NOW READING

Sejalan dengan Digital Lifestyle, KRLmania Bantu Sebarkan Informasi Secara Online

 2119
+
 2119

Sejalan dengan Digital Lifestyle, KRLmania Bantu Sebarkan Informasi Secara Online

by The Daily Oktagon

Seiring bertambahnya kepadatan jalanan ibu kota, moda transportasi Kereta Rel Listrik atau Commuter Line adalah salah satu pilihan untuk para pengguna transportasi umum. Tarif yang murah dan layanan yang semakin membaik menjadi alasan sebagian orang beralih ke moda transportasi ini.

Layaknya kondisi jalan yang sulit diprediksi, kondisi lalu lintas kereta pun tidak bisa dipantau dengan mudah. Berkat teknologi dan inisiatif komunitas seperti yang dilakukan KRLmania, kini Anda bisa mengetahui dengan cepat dan mudah kondisi yang terjadi di sepanjang jalur kereta KRL di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Simak ulasan berikut, sejalan dengan digital lifestyle, KRLmania bantu sebarkan informasi secara online.

Berawal dari Milis

Bisa dibilang, komunitas ini adalah salah satu komunitas KRL terlama yang ada di Indonesia. Menurut salah satu pengurus KRLmania, Nur Cahyo, ini sudah berdiri sejak 2003 yang berawal dari milis dengan alamat KRL-mania@yahoogroups.com.

Sesuai namanya, anggota dari komunitas ini adalah pengguna setia KRL di kesehariannya, baik untuk bekerja, ataupun keperluan lain. Nur Cahyo mengatakan, para pengguna KRL rata-rata memiliki rasa senasib sepenanggungan, terlebih di era awal terbentuknya komunitas ini.

“Dulu itu situasinya sangat berbeda dengan sekarang. Di stasiun, kita sulit mengetahui informasi tentang KRL yang akan kita naiki dan informasi tentang KRL lain,” ujarNur.

Melalui milis ini, mereka saling sharing informasi mengenai KRL. Dari sana, mereka mulai menggagas pertemuan dengan operator, lalu menyampaikan berbagai keluhan sebagai pengguna KRL secara langsung.

KRLmania_sc_website

Laman utama situs KRLmania.com

Nah, sejalan dengan kemajuan teknologi dan dukungan terhadap konsep Internet of Things (IoT), para anggota KRLmania pun terbiasa mengecek jadwal perjalanan secara onlineMasuk ke sini untuk cek jadwal KRL. Dengan demikian, cara menggunakan transportasi ini pun mirip dengan jenis lainnya. Sebagai contoh, bus TransJakarta yang jadwalnya bisa dicek, atau ojek, taksi, dan bajaj yang bisa dipesan secara online.

Agar aplikasi berjalan maksimal, ada baiknya gunakan smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Baca ulasan menarik ini ya! HTC One M9+, Penyempurnaan Para Pendahulunya

Mengoptimalkan Media Sosial

Seiring perkembangan teknologi, media sosial memberikan peran yang signifikan bagi perkembangan komunitas, termasuk KRLmania. Informasi menjadi lebih mudah tersebar dan tentunya masyarakat menjadi lebih mudah mengetahui informasi terbaru.

“Di dunia KRL sendiri, kita dapat dengan mudah menyampaikan pendapat dan masukan kepada pihak operator KRL dan pemerintah, utamanya demi peningkatan layanan,” kata Nur.

Dia pun menambahkan, media sosial memberikan manfaat bagi banyak orang yang dilanda kesibukan untuk menyuarakan pendapat. Selain milis yang kini telah beranggotakan 6.000-an orang, KRLmania juga memiliki Facebook Page dengan 14.000-an pengguna aktif dan akun Twitter yang memiliki lebih dari 45.000 followers.

KRLmania_4

Kegiatan KRLmania di Stasiun Bogor

Nur menyebutkan, selain milis yang menjadi media sharing sejak awal, sekarang mereka juga memanfaatkan media sosial sebagai saran berbagi informasi, selain juga ada situs resmi dan grup WhatsApp serta aplikasi chatting lain.

Melalui berbagai media komunikasi berbasis teknologi ini, KRLmania berharap bisa menjadi sumber terpercaya bagi pengguna KRL di wilayah Jabodetabek dan mendorong terwujudnya layanan KRL yang baik dan profesional. Dengan kepengurusan yang simpel, Koordinator, Sekretaris, Bendahara, dan Humas, KRLmania juga sering mengadakan berbagai aktivitas offline.

“Kalau ada event, maka kita akan membentuk panitia secara ad hoc,” Nur mengatakan.

KRLmania_1

Kegiatan KRLmania di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan

Beberapa acara yang pernah digelar komunitas ini adalah Bakti Sosial di Parung Panjang, Buka Bersama di Stasiun Manggarai, serta Tamasya Bersama Naik Kereta yang baru saja diselenggarakan di tahun ini. Melalui berbagai sarana online dan offline ini KRLmania berharap bisa menciptakan sinergi dengan berbagai pihak terkait layanan KRL di Jabodetabek sehingga KRL benar-benar bisa menjadi moda transportasi umum yang bisa diandalkan, bebas gangguan, aman dan nyaman.

Lengkapi perjalanan Anda dengan bepergian lewat aplikasi Bajaj yang Mendukung konsep Internet of Things bagi Masyarakat Jakarta

0 comments