan saat dibawa travel perjalanan kemana-mana.

0 comments