NOW READING

Seeing AI dari Microsoft, Aplikasi untuk Melihat Dunia dengan Mata Smartphone

 148
+
 148

Seeing AI dari Microsoft, Aplikasi untuk Melihat Dunia dengan Mata Smartphone

by The Daily Oktagon
  • Microsoft baru saja meluncurkan aplikasi untuk membantu penyandang disabilitas, terutama gangguan penglihatan.
  • Fiturnya yang didasarkan pada sistem AI, dapat memudahkan pengguna untuk mengenali seseorang benda, atau situasi.
  • Aplikasi ini dapat diunduh pengguna iOS dan masih dikembangkan hingga saat ini.

Era globalisasi menuntut teknologi untuk berkembang setiap saat yang berguna untuk membantu manusia. Salah satu teknologi buatan manusia adalah milik Microsoft dengan meluncurkan aplikasi untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan. Diberi nama Seeing AI, aplikasi ini dapat mengidentifikasi banyak hal hanya dengan menangkap gambar dari objek yang dimaksud. Aplikasi sudah dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna iPhone. Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan Seeing AI dalam membantu difabel menjalani hidup, berikut adalah ulasannya.

Hal-hal terbaru dari iOS 11 dapat ditemukan pada artikel berikut.

Foto: Shutterstock.com

Cara Kerja dari Fitur Sederhana

Microsoft menyediakan beragam fitur yang memudahkan difabel untuk mengenali suatu objek. Cara kerja aplikasi cukup mudah, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek yang diinginkan. Kemudian, ambil gambar objek tersebut dan aplikasi akan memprosesnya. Teknologi AI (Artificial Intelligence) akan memberi arahan agar posisi kamera sesuai dengan posisi objek. Setelah posisi objek sempurna, akan diberikan penjelasan tentang objek yang ditangkap melalui suara. Fitur suara ini masih menggunakan bahasa Inggris, tapi sudah membantu pengguna untuk mengetahui suatu hal dengan penggambaran terbaik.

Objek yang dapat diidentifikasi oleh Seeing AI saat ini terdiri dari enam hal. Pertama, short text, seperti penyebutan nama di atas amplop surat. Meski penyebutannya tidak sempurna, tapi cukup jelas dan dapat dimengerti pengguna. Isi sebuah dokumen juga dapat dibaca dengan jelas, tapi harus diketik terlebih dahulu. Pengguna juga dapat mengetahui informasi jenis kelamin, usia, hingga ekspresi dari seseorang. Jika ingin menambahkan informasi seperti nama orang tersebut, pengguna bisa mengatur hal tersebut sendiri.

Objek lain yang bisa dideteksi adalah pemandangan atau suatu adegan dengan penjelasan yang spesifik. Contoh, saat berada di pasar swalayan, pengguna bisa menangkap gambar situasi seperti rak makanan. Saat pengguna mengambil satu produk dan ingin mengetahui detailnya, cukup memotret barcode dan informasi akan diberikan. Nama produk, harga hingga informasi pabrik pembuat produk akan diberikan secara lengkap. Jika ingin membeli produk tersebut, pengguna dapat membayar sendiri dengan cara mengarahkan kamera pada uang. Besar nominal akan langsung diberitahukan kepada pengguna dari suara yang dihasilkan aplikasi.

 

Foto: Shutterstock.com

Manfaat untuk Semua Orang

Kehadiran aplikasi ini sangat membantu banyak orang, khususnya yang mengalami gangguan penglihatan. Aplikasi ini mengubah dunia visual menjadi format yang bisa didengarkan. Penggunaan yang sangat mudah dan dapat dipakai oleh penderita gangguan penglihatan ringan hingga total. Proses sosialisasi dengan orang lain pun menjadi lebih mudah dan efektif. Gambaran yang diberikan mengenai suatu adegan atau situasi pun cukup lengkap dan jelas.

Aplikasi yang bisa dipakai hanya untuk iPhone ini menjadi salah satu penolong bagi penyandang difabel. Pengguna bisa menunjukkan kemampuan beradaptasi yang cepat dengan orang lain. Dilansir dari The Verge, Saqib Shaikh, pimpinan pembuat Seeing AI, mengatakan bahwa aplikasi ini tidak hanya melakukan pekerjaan biasa.

Seeing AI mampu mengarahkan pengguna untuk menggunakan kamera agar mendapat objek dengan tepat. Sampai saat ini belum ada rencana untuk mengembangkan aplikasi ini pada platform Android. Negara yang dapat mengunduh aplikasi saat ini pun terbatas hanya di Amerika Serkat, Kanada, India, Hongkong, Selandia Baru, dan Singapura. Mari berharap semoga Indonesia juga dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini untuk kesejahteraan bersama.

Pentingnya asisten virtual bagi pelajar dan mahasiswa dapat dibaca pada artikel berikut.

0 comments