NOW READING

Review Vivo V9 – Desain Elegan, Fitur Kamera Mengagumkan

 1982
+
 1982

Review Vivo V9 – Desain Elegan, Fitur Kamera Mengagumkan

by The Daily Oktagon

Vivo V9 akhirnya resmi mendarat di Indonesia, melalui sebuah peluncuran yang megah yang berlokasi di Candi Borobudur beberapa waktu lalu. Bahkan acara peluncuran smartphone terbaru  Vivo ini disiarkan secara live oleh 12 stasiun TV secara berbarengan. Hal ini menjadi salah satu cara Vivo untuk menunjukkan ‘kemegahan’  smartphone Vivo V9.

Sebenarnya seperti apa kehebatan smartphone Vivo V9 ? Untuk mengetahuinya, berikut ulasan review lengkap smartphone terbaru Vivo ini :

Baca juga : Dapat Diskon Besar dan Harga Makin Murah, Vivo Y69 Punya Fitur Unggulan Ini !

Desain Mewah

Harus diakui, kesan mewah langsung terasa ketika melihat smartphone ini. Diantaranya dari sisi depannya, tampilannya mirip sekali dengan iPhone X. Yaitu memiliki layar luas yang hampir menutupi seluruh sisi depan. Kehadiran bagian notch atau ‘poni’ di sisi atas layar, juga membuat Vivo V9 mirip dengan iPhone X.

Layar luas ini pun hanya menyisakan sedikit bezel baik di sisi kiri dan kanan layar maupun di bagian atas bawah. Dengan bezel di bagian atas hanya 1.85mm dan bezel samping hanya 1,75 mm, serta 5.99mm di sepanjang bagian bawah. Desain ini disebut dengan bezel-less.

Kesan mewah juga terasa dari bodinya yang berbalut bahan glossy. Ditambah akses garis warna gold (untuk Vivo V9 berwarna hitam) yang yang menghiasi bagian layar, sensor fingerprint dan tulisan Vivo di bagian belakang bodi.

Tidak hanya mewah, Vivo V9 juga nyaman digenggam. Ini karena desain bodi di sekelilingnya dibentuk dengan kontur membulat. Terlebih lagi dimensinya juga terasa cukup tipis saat digenggam. Begitu pula dengan bobotnya yang terbilang cukup ringan.

Bodi Vivo V9 ‘dihiasi’ tombol power dan volume di sisi kanan. Sedangkan di sisi kiri terdapat tempat slot yang berisi tiga slot untuk 2 nano SIM card dan 1 microSD. Dan di bagian bawah bodi diletakkan port charging jenis micro USB, lubang audio 3,5 mm, speaker, dan mikrofon.

Layar FullViewTM Display 

Layar luas di Vivo V9 dinamakan dengan layar FullViewTM . Layar ini memiliki ukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+ (2280 x 1080 pixels). Selain itu juga memiliki ukuran aspect ratio 19:9 dan Screen-to-Body Ratio yang mencapai 90%.

Dengan kemampuan layar ini Vivo V9 bisa diandalkan untuk menikmati pengalaman visual yang jauh lebih nyaman dan lebih puas. Karena tampilan konten layar akan terlihat lebih tajam sekaligus lebih luas.  Baik itu untuk menonton video, melihat foto, bermain games, live streaming  dan lainya.

Yang menarik, meski layarnya lebih luas, namun ukuran dimensi bodinya tidak berubah. Anda tetap bisa menikmati layar luas 6,3 inci, namun ukuran bodi Vivo V9 tetap terasa seperti smartphone berukuran layar 5,5 inci.

 

Dual Camera

Vivo V9 sudah dilengkapi dengan dual camera di bodi belakang plus lampu LED Flash. Kamera ganda ini memiliki resolusi sebesar 13 MPix + 2 Mpix. Dual camera ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas fotografi. Seperti HDR (High Dynamic Raange), Panorama, Face Beauty , Ultra HD dan Doc. Ada juga fasilitas Profesional yang membuat pengguna  bisa mengatur sendiri berbagai penyetingan fotografi, seperti brightness, ISO, White Balance, Autofocus dan lainnya. Ini cocok bagi para fotografer profesional.

Tidak ketinggalan, dual camera ini juga bisa menghasikan foto bokeh layaknya kamera DSLR. Hebatya lagi dual camera ini mampu memaksimalkan algoritma AI Bokeh berdasarkan machine learning. Sehingga dual kamera ini dapat mencapai tingkat presisi yang tinggi dalam mengidentifikasi objek foto, serta memastikan fokus untuk setiap foto yang diambil. Anda bahkan bisa memotret lebih dahulu, lalu mengatur titik fokus setelahnya.

Kamera ini juga bisa mengambil video slow motion. Untuk kemampuan merekam videonya, dual camera ini bisa menghasilkan rekaman video hingga resolusi HD (1080p). Menariknya, dua lensa kamera di Vivo V9  memilki desain mirip dengan iPhone X, yaitu dengan posisi sejajar vertikal dengan list oval.

Kamer Selfie 2,4 MPix

Kamera selfie atau kamera depan menjadi fitur lain yang dijagokan smartphone Vivo ini. kamera selfie ini memiliki resolusi 24 Mpix, yang merupakan kamera selfie pada smartphone tertinggi untuk saat ini. Hebatnya lagi, kamera selfie ini sudah didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) Face Beauty.

Dengan teknologi AI Face Beauty terbaru ini kamera selfie Vivo V9 mampu menghasilkan foto yang jernih, tajam sekaligus natural. Ini karena teknologi AI Face Beauty mampu mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur wajah pengguna, serta lingkungan pencahayaan di sekitarnya. Dari situ kamera mampu mengidentifikasi tangkapan kamera dengan menyesuaikan pada wajah pengguna, dan hasilnya sebuah foto selfie yang lebih natural.

Teknologi AI Face Beauty ini memiliki database hampir 1 juta selfie dari seluruh dunia dan telah digunakan untuk melatih algoritma AI. Ini yang memungkinkan AI Face Beauty untuk menyesuaikan dan menerapkan algoritma yang ideal untuk foto yang lebih sempurna. Seiring dengan penggunaan kamera, teknologi AI ini juga akan mempelajari preferensi pengaturan secara otomatis, sehingga bisa menghasilkan foto yang natural.

Selain itu, fitur AI Selfie Lighting terbaru juga memungkinkan pengguna menghasilkan foto yang tajam di berbagai kondisi tanpa perlu pengaturan yang rumit. Algoritma pada teknologi AI di Vivo V9 mampu mengubah profil wajah dalam foto 2D asli, menjadi model 3D untuk memproses aksen cahaya secara lebih sempurna. Selain itu, juga ada fitur AR Sticker yang menyediakan berbagai pilihan stiker, sehingga foto selfie akan semakin menarik dan atraktif.

 

Performa

Untuk menunjang performanya, Vivo V9 didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core. Selain itu juga disokong RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Untuk memperluas kapasitas penyimpanan, juga disediakan slot MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 256 GB. Secara umum smartphone ini bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar, termasuk saat sedang melakukan multitasking.

Performa smartphone ini juga dipengaruhi oleh OS Andorid terbaru 8.1 yang di adopsinya. OS Android ini dikombinasikan dengan FunTouch OS 4.0, yang mampu meningkatkan daya tahan baterai, meningkatkan keamanan dan kecepatan pengoperasian, memberikan pengalaman yang lebih cepat dan aman.

Untuk daya tahan hidupnya, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3.260 mAh. Sayangnya, Vivo tidak menyediakan fitur fast charging untuk pengisian daya cepat.

 

Fitur Keamanan

Vivo V9 sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga tidak sembarangan orang bisa mengakses smartphone ini. Vivo V9 dibekali dengan fitur AI Face Access 2.0 yang merupakan sistem pengenalan wajah (face recognition) yang salah satunya berfungsi untuk membuka kunci layar smartphone ini. Fitur ini melengkapi fingerprint sensor yang juga sudah ada di smartphone ini.

Fitur AI Face Access terbaru di Vivo V9 mampu memindai karakteristik wajah pengguna, lalu membuka ponsel dalam waktu sangat singkat. Fitur ini juga mendeteksi pantulan cahaya pada wajah dan gerakan wajah, untuk mencegah pembukaan ponsel dengan foto atau video.

Selain itu Face Access with App-Lock juga dapat mengunci aplikasi tertentu yang terinstall pada smartphone, dimana hanya dapat dibuka dengan pemindaian wajah.

Baca juga : Vivo Y53, Smartphone Murah Masuk Dikelas menengah

Game Mode

Mengakomodir kebutuhan penggunaan smartphone saat ini, dimana mulai banyak yang menggunakan untuk bermain game, Vivo V9 juga menyediakan fitur Game Mode.

Saat Game Mode diaktifkan, Anda bisa bebas bermain game tanpa ada gangguan. Karena fitur ini akan menonaktifkan notifikasi, pesan dan panggilan yang masuk. Namun Anda juga bisa mengaturnya untuk menampilkan panggilan telepon dari kontak tertentu saja. Anda dapat memilih untuk menjawab, menolak, atau mengabaikan panggilan saat bermain game. Selain itu juga ada fitur Game picture-in-picture. Dengan fitur ini Anda dapat tetap dapat menerima pesan masuk tanpa menghentikan game yang sedang dimainkan.

Dapatkan promo menarik pembelian Vivo V9 di sini

0 comments