NOW READING

Review Asus Zenfone Max Pro (M1) Versi 4/64 GB, Main Game Tambah Lancar

 1307
+
 1307

Review Asus Zenfone Max Pro (M1) Versi 4/64 GB, Main Game Tambah Lancar

by The Daily Oktagon

Asus menghadirkan varian terbaru dari seri smartphone  Asus Zenfone Max Pro (M1). Smartphone yang sudah diluncurkan sekitar 4 bulan lalu itu, kini tersedia dalam versi kapasitas RAM dan memori internal yang lebih besar. Yup! Sekarang Asus Zenfone Max Pro (M1) hadir dalam varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Asus Zenfone Max Pro merupakan smartphone yang dijagokan Asus untuk bermain game, termasuk game online yang saat ini sedang menjadi tren.

Kinerja Tambah Lancar

Sebelumnya smartphone ini dibekali RAM 3 GB dan memori internal berkapasitas 32 GB. Nah, dengan kapasitas RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, tentu membuat kinerja Asus Zenfone Max Pro (M1) semakin lancar, termasuk untuk bermain game.

Ini juga tidak lepas dari dukungan prosesor yang digunakan pada dapur pacunya. Asus Zenfone Max Pro (M1) disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 636 14 nm Octa-core. Snapdragon 636 menggunakan mikroarsitektur Kyro 260 terbaru yang biasanya digunakan pada Snapdragon seri 800.

Prosesor terbaru ini memiliki beberapa keunggulan. Snapdragon 636 diklaim memiliki performa 50-100 persen lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625.  Prosesor Snapdragon 636 juga memberikan 40 persen peningkatan performa dan 10 persen peningkatan performa untuk gaming dan browsing dibandingkan Snapdragon 630.

Baca juga : Unggulkan Teknologi AR dan VR, Ini 8 Kelebihan Asus Zenfone Ares

Kinerja smartphone Asus terbaru ini bisa berjalan lebih mulus, karena juga didukung prosesor grafis GPU Adreno 509. Selain itu smartphone ini sudah mengadopsi sistem operasi Pure Android 8.1 Oreo. Dengan menggunakan sistem operasi pure Android tanpa adanya custom ROM Android atau Android yang sudah dimodifikasi oleh vendor, membuat aktifitas di smartpone ini bisa berjalan lebih ringan.

Ini berbeda dengan smartphone saat ini yang mengadopsi sistem Android yang sudah dimodifikasi. Seperti ditambahkan sistem user interface (UI) buatan sendiri. Itu malah membuat kerja Android lebih berat.

Dengan mengadopsi Pure Android yang membuat sistem bekerja semakin ringan, tentu membuat kinerja smartphone ini secara keseluruhan bisa bekerja lebih cepat lagi. Termasuk saat dicoba bermain beberapa game online yang lagi ngehits belakangan ini. Ketika dicoba bermain game Mobile Legends , AOV atau PUBG di Asus Zenfone Max Pro (M1) versi terbaru ini, game-game tersebut bisa dimainkan dengan sangat mulus tanpa nge-lag.

Baterai Tahan Lama

Hadir sebagai smartphone Asus seri ‘Max’, Asus Zenfone Max Pro (M1) varian terbaru ini juga mengunggulkan kemampaun baterainya yang tahan lama. Dan ini cukup beralasan, karena smartphone Asus yang satu ini sudah dibekali baterai berkapasitas besar yaitu 5.000 mAh.

Ketika mencoba menggunakan smartphone ini untuk pemakaian normal, mulai dari keadaan baterai terisi penuh, smartphone ini sanggup bertahan kurang lebih sehari semalam penuh hingga baterai terkuras habis.

Waktu Asus Zenfone Max Pro (M1) dicoba bermain game PUBG selama kurang lebih selama setengah jam, baterai Zenfone Max Pro berkurang sekitar 7%. Sedangkan Asus sendiri mengklaim smartphone ini sanggup bertahan kurang lebih 12 jam kalau digunakan untuk bermain game. Sedangkan kalau digunakan untuk menonton video, diklaim bisa bertahan selama 20 jam.

Layar Luas Bodi Ramping

Faktor lain yang mendukung Asus Zenfone Max Pro (M1) bisa diandalkan untuk bermain game, yaitu layarnya yang berukuran terbilang luas. Smartphone ini mengusung layar berukuran 6 inci. Layar ini memiliki aspect ratio 18 : 9. Sehingga game yang memiliki aspect ratio yang sama bisa tampil di layar secara penuh.

Apalagi tampilan layarnya terbilang tajam, dengan teknologi layar IPS berresolusi Full HD+ (2160 x 1080 pixels) dan 1500 : 1 Contrast Ratio. Juga didukung prosesor grafis GPU Adreno 509 yang membuat tampilan grafis game tidak akan nge-lag, meski memainkan game bergrafis berat.

Baca juga : Ini 4 Fitur Asus Zenfone Max Plus (M1) Yang Paling Maximal

Kenyamanan bermain game di smartphone ini juga karena bodinya yang ergonomis dan dimensinya yang ramping. Sehingga nyaman saat dipegang. Bodinya menggunakan bahan metal aluminium yang kokoh.

Bodi Asus Zenfone Max Pro (M1) mengusung desain unibodi, dimana baterainya  menyatu dengan bodi. Pada bodinya terdapat slot simcard dan memori eksternal di samping kiri. Slot ini terdiri dari 2 slot simcard 1 dan simcard 2 dan 1 slot lagi untuk kartu MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 2 TB.

Di bodi bawah smartphone ini disematkan lubang jack 3,5 mm untuk audio, port MicroUSB untuk charger dan kabel data, serta lubang speaker. Sedangkan di bodi belakang, selain terdapat dua lensa kamera, juga ada sensor fingerprint.

Dilengkapi Dual Kamera

Asus Zenfone Max Pro dilengkapi dual camera di bodi belakang dengan posisi vertikal. Dual camera ini terdiri masing-masing berresolusi 16 Mpix + 5 Mpix dengan aperture f/2.0.

Kamera ini bisa bekerja melakukan autofocus dengan cepat dan menangkap gambar dengan resposif. Apalagi tangkapan hasil fotonya terlihat memilki warna yang tajam namun tetap natural. Dan tentunya dual camera ini juga bisa memotret foto dengan efek bokeh.

Jika saat memotret menemui berbagai macam kondisi, tinggal aktifkan beberapa fitur pendukung kamera. Diantaranya yaitu Auto, HDR, Portrait, Landscape, Sports, Flower, Backlight, Candlelight, Sunset, Night, Beach, Snow dan Beautify. Untuk kemampuan merekam videonya, dual camera ini bisa menghasilkan video mencapai resolusi 4K UHD (3840 x 2160 pixels).

Untuk kamera depannya, smartphone ini membawa kamera berresolusi 16 Mpix. Kamera depan ini juga bisa memotret foto selfie dengan efek bokeh. Selain itu juga dilengkapi fitur fotografi yang tidak jauh berbeda dengan kamera belakang. Termasuk kamera depan ini bisa merekam video berresolusi full HD.

Selain untuk memotret foto atau merekam video, kamera depan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai fitur Face Recognition atau Face Unlock. Yaitu untuk membuka kunci layar dengan mendeteksi tampilan wajah pengguna.

0 comments