NOW READING

Salah Kaprah Registrasi Kartu Prabayar yang Wajib Diketahui

 599
+
 599

Salah Kaprah Registrasi Kartu Prabayar yang Wajib Diketahui

by The Daily Oktagon
  • Quick Fact

Informasi mengenai kewajiban registrasi kartu SIM prabayar tengah marak diperbincangkan. Namun, dari sekian banyak informasi yang beredar, belum tentu semuanya benar. Kadang ada saja pihak tak bertanggung jawab yang mengambil keuntungan demi mendapatkan data-data penting untuk disalahgunakan. Untuk itu, kita harus jeli terhadap semua informasi yang beredar, baik itu di media sosial maupun internet.

Selain itu tidak sedikit orang yang keliru mengenai ketentuan dan batas waktu registrasi ulang kartu SIM prabayar. Ada pula informasi yang menyatakan bahwa registrasi ulang mengharuskan kita mencantumkan nama ibu kandung. Lantas, yang benar itu seperti apa? Perhatikan hal berikut ini agar Anda tidak salah kaprah mengenai registrasi SIM card.

foto : shutterstock

Ketentuan Kartu SIM Baru

Banyak yang mengira bahwa pada 31 Oktober 2017 merupakan batas akhir dari ketentuan registrasi ulang kartu SIM prabayar lama. Padahal, tanggal tersebut merupakan waktu dimulainya pendaftaran bagi calon pelanggan kartu prabayar untuk mengikuti aturan baru. Registrasi wajib dilakukan dengan validasi data Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil).

Batas Registrasi Ulang Karu SIM

Seperti yang disebutkan di atas, bagi pengguna kartu SIM prabayar yang belum registrasi ulang pada 31 Oktober 2017 tidak akan diblokir. Kartu SIM Anda baru akan diblokir, jika hingga 28 Februari 2017 Anda masih belum melakukan registrasi ulang sesuai dengan ketentuan.

Data yang Diperlukan

Bagi Anda yang ingin melakukan registrasi kartu SIM baru ataupun registrasi ulang, data yang diperlukan yaitu hanya nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP, dan nomor kartu keluarga (KK). Belakangan ada informasi yang menyebutkan bahwa nama ibu kandung juga menjadi syarat wajib. Namun, bisa dipastikan informasi itu tidak benar. Pihak Kementerian Kominfo pun telah menyatakan, bahwa nama ibu kandung tidak diperlukan karena mempertimbangkan perlindungan terhadap informasi pribadi untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

0 comments