NOW READING

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Siap Dirilis, Seperti Apa Bocorannya?

 924
+
 924

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Siap Dirilis, Seperti Apa Bocorannya?

by The Daily Oktagon
  • Meski belum diluncurkan, namun rumor mengenai Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ telah cukup lama beredar.
  • Informasi mengenai desain, fitur, spesifikasi, harga, dan waktu perilisannya pun terungkap.
  • Samsung Galaxy S9 series akan membawa desain yang cukup berbeda dari pendahulunya, prosesor lebih bertenaga, dan mengalami peningkatan di bagian kamera.

Seperti biasanya, setiap awal tahun Samsung merilis smartphone andalan terbarunya. Untuk tahun ini, Samsung telah bersiap untuk meluncurkan penerus dari Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Samsung Galaxy S9 series dikabarkan akan membawa peningkatan dari segi fitur dan spesifikasi. Selain itu, desain smartphone ini juga akan terlihat sedikit berbeda dari pendahulunya.

Samsung Galaxy S9 series telah cukup lama diperbincangkan, meski belum resmi diperkenalkan. Hingga kini telah ada cukup banyak informasi mengenai smartphone ini. Berikut ini 5 rumor penting Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ seperti dihimpun dari Android Authority.

Baca juga: Samsung Mulai Perlihatkan Smartphone Galaxy S9 dan S9+

Foto: Olixar

Desain

Secara sekilas, tampak dari depan Samsung Galaxy S9 tak ada perbedaan dengan pendahulunya. Ponsel pintar ini tetap mengusung layar nyaris tanpa bingkai dengan lengkungan di kedua sisinya. Yang berbeda terletak di bagian belakang, di mana Galaxy S9 memiliki sensor sidik jari yang terletak di bawah kamera.

Hal ini sedikit berbeda dengan Galaxy S8 yang mempunyai sensor sidik jari di sebelah kamera. Sehingga pengguna kesulitan untuk menjangkaunya. Dengan fingerprint sensor di bawah kamera pada Galaxy S9, nantinya pengguna akan lebih mudah untuk menggunakannya.

Fitur

Menurut Business Korea, Samsung akan menyematkan teknologi pengenalan wajah pada Galaxy S9 series. Namun, Samsung hanya akan memberikan teknologi 2D facial recognition. Hal ini berbeda dengan fitur Face ID pada iPhone X yang mengusung teknologi lebih canggih, yakni 3D facial recognition.

Samsung Galaxy S9 juga akan membawa sistem operasi Android versi Oreo. Selain itu, smartphone ini dilengkapi asisten virtual Bixby yang mengawali debutnya pada seri Galaxy S8. Ada pun, Galaxy S9 tetap membawa fitur tahan air dan debu bersertifikasi IP68.

Baca juga: Samsung Galaxy S9 Segera Hadir, Dibekali Prosesor Terbaru

Foto: Olixar

Spesifikasi

Berdasarkan laporan dari Venture Beat, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ akan membawa layar 5,8 dan 6,2 inci dengan panel Super AMOLED beresolusi Quad HD+ dan aspek rasio kekinian, yakni 18,5:9. Untuk dapur pacunya, keduanya akan ditunjang prosesor unggulan terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 845 atau prosesor buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 9810.

Di bagian penyimpanan, kedua smartphone ini tetap dibekali dengan RAM sebesar 4 GB dan internal memory seluas 64 GB. Hal ini sama seperti yang tersemat pada Samsung Galaxy S8. Penyimpanan juga masih bisa diperluas hingga 256 GB menggunakan kartu microSD.

Soal kamera, terdapat perpedaan antara Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Jika Galaxy S9 hanya membawa satu kamera utama 12 MP (OIS, f/1.5), Galaxy S9+ dipersenjatai kamera belakang ganda yang penempatannya secara vertikal di bagian tengah. Dengan kamera yang lebih canggih, keduanya disebut bakal memiliki kemampuan merekam video 1.000 fps seperti Sony Xperia XZ Premium.

Baca juga: Resmi Dirilis, Samsung Galaxy A8 dan A8+ (2018) Dibekali Kamera Selfie Ganda

Foto: Olixar

Harga

Menurut rumor yang beredar, harga Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ akan lebih mahal dibandingkan Galaxy S8 series. Untuk diketahui, saat pertama kali diluncurkan, harga Galaxy S8 adalah sebesar Rp 10,5 juta. Sementara, Galaxy S8+ dibanderol Rp 12 juta. Meski disebut bakal lebih mahal, tentu perbedaannya tak akan terlalu signifikan.

Waktu Perilisan

Sebelumnya, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ dikabarkan akan diluncurkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2018, yang berakhir pada 12 Januari lalu. Namun, Head of IT & Mobile Communications Samsung, DJ Koh memastikan bahwa kedua smartphone ini bakal diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, yang berlangsung mulai dari 26 Februari hingga 1 Maret.

Baca juga: Samsung Galaxy X Bakal jadi Smartphone Layar Lipat Pertama

Jika semua rumor yang disebutkan di atas benar adanya, maka Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ akan menjadi smartphone pertama yang dipersenjatai dengan prosesor Snapdragon 845. Selain itu, Galaxy S9+ bakal menjadi ponsel pertama dari seri Samsung Galaxy S yang mengusung kamera utama ganda.

0 comments