NOW READING

Revolusi Xiaomi, dari Smartphone Merambah ke Smarthome

 2360
+
 2360

Revolusi Xiaomi, dari Smartphone Merambah ke Smarthome

by The Daily Oktagon

Dari smartphone merangsek ke industri smarthome. Seakan tidak ada puasnya, namun begitulah yang terjadi pada perusahaan teknologi asal Tiongkok: Xiaomi. Hasrat untuk menjadi perusahaan skala multinasional memang sudah terlihat sejak awal mereka berdiri, ketika mereka merekrut beberapa orang penting dari perusahaan ternama dunia, salah satunya Hugo Barra dari Google.

Kini, setelah menuai sukses di bisnis smartphone, Xiaomi mencoba peruntungannya di ranah smarthome. Apa saja produk-produk unggulan Xiaomi di segmen satu ini?

Selain smartphone dan smarthome simak juga ulasan tentang action cam Xiaomi ini

Mi TV

Lini produk smarthome paling dikenal dari Xiaomi adalah televisi. Bukan sembarang TV, yang Xiaomi ciptakan dan pasarkan adalah smart TV dengan panel LED. Produk smart TV terbaru Xiaomi memiliki ukuran layar 47 inci dengan teknologi 3D. Xiaomi mengklaim bahwa mereka menggunakan panel TV terbaik dari dua raksasa Korea, LG dan Samsung.

smarthome xiaomi tv

Menariknya, Mi TV berukuran 47 inci ini memiliki built-in Mi Box berbasis Android. Dengan kata lain, smart TV ini dibekali prosesor dan sistem operasi layaknya sebuah smartphone. Adapun spesifikasi yang dibawanya meliputi prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 600 1,7 GHz, RAM 2 GB, storage 8 GB, plus GPU Adreno 320.

Namun untuk sistem operasinya, bukan Android yang dipilih, melainkan OS besutan Xiaomi sendiri yang dinamakan MIUI TV. Meski tidak sebanyak Android, aplikasi dan game yang ditawarkan Xiaomi melalui MIUI TV lumayan memadai, termasuk adanya fungsi radio. Sebagai pemain yang terbilang baru di industri TV, apa yang ditawarkan Xiaomi melalui Mi TV memang cukup menggiurkan. Di balik segala kelebihan pada Mi TV, mungkin hanya satu hal yang mengganjal, yaitu resolusinya yang masih full HD, bukan 4K.

Water dan Air Purifier

Rumah pintar mungkin terasa kurang lengkap jika tidak bisa membuat penghuninya merasa nyaman. Atas dasar itulah Xiaomi juga menciptakan produk water dan air purifier. Belum banyak yang bisa diulas dari kedua jenis perangkat ini; yang jelas, sesuai dengan namanya, water dan air purifier besutan Xiaomi ini berfungsi untuk mensterilkan udara dan air yang Anda nikmati di rumah.

smarthome xiaomi air purifier

Adapun terobosan yang ditawarkan Xiaomi adalah integrasi dengan smartphone melalui aplikasi khusus yang mereka sediakan. Jadi, Anda bisa mengontrol water dan air purifier langsung dari smartphone agar lebih praktis. Bahkan ketika Anda sedang berada di luar rumah, Anda tetap bisa mengetahui kondisi udara dan air minum di rumah dan mengontrolnya dari jarak jauh.

Baca juga ulasan tentang masa depan smarthome berikut ini

Rice Cooker

Pada 6 April 2016 lalu, Xiaomi memasarkan jajaran produk smarthome terbarunya yang tak lain adalah sebuah rice cooker. Xiaomi mendesain rice cooker buatannya dengan simpel dan elegan dengan balutan warna putih; warna yang memang sering digunakan untuk perabot rumah tangga. Adapun bahan utama yang digunakan adalah teflon.

smarthome xiaomi rice cooker

Sama seperti air purifier buatannya, rice cooker milik Xiaomi pun bisa dikontrol melalui smartphone yang sudah ter-install aplikasi khusus dari Xiaomi. Selain memasak nasi, rice cooker ini bisa digunakan untuk mencari tahu jenis beragam jenis beras. Xiaomi mengklaim memiliki database sekitar 200 jenis beras yang ada di dunia saat ini.

Yeelight Smart LED

Melengkapi koleksi rangkaian perangkat smarthome miliknya, Xiaomi tidak lupa turut menciptakan smart LED Yeelight. Benda kecil dengan fungsi penting sebagai alat penerang ini diklaim dapat bertahan hingga sebelas tahun pemakaian. Sementara itu, daya yang dibutuhkan sangat kecil, hanya 8 watt. Menariknya, Yeelight juga memiliki teknologi pelindung panas dan petir.

smarthome xiaomi yeeligh

Lagi-lagi, Xiaomi Yeelight juga bisa dikendalikan melalui aplikasi yang ter-install di smartphone; elemen yang bisa Anda atur melalui aplikasi ini adalah tingkat kecerahan lampu. Seringkali kita membutuhkan tingkat kecerahan lampu yang berbeda untuk kegiatan yang berbeda, misalkan saat menonton, membaca, atau tidur. Hal inilah yang ditawarkan oleh Yeelight dimana lampu biasa mustahil untuk melakukannya.

Simak pula ulasan tentang persaingan produk smarthome di 2016. Mana yang terbaik?

0 comments