NOW READING

Sebelas Keahlian Dasar untuk Menjalankan Bisnis Online

 1224
+
 1224

Sebelas Keahlian Dasar untuk Menjalankan Bisnis Online

by The Daily Oktagon

Kepraktisan yang dijanjikan bisnis online membuat siapa pun berkesempatan menggelutinya. Namun, terdapat beberapa ketrampilan dasar yang harus dimiliki seseorang agar bisa bertahan di bisnis ini.

Banyak orang memulai bisnis online hanya bermodalkan suatu produk, gadget, dan kemauan, lantas mengabaikan hal-hal lain di luar itu. Padahal, faktor-faktor pendukung tidak kalah pentingnya, karena menjadi penentu sukses tidaknya seseorang dalam menggeluti bisnis berbasis online. Tidak sedikit customer mengeluh mengenai online shop yang ‘dikunjunginya,’ dengan alasan pelayanan yang kurang memuaskan. Meskipun produk yang ditawarkan berkualitas, tetapi jika pelayanan tidak baik, maka kemungkinan besar orang tidak akan kembali untuk berbelanja.

Kesuksesan suatu bisnis tergantung kepada orang yang mengelolanya. Pada bisnis online, ada beberapa skill dasar yang harus dikuasai seseorang, agar sukses dan mampu bersaing dengan para kompetitor. Di antaranya adalah: 

 

Foto: Shutterstock.com

Mampu mengoperasikan gadget.

Ini merupakan skill paling mendasar, karena bisnis online dilakukan dengan menggunakan komputer/laptop maupun smartphone. Melek teknologi merupakan syarat mutlak untuk berbisnis online.

Mengerti website/blog/media sosial.

Website/blog/media sosial merupakan ‘kantor’ untuk bisnis online. Walaupun banyak jasa pembuatan website, akan lebih praktis jika pengelola bisnis online menguasai website, meskipun yang sederhana.

 

Foto: Shutterstock.com

Menulis dengan baik.

Artikel, landing page, sales letter dan deskripsi produk yang ditulis dengan baik dan akurat, akan membuat pembeli lebih tertarik akan produk yang ditawarkan.

Menguasai teknik-teknik dasar fotografi.

Fotolah produk dengan jelas dan setting menarik, tetapi jangan sampai menampilkan hasil yang tidak sesuai dengan kondisi produk yang sebenarnya (hindari editing yang berlebihan).

 

Foto: Shutterstock.com

Memahami bidang bisnis.

Harus memahami produk yang dijual serta menguasai proses pelaksanaan, mulai dari proses produksi, pemasaran, penjualan, hingga pengiriman.

Komunikasi lisan dan verbal.

Pengelola bisnis online yang komunikatif, ramah dan mudah dihubungi merupakan online shop yang memiliki nilai plus di mata pelanggan.

 

Foto: Shutterstock.com

Peka akan pertanyaan.

Ketika menawarkan suatu produk, siapkan jawaban mengenai pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan customer. Semakin cepat dalam merespons pertanyaan, maka akan semakin baik.

Fokus pada persoalan di depan mata.

Mampu mengendalikan tenaga, pikiran, dan sumber daya lainnya untuk fokus, tanpa terdistraksi hal lain yang kurang penting.

 

Foto: Shutterstock.com

Manajemen waktu.

Banyak waktu yang tersita untuk melayani pertanyaan maupun melakukan transaksi dengan customer. Manajemen waktu yang baik adalah kunci pokok agar bisnis dan kehidupan pribadi sama-sama berjalan dengan seimbang.  

Berdaya juang.

Tidak mudah putus asa dan tetap semangat menghadapi tantangan karena memang dibutuhkan kesabaran, waktu, dan usaha yang tinggi untuk memperkenalkan brand dan produk kepada pelanggan.

 

Foto: Shutterstock.com

Metode transaksi yang mumpuni.

Harus memahami dan menyediakan berbagai alternatif metode transaksi yang memberikan kemudahan bagi pelanggan.

0 comments