NOW READING

Prosesor Samsung Terbaru Bisa Hadirkan ‘Iris Scanner’ di Smartphone Harga Menengah

 1271
+
 1271

Prosesor Samsung Terbaru Bisa Hadirkan ‘Iris Scanner’ di Smartphone Harga Menengah

by The Daily Oktagon
  • News Flash

Samsung Exynos 7872 merupakan prosesor terbaru yang dihadirkan untuk ponsel kelas menengah, namun membawa beberapa fitur yang biasanya hanya terdapat pada smartphone unggulan.

Seperti diberitakan GSM Arena, Samsung secara resmi telah merilis Exynos 7872, chipset terbaru yang dihadirkan untuk smartphone di segmen mid-range. Prosesor yang juga digunakan oleh Meizu M6s ini adalah seri paling baru dari seri Exynos 5, namun membawa banyak peningkatan fitur yang lebih canggih.

Exynos 7872 dibangun dengan proses fabrikasi 14 nm, sehingga lebih hemat konsumsi daya, namun performa tetap mumpuni. Proses fabrikasi ini juga digunakan oleh prosesor kelas menengah buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 625 atau yang di atasnya.

Baca juga: Ini Beda Antara Samsung Galaxy J7+ dan J7 Pro

Foto: Samsung

Prosesor ini dibekali dengan enam inti (hexa core) CPU yang terdiri dari dua klaster. Klaster pertama terdiri dari dua inti Cortex-A73 berkecepatan 2,0 GHz, sementara yang kedua terdiri dari empat inti Cortex-A53 dengan clockspeed 1,6 GHz. Meski hanya memiliki enam inti, Exynos 7872 akan menyuguhkan performa tinggi. Prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU Mali-G71 untuk pengolahan grafis yang lebih baik.

Yang paling menarik dari Exynos 7872 adalah prosesor ini mendukung iris scanner, teknologi yang sebelumnya hanya terdapat pada smartphone Samsung Galaxy S dan Galaxy Note series. Jadi, nantinya semua ponsel kelas menengah Samsung kemungkinan besar akan membawa fitur canggih ini.

Baca juga: Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Siap Dirilis, Seperti Apa Bocorannya?

Foto: Samsung

Selain itu, Exynos 7872 mendukung kamera untuk bisa merekam video resolusi Full HD 1080p dengan 120 frame per detik dan fitur Smart Wide Dynamic Range, sehingga kualitas video akan semakin baik. Namun untuk layar, chipset ini hanya mendukung panel hingga resolusi Full HD+ saja, seperti yang biasa digunakan oleh kebanyakan smartphone saat ini.

Belum diketahui, nantinya smartphone Samsung apa saja yang bakal menggunakan prosesor Exynos 7872. Namun, berkat adanya prosesor ini, kita akan melihat ponsel pintar Samsung yang membawa fitur pemindai mata dengan harga yang lebih terjangkau.

0 comments