NOW READING

Review Laptop Asus VivoBook Ultra A412 – Ukuran Paling Kecil Banyak Pilihan Warna

 335
+
 335

Review Laptop Asus VivoBook Ultra A412 – Ukuran Paling Kecil Banyak Pilihan Warna

by The Daily Oktagon

Asus kembali meluncurkan laptop terbarunya dari seri Vivobook. Kali ini giliran laptop  Asus VivoBook Ultra A412. Laptop Asus terbaru ini mencoba memikat sejak dari desain luarnya. Ini terlihat dari tampilan bodinya yang tersedia dalam beberapa pilihan warna. Selain itu bodi laptop Asus VivoBook Ultra A412 yang berukuran mungil, menjadi salah satu daya tarik laptop Asus terbaru ini.

Laptop Terkecil

Asus mengklaim seri VivoBook Ultra A412 juga menyandang gelar sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook dengan layar 14 inci paling berwarna dan paling kecil di dunia. Ini karena dimensi bodi yang diusung laptop Asus terbaru ini memiliki dimensi berukuran panjang 32cm dan lebar 21cm sehingga sekilas terlihat seperti ultrabook yang mengusung layer 13 inci.

Ukuran laptop Asus VivoBook Ultra A412 yang diklaim paling kecil ini tidak lepas dari rancangan yang menggunakan fitur NanoEdge Display. Ini adalah teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Berkat bezel yang tipis, dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen.

Laptop Asus VivoBook Ultra A412 okt (5)

Desain ErgoLift

Laptop Asus VivoBook Ultra A412 pun mengusung desain ergolift yang sudah diterapkan di beberapa laptop Asus sebelumnya. Hal ini membuat laptop Asus terbaru ini memiliki bentuk yang berbeda dari laptop biasanya.. Desain ergolift ini memungkinkan bodi bagian bawah laptop ini akan terangkat dan membentuk sudut 3,5 inci ketika bagian layarnya dibuka. Ketika dalam posisi ini membuat lebih nyaman saat mengetik.

Selain itu, kelebihan lain dari desain ErgoLift yaitu dapat membuat sistem pendinginan berjalan lebih lebih optimal. Ini berkat adanya ruang di bawah bodi yang terangkat. ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Saat ultrabook ini digunakan, bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal.

Baca juga : Laptop Asus ZenBook Pro 15 UX580 , Pertama Dengan Fitur Dua Layar

Secara keseluruhan, desain ErgoLift akan meningkatkan pengalaman penggunaan serta menjamin performa yang lebih stabil. Laptop ini juga didesain dengan tampilan yang stylish agar menjadi daya tarik tersendiri, yaitu dalam beberapa pilihan warna. Laptop Asus VivoBook Ultra A412 hadir dalam empat pilihan warna, Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue dan Coral Crush (merah).

Dengan kombinasi warna ini memang membuat seri laptop ini tampil berbeda dibandingkan laptop lain warnanya biasanya monoton. Sekaligus menegaskan kalau Asus VivoBook Ultra A412 ini mampu merepresentasikan jiwa muda yang kreatif dan dinamis. Ditambah lagi bodi laptop ini terbilang ringan. Bobotnya hanya 1,5 kg. Ini membuatnya lebih nyaman dan mudah untuk dibawa bepergian.

Layar Bezel Tipis

Sudah disebutkan sebelumnya Asus VivoBook Ultra A412 dilengkapi dengan NanoEdge Display. Fitur ini memungkinkan layar pada Asus VivoBook memiliki bezel yang sangat tipis yang terdapat di bagian atas dan samping kanan kiri layar. Ini membuat tampilan layar terlihat lebih lega dibandingkan laptop lainnya.

Teknologi eksklusif yang membuat bezel pada layar VivoBook Ultra A412 tampil dengan ukuran hanya 5,7mm. Berkat bezel yang tipis, dimensi bodi VivoBook Ultra A412 secara keseluruhan dapat diperkecil serta dapat menghadirkan screen-to-body ratio hingga 83 persen terhadap bodinya. Apalagi juga ditunjang dengan sudut pandang layar yang lebar, yaitu hingga 178°. Itu semua membuat laptop ini nyaman saat digunakan bekerja atau untuk menikmati konten multimedia.

Kekuatan layar di laptop Asus ini mengusung LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight. Ketajaman layarnya disokong resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menampilkan warna yang cemerlang dan tajam. Apalagi juga sudah dilengkapi fitur Asus EyeCare protection agar mata tak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu lama. Serta sudah dilapisi Anti-Glare.

laptop Asus VivoBook Ultra A412

Performa Kencang

Disamping memiliki tampilan desain yang stylish dan desain inovatif, laptop ini tidak lantas mengesampingkan performanya. Ini dibuktikan dengan spesifikasi yang diusung agar performanya bisa berlari dengan kencang.

Untuk performanya, VivoBook Ultra A412 hadir dengan kombinasi hardware terkini yang menghasilkan performa powerful. Ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-8, VivoBook Ultra A412 merupakan salah satu ultrabook mungil yang paling gesit yang ada saat ini. Varian tertingginya yang menggunakan Intel Core i7-8565U mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread.

Baca juga : ASUS Perkenalkan Laptop Gaming RTX Tertipis di Dunia

Soal grafis, beberapa varian VivoBook Ultra A412 ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM sebesar 2GB. Performa grafis ini mengalami peningkatan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Chipset grafis ini mampu menangani tugas berat seperti video editing, photo editing, bahkan bermain game casual bisa dikerjakan dengan lancar. Ditemani oleh RAM DDR4 serta penyimpanan menggunakan M.2 SSD, VivoBook Ultra A412 mampu tampil lebih kencang. Ini dapat memastikan aplikasi dapat berjalan lebih kencang dan tidak memiliki waktu loading yang lama.

Konektivitas

Soal kelengkapan konektivitasnya, Asus VivoBook Ultra A412 hadir dengan beragam port, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, HDMI dan audio port. Semua itu tampil agar penggunanya dapat mengkoneksikan berbagai macam perangkat dan aksesoris tambahan.

Sebagai ultrabook ringkas yang mengedepankan mobilitas, VivoBook Ultra A412 juga dilengkapi dengan opsi konektivitas nirkabel. Koneksi WiFi dual-band 802.11ac (2×2) membuat ultrabook ini tetap dapat terkoneksi dengan internet. Sementara Bluetooth 4.2 membuat berbagai aksesoris nirkabel dapat terhubung secara leluasa.

Laptop Asus VivoBook Ultra A412 okt (6)

Dilengkapi Fingerprint

Asus mendesain tombol keyboard dengan tactile, sehingga setiap pengguna dapat mengetik dengan empuk, dan tidak perlu takut salah dalam mengetik. Ditambah lagi keyboard ini sudah dilengkapi dengan LED backlight yang memungkinkan penggunaan dalam kondisi gelap.

Pada bagian touchpad dirancang dengan area yang terbilang luas. Selain memiliki kinerja yang responsif, touchpad ini juga nyaman digunakan dalam mengendalikan kursor. Yang lebih canggih, Asus juga menyematkan sensor sidik jari pada sisi area kanan atas bagian bodi keyboard . Sensor sidik jari ini bisa diandalkan untuk fitur keamanan laptop ini. Selain itu juga untuk memudahkan dalam membuka kunci layar.

Fingerprint yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello. Integrasi tersebut memungkinkan pengguna untuk login dan masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 tanpa harus mengetikkan password. Selain mempermudah, fitur ini juga membuat VivoBook Ultra A412 menjadi lebih aman.

0 comments