NOW READING

Robot-Robot Baru di Dalam Rumah

 1660
+
 1660

Robot-Robot Baru di Dalam Rumah

by The Daily Oktagon

sumber foto utama: kuri

  • Produsen terus berkreasi dengan menciptakan robot yang diperuntukkan untuk fungsi rumah tangga
  • Perannya semakin bervariatif, mulai dari pemotong rumput hingga “mengasuh” anak
  • Harga yang mahal masih menjadi penekanan akankah robot-robot ini nantinya bisa benar-benar berada di dalam rumah.

Pada siapa Anda akan “curhat” tentang masalah percintaan pribadi? Jawabannya mungkin kepada teman atau saudara dekat.

Namun riset terbaru dari Northwestern University, Cornell University dan Interdisciplinary Center di Herzliya, Israel menunjukkan, manusia juga merasa nyaman jika menceritakan problema percintaannya kepada robot.

Ya, robot. Berdasarkan artikel dari Mashable, para peserta studi merasa nyaman saat menerima respon dari robot ketika mereka sedang curhat.

Interaksi manusia dan robot belakangan memang semakin “erat”, seiring dengan terciptanya robot-robot baru yang semakin dilengkapi dengan kepintaran yang semakin baik, tak terkecuali yang diperuntukkan untuk fungsi rumah tangga.

Maka simak beberapa perkembangan terbaru robot-robot rumah tangga terbaru hasil penelusuran The Daily Oktagon.

Lynx

Anda mungkin sudah tahu soal asisten pintar Amazon Alexa yang tengah menjadi pembicaraan? Nah, Lynx ini bisa dikatakan Alexa lain dalam bentuk robot dengan anatomi manusia.

Layaknya Alexa, produk besutan Ubtech Robotics ini dapat melakukan banyak hal dari perintah suara manusia, seperti memutarkan musik, mencatat jadwal aktivitas, dan memfungsikan berbagai produk smarthome lainnya.

lynx

Jika Alexa harus terhubung dengan speaker Amazon Echo sehingga menjadi barang statis, maka Lynx selangkah lebih maju karena ia justru bisa menghampiri seseorang yang memanggilnya. Ia juga diklaim mampu melakukan hal-hal lain yang tidak bisa dilakukan Alexa, seperti membaca isi email, dan menggunakan kamera yang terpasang di tubuh robot ini untuk memeriksa kondisi rumah saat Anda sedang pergi.

Namun tentu saja karena bentuk dan geraknya ini, Lynx diramalkan akan berharga sangat mahal ketika diluncurkan ke pasar nanti. Jika Echo dibanderol pada kisaran Rp2,5 juta, maka Lynx akan pada kisaran Rp11 juta.

Tak hanya asisten, robot anjing juga ada. Simak di artikel ini

Robo Mower

Jika vacuum cleaner pintar yang berfungsi di dalam rumah sudah semakin banyak bermunculan, maka kini bagian rumah juga menjadi hal yang diperhatikan para produsen teknologi. LG mengeluarkan pemotong rumput mandiri yang dapat membersihkan pekarangan rumah.

Belum banyak yang bisa digali dari teknologi yang tersemat di dalam produk ini, hanya saja bentuknya serupa namun dengan ukuran yang relatif lebih besar dengan “saudaranya” robot vacuum cleaner.

lg robo mower

Jika melihat teknologi yang sudah ada pada robot vacuum yang terlebih dulu sudah meluncur di pasaran, maka fungsi robo mower ini rasanya tidak akan berbeda jauh mengadaptasi teknologi vacuum pintar tersebut.

Misalnya saja dengan kemampuan membersihkan mandiri, dilengkapi dengan sensor sehingga bisa terkontrol wilayah kerjanya, hingga kembali sendiri ke tempat pengisian baterai ketika tenaga sudah melemah.

Jika pada akhirnya diluncurkan ke pasar, robot ini tentu akan berguna. Hanya saja tentu perlu diperhatikan dari sisi keamanan produk ini sendiri, sehingga ketika alat ini tengah bekerja sendirian di halaman rumah, tidak tiba-tiba raib diambil pencuri karena pemiliknya tengah bersantai di dalam rumah.

Klik di sini untuk melihat salah satu robot vacuum terbaru 

Kuri

Robot asisten rumah tangga memang sedang naik daun. Seperti halnya Lynx, sebuah startup bernama Mayfield Robotics yang didanai oleh Bosch juga berhasil menggarap dan menghadirkan robot pintar Kuri. Fungsi utamanya tak lain sebagai asisten pribadi untuk rumah tangga. Singkatnya, Kuri ibarat Google Assistant atau Siri yang punya wujud nyata.

Kuri_Speaks_Robot

Ia dilengkapi empat buah mikrofon serta speaker agar dapat mendengar dan merespon panggilan dari pemiliknya. Di bagian belakangnya tersemat kamera beresolusi HD. Sementara untuk bergerak, Kuri dibekali tiga buah roda sehingga ia dapat bermanuver dengan baik.

Aristotle

Jika Lynx adalah Alexa dalam bentuk robot, maka Aristotle ada Alexa “versi” anak-anak. Beberapa fungsi pada produk ini memang lebih berguna untuk keperluan pengasuhan anak. Layaknya Alexa, Aristotle adalah asisten pintar digital yang dapat difungsikan melalui sensor perintah suara. Ia dapat menjawab berbagai pertanyaan yang Anda layangkan, juga dapat memberitahu jika stok popok bayi telah menipis.

aristotle

Alat ini tentu tidak hanya bisa digunakan oleh orangtua. Anak-anak pun dapat menggunakannya. Terdapat kemampuan untuk memberikan “hadiah” kepada anak seiring kemampuan deteksi robot ini akan pertumbuhan diri yang terjadi pada sang anak. Hadiah-hadiah itu meliputi cerita-cerita anak, permainan, dan bahan pelajaran.

Simak di sini untuk teknologi lain untuk keamanan anak di dalam rumah 

Aristotle tentu belum akan berperan layaknya “guru les” atau pengasuh anak, namun akan memudahkan pekerjaan orangtua dalam membesarkan buah hatinya. Alat ini dijadwalkan sudah akan mulai dipasarkan pada pertengahan 2017 dengan harga dikisaran Rp4 juta. Harga yang relatif masuk akal, bahkan hanya seharga smartphone terbaru idaman, untuk sebuah robot yang dapat membantu perkembangan anak.

Dengan berbagai jenis robot rumah tangga ini, kehidupan di dalam rumah rasanya akan lebih nyaman dan menyenangkan. Tertarik untuk mempunyai salah satunya di dalam rumah Anda?

 

0 comments