NOW READING

Ringgo Agus Rahman dan Perannya Sebagai “Ayah Digital”

 844
+
 844

Ringgo Agus Rahman dan Perannya Sebagai “Ayah Digital”

by The Daily Oktagon
  • Ringgo Agus banyak mendapatkan informasi tentang dunia persalinan dan bayi lewat internet
  • Ia pun tak segan untuk banyak melibatkan teknologi digital untuk tumbuh kembang anaknya nanti, termasuk dalam urusan pendidikan.
  • Ringgo ingin memperkenalkan kamera sebagai gadget pertama yang dikenal oleh anaknya nanti sebelum memperkenalkan smartphone.

Aktor dan juga komedian Ringgo Agus Rahman baru saja dikaruniai seorang putra yang lahir pada tahun ini. Sebagai seorang ayah baru, ia tahu betul bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk memasuki babak baru dalam hidupnya ini.

Kesibukannya belakangan ini pun diisi dengan mengurus anaknya dan melihatnya tumbuh besar, meskipun ia juga baru saja menyelesaikan syuting film terbarunya. Ingin tahu bagaimana Ringgo melibatkan teknologi digital dalam tumbuh kembang si anak dan menjadi seorang ayah millenial? Simak wawancaranya dengan The Daily Oktagon.

Lagi sibuk apa belakangan ini?

Saya lagi sibuk di rumah saja ngurusin anak dan melihat dia sampai besar. Terus juga saya baru saja merampungkan pekerjaan film kebetulan.

Sebagai seseorang yang baru saja menjadi ayah, sejauh mana teknologi digital membantu Anda mempersiapkan diri untuk menjadi seorang ayah?

Jujur sangat membantu saya dan membuatnya semuanya menjadi lebih sederhana. Saya mencari info tentang bayi sangat bergantung dari internet. Jadi saya bisa mempersiapkan segala sesuatunya lewat internet sebelum kemudian bertanya-tanya kepada mereka yang lebih berpengalaman.

Lalu bagaimana cara Anda melibatkan teknologi digital dalam pertumbuhan anak?

(Dok. Ringgo Agus Rahman)

Dari mulai anak saya lahir saya yang kurang pengalaman ini selalu tidak lepas dari smartphone untuk browsing dan komunikasi. Dan saya juga selalu menggunakan kamera yang saya pakai untuk mendokumentasikan dia dari mulai lahir sampai besar nanti. Kebetulan saya dan istri punya kamera masing-masing jadi kita pasti tidak akan melewatkan momen begitu saja.

Mantan penyiar Andira Pramanta juga lekat dengan gaya hidup digital. Simak kisahnya di sini

Gadget apa yang rencananya akan Anda perkenalkan kepada anak nantinya?

Saya sebagai orangtuanya sih inginnya kamera, bisa kamera pocket yang sangat sederhana buat dia pegang. Saya inginnya sebelum dia kenal handphone, dia lebih dulu kenal sama kamera.

Apakah Anda juga akan menerapkan batasan penggunaan gadget kepada anak nantinya?

Kemungkinan sih ada, penggunaan smartphone atau pun komputer atau televisi sekalipun pasti saya berikan batasan dan diperlukan pendampingan. Saya inginnya dalam satu hari dia harus ada kegiatan di luar. Gadget kalau cuman buat main tidak boleh sering-sering. Hehehe.

Sejauh apa Anda akan melibatkan gadget dalam dunia pendidikan anak Anda?

Sepertinya saya akan sering melibatkan gadget ya karena dibandingkan zaman saya dulu untuk pendidikan jauh sekali jika dibandingkan dengan sekarang. Dulu belajar hanya bisa di sekolah atau lembaga-lembaga lain yang berkaitan dengan pendidikan, tapi sekarang untuk belajar kamera atau musik bisa didapatkan melalui video tutorial yang bisa kita cari.

(Dok. Ringgo Agus Rahman)

Tentunya pendampingan tetap diperlukan agar anak memakai teknologi tersebut secara bijak. Saya ingin anak saya memiliki banyak kemampuan yang bisa dia pelajari dari video-video tutorial itu. Bisa motret, ambil video, memainkan segala macam jenis alat musik. Keren dia kalau bisa begitu.

Simak ulasan EOS M6, kamera mirrorless terbaru Canon di sini

Lalu bagaimana Anda melihat perkembangan teknologi digital saat ini dalam mendukung pekerjaan Anda sebagai aktor?

Wah gila, perkembangan teknologi sangatlah pesat. Dulu saya pernah syuting masih memakai kamera seluloid (media rekam menggunakan pita film) yang sangat berbeda kondisinya dengan kamera digital sekarang. Dulu buat syuting sewa kamera itu sangat mahal apalagi membelinya.

Makanya saya bersyukur perkembangan teknologi sekarang bisa membuat semuanya terjangkau dan canggih. Bahkan sekarang sudah berada di tahapan saat semua orang sangat mungkin memiliki kamera masing-masing dengan kualitas yang bagus untuk membuat video yang sangat mumpuni.

Gadget-gadget apa sajakah yang Anda gunakan untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari?

Saya selalu mengandalkan Samsung Galaxy S8 dan selalu membawa kamera foto dan video. Sementara itu gadget lainnya seperti headphones, bluetooth speaker, atau speaker portable saya gunakan sekali untuk mendengarkan musik bareng-bareng terutama saat saya bekerja. Gadget-gadget inilah yang selalu saya bawa.

Kenapa Anda memilih gadget-gadget tersebut?

Saya selalu suka sama gadget canggih, seperti si Samsung itu. Sebelum diluncurkan saya sudah banyak lihat ulasannya dari banyak video tentang smartphone yang bentuknya menurut saya paling seksi ini. Saya sebelumnya kecewa dengan smartphone yang terdahulu karena baterainya mudah drop.

Untuk kamera saya bawa selalu kebanyakan buat memfoto anak sih selain hobi juga walaupun hasilnya tidak ada yang cihuy. Speaker portable saya gunakan untuk mencairkan suasana terutama saat berada di lokasi pekerjaan, biar tidak egois saja mendengarkan musik sendiri-sendiri.

Seberapa terikatkah Anda terhadap gadget-gadget tersebut?

Sangat terikat sih, terutama untuk gadget-gadget tersebut. Mereka selalu saya bawa kemana-mana setiap hari dan kalau ada yang hilang harus beli sesegera mungkin. Gantinya bisa dengan yang sama atau kalau bisa lebih canggih selama budget masih ada.

Kalau Anda mengaku suami modern, simak ulasan aplikasi wajib yang harus dipasang ini

Apa saat ini Anda memiliki gadget yang sedang diincar?

Ada! Saat ini saya sedang mencari Metabones Speed Booster XL 0.64x. Saya sudah cari di mana-mana bahkan nitip teman juga tidak dapat. Sumpah penasaran, kalau ada yang mau jual boleh saya mau beli.

Terakhir, apa arti media sosial untuk Anda?

Buat saya sebagai cerminan ekspresi diri. Dulu mungkin untuk mengetahui karakter seseorang bisa dilihat dari cara berpakaian atau jenis musik yang dia dengarkan tapi zaman sekarang cukup dengan melihat akun media sosial orang tersebut untuk tahu karakternya. Hahaha.

Nah, sepertinya Ringgo Agus tengah mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang ayah yang modern dengan menerapkan teknologi digital dalam kehidupan keluarga kecilnya ini. Apakah Anda juga ingin menerapkan cara yang sama untuk keluarga Anda?

0 comments