NOW READING

Samsung Galaxy S9 Plus vs Samsung Galaxy Note 8, Mana yang Lebih Memesona?

 2425
+
 2425

Samsung Galaxy S9 Plus vs Samsung Galaxy Note 8, Mana yang Lebih Memesona?

by The Daily Oktagon
  • Samsung Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 memiliki beberapa kemiripan, terutama dari ukurannya yang bongsor.
  • Sebagai smartphone kelas flagship, keduanya mengusung spesifikasi tinggi dan sederet fitur canggih.
  • Meski Galaxy S9 Plus merupakan smartphone andalan terbaru dari Samsung, pesona Galaxy Note 8 saat ini tetap tidak meredup.

Samsung Galaxy S9 Plus hadir sebagai jagoan baru, namun Galaxy Note 8 masih tetap menarik untuk dilirik.

Samsung Galaxy S9 Plus dihadirkan sebagai salah satu dari flagship terbaru Samsung. Smartphone ini memiliki spesifikasi hardware kelas atas, kamera tangguh dan sederet fitur lengkap. Apa yang dimiliki Galaxy S9 Plus tak berbeda jauh dengan Galaxy Note 8 yang masih tetap patut diperhitungkan dan memesona untuk dimiliki.

Baik Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 sama-sama memiliki layar berukuran jumbo yang bezel-less, dapur pacu bertenaga namun berbeda versi, kamera tangguh dan fitur canggih. Diantara keduanya, mana yang lebih baik? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Serunya Hunting Foto Menggunakan Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy S9 Plus

Foto: Samsung

Desain dan Layar

Dilihat dari segi tampilannya, baik Samsung Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 masih mengusung bahasa desain yang hampir serupa. Keduanya dibangun dengan material logam berlapis kaca Gorilla Glass 5 besutan Corning. Namun, bentuk Galaxy S9 Plus terlihat sedikit membulat di bagian ujungnya.

Untuk display, tak ada perbedaan yang signifikan. Galaxy Note 8 punya ukuran sedikit lebih besar 0,1 inci dari Galaxy S9 Plus yang memiliki layar 6,2 inci. Keduanya punya layar Super AMOLED dengan resolusi tinggi, yakni Quad HD+ 2.960 x 1.440 piksel.

Jika dari bentuknya, tentu Galaxy S9 Plus masih lebih nyaman untuk digenggam, karena rasio layar ke bodi yang lebih besar, ukuran layar sedikit lebih kecil, serta bentuk yang sedikit membulat di setiap ujungnya.

Perbedaan mencolok antara keduanya adalah penempatan kamera di bagian belakang. Jika Galaxy Note 8 punya kamera utama ganda yang diletakkan secara horizontal, Galaxy S9 Plus membawa tampilan baru dengan penempatan kamera belakang secara vertikal di tengah. Dengan begini, sensor sidik jari di bawah kamera juga lebih mudah dijangkau.

Baca juga: Mengenal Urutan Prosesor Snapdragon dan Ponselnya, dari Nokia 2 hingga Samsung Galaxy S9

Samsung Galaxy S9 Plus

Foto: Samsung

Dapur Pacu

Sebagai smartphone premium, Samsung Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 sudah tentu ditunjang dengan chipset kelas atas. Namun, karena Galaxy Note 8 dirilis lebih dulu sebagai flagship tahun lalu, Galaxy S9 Plus yang menjadi jagoan tahun ini mendapatkan prosesor yang lebih baru.

Samsung Galaxy S9 disokong prosesor unggulan terbaru, yakni Snapdragon 845 besutan Qualcomm atau Exynos 9810 buatan Samsung sendiri. Prosesor Snapdragon 845 sendiri memiliki peningkatan performa sebesar 20 persen lebih tinggi, dibandingkan Snapdragon 835 yang tersemat pada Galaxy Note 8.

Kamera

Galaxy Note 8 menjadi smartphone flagship pertama Samsung yang mengusung fitur dual camera saat dirilis tahun lalu. Kameranya begitu tangguh, dengan konfigurasi ganda 12 megapiksel (MP), bukaan lensa f/1.7, dual optical image stabilization (OIS), dan kemampuan 2x optical zoom.

Hampir serupa, Galaxy S9 Plus membawa beberapa peningkatan pada bagian kamera. Ponsel ini juga dibekali kamera utama ganda, namun punya fitur yang lebih memukau dengan bukaan lensa terlebar f/1.5 dan kemampuan merekam video slow motion hingga 960 frame per detik beresolusi 720p.

Baca juga: Infinix Note 4 Pro, Alternatif Samsung Galaxy Note 8 dengan Harga Murah

Samsung Galaxy S9 Plus

Baterai

Untuk sumber dayanya, kedua smartphone ini dibekali dengan kapasitas yang tak berbeda jauh. Galaxy S9 Plus punya baterai 3.500 mAh, sementara Galaxy Note 8 dibekali baterai 3.300 mAh.

Jika melihat dari ukuran layar dan kapasitas baterai yang dimiliki, serta chipset yang lebih baru, di atas kertas seharusnya Galaxy S9 Plus memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibandingkan Galaxy Note 8.

Fitur Pelengkap

Samsung membekali Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 8 dengan fitur lengkap nan canggih, seperti asisten virtual Bixby, iris scanner, teknologi wireless charging, hingga fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP68. Namun, Galaxy Note 8 terasa istimewa berkat adanya pena stylus S-Pen andalan Samsung untuk seri Galaxy Note.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Fitur Jagoan dan Harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Soal harganya, Galaxy S9 Plus dibanderol sama mahalnya dengan Galaxy Note 8 saat pertama kali diluncurkan, yakni Rp 12,999 juta. Galaxy S9 Plus bisa dibilang merupakan pembaruan dari Galaxy Note 8 namun tanpa dilengkapi pena stylus. Meski harga awalnya sama, Samsung kemungkinan besar akan menurunkan harga Galaxy Note 8 untuk tetap menarik di mata konsumen.

Dapatkan Samsung Galaxy Note 8 dengan harga terbaik di sini.

0 comments