NOW READING

Robot Terbang ala Iron Man akan Menjadi Kenyataan

 72
+
 72

Robot Terbang ala Iron Man akan Menjadi Kenyataan

by The Daily Oktagon
  • Periset asal Italia tengah mengembangkan robot berkemampuan mirip Iron Man.
  • Terdapat jet pada bagian tangan dan kaki humanoid robot yang membuatnya bisa terbang di udara.
  • Robot ini akan memiliki kemampuan layaknya manusia yang bisa terbang dan melakukan berbagai hal.

Kemunculan film Iron Man cukup membuat orang tercengang akan kecanggihan kostum robot superhero itu. Teknologi sejenis sedang dicoba untuk dikembangkan.

Dalam filmnya, Iron Man mampu terbang ke angkasa menggunakan dorongan jet yang disematkan pada tangan dan kaki pada kostum robot yang dikenakan oleh Tony Stark, sebagai pemeran Iron Man.

Foto: Shutterstock.com

Teknologi robot mirip Iron Man saat ini tengah dikembangkan di Genoa, Italia, oleh para periset dari Italian Institute of Technology (IIT). Menurut berita yang dikabarkan oleh Techcrunch.com, saat ini masih ada beberapa permasalahan dalam pengembangan teknologi ini.

Salah seorang peneliti bernama Daniele Pucci mengatakan bahwa terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab terlebih dahulu. Seperti sistem pengontrolan robot, cara mendaratkan robot, dan juga transisi perubahan dari gerakan berjalan dan terbang, begitu pula sebaliknya.

Ternyata teknologi bisa memecahkan rekor dunia.

Foto: Shutterstock.com

Pasalnya, menanamkan jet di dekat tangan dan kaki , seperti pada kostum Iron Man, merupakan hal yang cukup riskan. Apalagi jika hal tersebut diimplementasikan kepada manusia. Bisa dibayangkan apa yang terjadi pada tulang dan bagian tubuh yang mendapatkan dorongan kuat dari sebuah jet tersebut. Dikhawatirkan beberapa tulang akan patah dan manusia yang mengenakannya tidak akan bisa mengendalikan tubuh yang sudah mengudara.

Akhirnya diputuskan untuk tahap awal, akan digunakan robot humanoid bernama iCub. Nantinya robot inilah yang akan memiliki kemampuan terbang seperti Iron Man. Jika berhasil, iCub akan menjadi robot humanoid pertama yang mampu mengudara dengan bantuan tenaga jet yang disematkan pada tangan dan kakinya.

Robot-robot baru di dalam rumah ini dapat membantu Anda.

Foto: Shutterstock.com

Daniele Pucci menambahkan bahwa ide penelitian ini sudah ia rancang sekitar 4 tahun lalu. Ketika dirinya pertama kali datang ke IIT untuk mengambil gelar PhD-nya. Saat ini pengembangan robot terbang ini masih dalam tahap awal. Nantinya robot ini akan memiliki kemampuan layaknya manusia yang bisa terbang dan melakukan berbagai hal.

0 comments