NOW READING

Review Asus Zenfone 5Q, Dilengkapi Dual Kamera Depan-Belakang

 1292
+
 1292

Review Asus Zenfone 5Q, Dilengkapi Dual Kamera Depan-Belakang

by The Daily Oktagon

Setelah sempat diperkenalkan di Indonesia pada akhir April 2018 lalu, akhirnya seri  smartphone Asus terbaru yaitu Asus Zenfone 5Q sudah tersedia di pasaran. Masuk sebagai deretan seri  Asus Zenfone 5, smartphone  Asus  yang satu ini tidak lain adalah Asus Zenfone 5 Lite yang berubah nama menjadi Zenfone 5Q ketika masuk ke pasar Indonesia. Asus Zenfone 5Q dijual seharga Rp3.499.000.

Desainnya yang tampila elegan sudah menjadi daya pikat pertama dari Asus Zenfone 5Q. Ini lantaran bodinya yang berpenampilan mirip kaca, hingga membuat kamu bisa bercermin. Tapi sayangnya bodi dengan bahan ini juga mudah meninggalkan bekas sidik jari ketiga memegangnya.

Di sisi samping kanan bodi smartphone ini terdapat tombol power dan volume. Lalu di sisi samping kiri disematkan slot kartu SIM dan kartu memori, yang harus ditusuk akan slot ini keluar. Pada bagian bodi bawah terdapat port USB untuk charging dan kabel data, didampingi lubang  speaker di kanan dan kirinya. Sedangkan di sisi atas terdapat lubang speaker 3.5mm.

Baca juga : Unggulkan Teknologi AR dan VR, Ini 8 Kelebihan Asus Zenfone Ares

Asus Zenfone 5Q tampil dengan layar berukuran luas, yaitu 6 inci dan memiliki aspek rasio 18:9. Apalagi sudah berpenampilan full view display, maksudnya layar luas ini menutupi hampir sekujur bodi depan dan hanya menyisakan sedikit bezel atau bagian tepi layar. Ketajaman layarnya ini sudah mencapai resolusi Full HD+ (2160×1080). Layar tetap terlihat tajam tidak hanya saat di dalam ruang, tapi juga ketika di luar ruang dan di bawah sinar matahari.

Untuk sisitem operasinya, Hp Asus Zenfone 5Q mengadopsi OS Android 7.1.1 (Nougat). Namun nantinya akan disediakan update ke versi OS 8.0 Oreo nantinya. Sistem operasi ini dipadukan dengan tampilan user interface ZenUI khas Asus.

asus zenfone 5q

‘Dapur Pacu’ Maksimal

Kinerja smartphone Asus terbaru ini bisa berjalan dengan maksimal. Ini tidak lepas dari kekuatan ‘dapur pacu’ di dalamnya. Asus Zenfone 5Q diskong prosesor Qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 630 64-bit Octa-core berkecepatan 2.2 GHz. Ditambah lagi dukungan prosesor grafis GPU (graphic processor unit) ) Adreno 508. Dan tidak ketinggalan juga didukung RAM 4GB

Untuk kebutuhan menyimpan berbagai macam jenis file, disediakan memori internal 64 GB. Jika masih kurang, kapasitas memori masih bisa diperbesar melalui slot microSD card yang dikalim sudah mendukung hingga kapasitas 2TB. Kinerja Asus Zenfone juga tidak lepas dari dukungan baterai berkapasitas 3.300mAh, yang membuat smartphone ini sanggup bertahan seharian penuh.

Untuk kebutuhan akses internet di smartphone ini, disediakan dua lot simcard Dua slot kartu nano SIM card yang ada di Hp ini sudah mendukung 3G/4G. Selain itu, tentu juga disediakan koneksi Wi-Fi (802.11ac dual-band) untuk pilihan akses internet lainnya. Dua slot simcard ini berdampingan dengan slot MicroSD card, jadi total disediakan 3 slot.

Asus Zenfone 5Q juga menyediakan teknologi NFC (Near Field Communication). Teknologi ini berguna untuk koneksi wireless jarak dekat. Misalnya untuk transaksi e-money (electronic money) yang belakangan mulai banyak dilakukan menggunakan smartphone.

Dua Kamera Depan-Belakang

Asus Zenfone 5Q tidak tanggung-tanggung mengunggulkan fitur kameranya. Karena total ada 4 kamera yang tersemat  di smartphone ini. Yaitu dua kamera di bodi belakang dan dua kamera di sisi depan.

Bodi belakang smartphone ini terdapat dua kamera yang masing-masing berresolusi 16 Mpix + 16 Mpix. Kamera ganda ini memiliki aperture f/2.2 dan dilengkapi teknologi autofokus PDAF. Gak hanya itu, dua kamera ini juga mampu menangkap foto dengan jangkauan wide-angle 120° atau bisa dikatakan jangkauan 200% lebih lebar dibandingkan lensa biasa.

Untuk kebutuhan foto selfie, kamera depan di Asus Zenfone 5Q memiliki resolusi yang lebih besar lagi, yaitu 20 Mpix + 20 Mpix. Dual camera ini menggunakan sensor Sony IMX376, dan memiliki aperture f/2.0. Selain itu juga bisa mengambil foto hingga jangkauan wide-angle 120°.

Gak Cuma masalah kekuatan lensa kameranya, Asus juga melengkapi fitur kamera dengan berbagai fasilitas fotografi lengkap. Mulai dari menghasilkan foto bokeh, Pro-mode (untuk para fotografer profesional) dan 10 level mode Beuatification untuk mempercantik foto selfie. Selain itu masih banyak piliha mode fotografi lainnya yang disediakan, seperti action shots, landscapes, super resolution, GIF, panorama dan time lapse. Tidak ketinggalan fitur BeautyLife yang bisa memberikan efek live-beautification dengan saat pengguna melakukan live-streaming video.

Untuk kemampuan merekam video, kamera di Asus Zenfone 5Q bisa merekam video hingga resolusi 4K UHD Video. Apalagi sudah didukung fitur EIS (electronic image stabilization) yang bisa membuat hasil rekaman tetap stabil meski saat merekam dalam keadaan bergerak.

Baca juga : Asus ZenFone Max Pro Pertama Kali Dirilis di Indonesia, Jagokan Kemampuan Gaming

Fingerprint dan Face Unlock

Asus ZenFone 5Q menyediakan fitur keamanan yang cukup lengkap. Yaitu terdiri dari Fingerprint dan Face Unlock. Sensor finerprint terletak di bodi belakang yang sensitifnya terbilang bagus. Saat menempelkan jari ke sensor ini, langsung bereaksi dengan cepat untuk membuka layar yang terkunci. Bahkan sensor Fingerprint ini diklaim Asus hanya butuh 0,3 detik membuka kunci layar sentuh.

Fitur Face-Unlock bisa menggunakan sistem identifikasi wajah pengguna untuk membuka layar yang terkunci. Cukup arahkan wajah ke kamera depan, maka layar yang terkunci akan terbuka. Tapi sebelumnya baik untuk Fingerprint maupun Face Unlock, pengguna harus mendaftarkan sidik jari dan tampilan muka yang ingin digunakan sebagai sistem keamanan tersebut.

0 comments