NOW READING

Review Asus ZenBook UX333FN – Pesaing MacBook Air , Bodi Lebih Ringkas

 962
+
 962

Review Asus ZenBook UX333FN – Pesaing MacBook Air , Bodi Lebih Ringkas

by The Daily Oktagon

Jika kamu menganggap MacBook Air merupakan laptop yang paling ringkas, sepertinya ada pesaingnya kali ini. Yaitu Asus Zenbook UX333FN. Di awal 2019 Asus meluncurkan laptop dengan dimensi bodi yang semakin kecil secara keseluruhan. Dengan demikian laptop akan tampil lebih ringkas dan semakin mudah dibawa bepergian.

Layar Berteknologi NanoEdge

ASUS mulai mengembangkan sebuah teknologi bernama NanoEdge Display. Teknologi tersebut hadir untuk memangkas ukuran bezel pada layar laptop hingga hanya beberapa milimeter saja. Berkat NanoEdge Display, dimensi layar pun bisa dipangkas secara signifikan dan secara otomatis membuat dimensi bodi laptop semakin ringkas secara keseluruhan. Dan ini yang bisa dirasakan pada seri Asus ZenBook UX333FN.

Asus ZenBook UX333FN merupakan salah satu varian ZenBook terbaru yang baru saja dirilis oleh ASUS di Indonesia. Secara ukuran, laptop ini merupakan varian paling kecil di antara dua saudaranya yaitu ZenBook UX433 dan 533 yang masing-masing memiliki ukuran layar 14 serta 15 inci.

Seperti pendahulunya, Asus ZenBook UX333FN merupakan laptop premium yang menyasar pengguna on-the-go. Laptop ini dirancang khusus agar cukup powerful untuk menjalankan berbagai aplikasi penunjang pekerjaan sekaligus dapat digunakan sebagai pusat hiburan. Hal tersebut berkat dukungan hardware-nya dimana laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8 dan chip grafis NVIDIA GeForce.

Baca juga : Asus Luncurkan Laptop Baru ‘VivoBook S330’ di Indonesia

Bezel Layar Tipis

Karena bezel pada layar ZenBook UX333FN sangat tipis, Anda akan seperti menggunakan layar yang lebih lega meski sebenarnya laptop ini menggunakan layar 13 inci. Bezel yang sangat tipis membuat tampilan visual yang disajikan seperti tidak memiliki batas sehingga tampak lebih lega.

Selain memiliki bezel yang sangat tipis layar Asus ZenBook UX333FN juga hadir dengan kualitas visual premium. Layar pada laptop ini menggunakan panel LED dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) dan memiliki sudut pandang lebar hingga 178 derajat, sangat nyaman ketika digunakan untuk menikmati konten hiburan.

Sedangkan untuk menunjang pekerjaan, khususnya untuk mereka yang bekerja di bidang desain grafis profesional, layar ZenBook UX333FN juga sudah cukup mumpuni. Layar yang digunakan di laptop ini memiliki tingkat reproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Bagi desainer grafis dan fotografer yang bekerja menggunakan color space tersebut, ZenBook UX333FN sudah dapat memenuhi kebutuhan mereka.

ASUS ZenBook UX333FN (1)

Bodi Lebih Ringkas dan Kuat

Asus ZenBook UX333FN memiliki dimensi bodi yang sangat rigkas, bahkan diklaim sebagai laptop 13 inci paling ringkas di dunia. Menariknya, laptop ini memiliki bodi dengan ukuran tidak jauh dari kertas A4 sehingga dapat dengan mudah dibawa bepergian, bahkan bisa dimasukkan ke dalam tas berukuran kecil.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ASUS bisa memangkas ukuran bodi ZenBook UX333FN berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi tersebut memungkinkan bezel pada layar laptop ini tampil sangat tipis, yaitu 2,8 milimeter pada bagian sisi, 5,9 milimeter di bagian atas, dan 3,3 milimeter di bagian bawah. Ya, bezel tipis tidak hanya dihadirkan di dua atau tiga sisi saja melainkan di keempat sisi laptop ini.

Bezel layar yang tipis membuat dimensi bodi laptop ini semakin ringkas. Ukuran panjang dan lebar laptop ini hanya 30,2 x 18,9 centimeter, tidak jauh dari kertas A4 yang memiliki ukuran 29,7 x 21 centimeter. Dibandingkan dengan pendahulunya yaitu ZenBook UX331 yang sama-sama menggunakan layar 13 inci, ZenBook UX333FN memiliki bodi 14 persen lebih ringkas.

Asus ZenBook UX333FN memiliki ketebalan bodi 16,9 milimeter atau kurang dari 2 centimeter. Dengan demikian, laptop ini masuk ke dalam kategori ultrabook. Meski bukan yang paling tipis, namun ZenBook UX333FN memiliki keunggulan lain yang ditawarkan. Salah satu keunggulan tersebut adalah bodi yang sangat kokoh dan sudah menerima sertifikasi Military Grade MIL STD-810G. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir ketika membawa laptop ini bepergian terutama ketika disimpan di dalam tas bersama dengan benda lain karena bodinya sudah teruji.

Baca juga : 3 Laptop Gaming Asus ROG dengan GPU NVIDIA GeForce RTX, Resmi Dikenalkan di Awal 2019

Desain Ergolift

ASUS juga memiliki berbagai fitur serta teknologi eksklusif yang dihadirkan di ZenBook UX333FN kali ini salah satunya ada pada desain laptop ini secara keseluruhan. Selain tampil mewah dengan desain spun-metal finish yang khas, ZenBook UX333FN juga hadir dengan bodi yang cukup tipis namun sangat kokoh.

Desain bodi yang digunakan di ZenBook UX333FN juga berbeda dengan laptop pada umumnya. ASUS menghadirkan fitur eksklusif ErgoLift Design di laptop ini. Fitur tersebut membuat bodi ZenBook UX333FN terangkat dan membentuk sudut 3 derajat saat digunakan. Desain unik ini memang tidak sembarangan dihadirkan dan memiliki tiga manfaat utama dalam penggunaan.

Manfaat pertama adalah pendinginan yang lebih baik. Karena bodinya terangkat saat digunakan, ZenBook UX333FN memiliki ruang ekstra di bagian bawah bodinya sehingga membuat sirkulasi udara lebih lancar. Pada akhirnya, pendinginan akan menjadi lebih baik dan komponen di dalam laptop ini dapat bekerja lebih optimal.

Manfaat kedua dari ErgoLift Design adalah peningkatan performa audio. Rongga ekstra yang dihadirkan berkat bodi yang terangkat saat digunakan ternyata juga berpengaruh pada performa audio. Rongga tersebut membuat suara menjadi lebih kencang dan tidak “terpendam” ketika sedang digunakan. Ditambah dengan speaker yang sudah disertai sertifikasi Harman Kardon, performa audio ZenBook UX333FN menjadi dapat tampil sangat baik.

ASUS ZenBook UX333FN (4)

ErgoLift Design ternyata juga membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Mengetik di keyboard dengan posisi miring ternyata lebih nyaman ketimbang di posisi mendatar. Itulah mengapa mengetik di ZenBook UX333FN yang bodinya terangkat dan membentuk sudut 5 derajat akan terasa lebih nyaman. Semua itu berkat ErgoLift Design.

Selain karena ErgoLift Design, keyboard yang dirancang khusus pada ZenBook UX333FN juga membuat mengetik semakin nyaman. Keyboard pada laptop ini sudah dilengkapi dengan LED backlight sehingga Anda masih bisa mengetik dengan nyaman di ruangan gelap. Ini sangat berguna ketika Anda harus mengetik ketika berada di tengah perjalanan malam hari di kondisi gelap atau minim cahaya.

Setiap tombol pada keyboard di laptop ini telah dirancang secara khusus dan memiliki ukuran serta posisi yang tepat untuk mengetik. Bahkan tombol tersebut memiliki jarak key travel yang tepat untuk mengetik, yaitu sejauh 1,4 milimeter. Berkat jarak key travel tersebut, tombol tidak akan terasa terlalu berat tetapi tidak juga terasa terlalu dangkat ketika ditekan.

Menemani keyboard, sebuah touchpad yang bisa digunakan sebagai alat navigasi dan kontrol untuk kursor ketika tidak menggunakan mouse. Yang menarik adalah touchpad pada ZenBook UX333FN berbeda dengan touchpad pada laptop lain. Touchpad di ZenBook UX333FN memiliki fitur unik bernama NumberPad. Fitur ii memungkinkan touchpad “disulap” menjadi numpad yang memang absen di ZenBook UX333FN karena keterbatasan ruang.

Pada ujung touchpad ZenBook UX333FN, terdapat sebuah ikon untuk mengaktifkan fitur NumberPad. Ketika ditekan, lampu LED khusus pada touchpad akan menyala dan memperlihatkan numpad. Fitur ini memungkinkan numpad fisik tampil di touchpad, memudahkan mereka yang terbiasa menggunakan numpad ketika mengetik. Saat fitur NumberPad diaktifkan, Anda masih bisa mengontrol kursor namun fungsi tap akan digantikan menjadi tombol untuk NumberPad.

Hal menarik lainnya dari desain ZenBook UX333FN adalah kameranya. ASUS masih mampu menyematkan kamera pada bagian atas layar laptop meski ukuran bezel-nya hanya 5,9 milimeter atau hanya sekitar setengah centimeter. Ditambah lagi kamera tersebut bukan kamera biasa.

Kamera yang digunakan di ZenBook UX333FN adalah 3D IR HD camera yang mampu memindai wajah secara akurat bahkan dalam kondisi minim cahaya. Tentu saja kamera tersebut sudah terintegrasi dengan sistem Windows Hello yang memungkinkan Anda masuk ke dalam sistem Windows 10 tanpa menggunakan password. Cukup pindai wajah, dan Anda akan bisa masuk ke dalam sistem secara langsung. Karena menggunakan IR Camera, proses pemindaian dapat dilakukan secara sangat cepat.

Baca juga : Laptop Asus ZenBook Pro 15 UX580 , Pertama Dengan Fitur Dua Layar

Konektivitas Lengkap

Target utama pengguna ZenBook UX333FN adalah para profesional yang bekerja secara mobile dan membutuhkan laptop cukup powerful namun sangat portabel. Di samping itu, mereka juga butuh kemudahan dalam hal konektivitas untuk menunjang pekerjaannya. Mungkin itulah alasan kenapa ASUS menghadirkan fitur konektivitas yang lengkap di laptop ini.

ZenBook UX333FN tampil dengan tiga port USB. Dua di antaranya merupakan port USB Type-A sehingga Anda masih bisa menghubungkan berbagai perangkat lama tanpa perlu membeli dongle tambahan. Untuk perangkat modern, ZenBook UX333FN dilengkapi dengan port USB 3.1 Gen 2 Type-C dengan kecepatan transfer data sangat cepat, yaitu hingga 10Gbps.

Selain konektivitas tersebut, ZenBook UX333FN hadir dengan port HDMI sehingga bisa digunakan untuk menunjang kegiatan presentasi menggunakan proyektor. Pembaca kartu MicroSD juga disematkan di laptop ini yang dapat memudahkan Anda melakukan transfer data dari berbagai perangkat digital lainnya.

Agar dapat terus terhubung ke internet, ZenBook UX333FN mengandalkan dual-band gigabit-class WiFi yang didukung teknologi ASUS WiFi Master. Teknologi tersebut memungkinkan koneksi pada laptop ini tetap stabil meski posisinya jauh dari router. Melengkapi koneksi nirkabelnya, ZenBook UX333FN juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sehingga Anda  bisa menghubungkan berbagai perangkat nirkabel.

Kinerja Andal

Asus ZenBook merupakan laptop dengan performa premium, tidak terkecuali ZenBook UX333FN. Karena menyasar pengguna profesional on-the-go, laptop ini hadir dengan hardware yang mumpuni sehingga tidak menghambat kegiatan bekerja. Menariknya, hardware tersebut ternyata juga cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi hiburan seperti game kasual.

ASUS ZenBook UX333FN ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U atau yang sering disebut sebagai Whisky Lake. Prosesor Intel generasi ke-8 ini memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah konsumsi dayanya yang rendah namun memiliki performa mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi profesional.

Intel Core i7-8565U merupakan prosesor dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread yang sudah mendukung teknologi Hyper-Threading. Prosesor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost sehingga kecepatan pemrosesannya dapat dipacu hingga 4,6GHz, sementara base clock-nya ada di angka 1,8GHz.

Agar performanya lebih optimal dan bisa menunjang kebutuhan para profesional, ZenBook UX333FN dilengkapi dengan chip grafis (GPU) NVIDIA GeForce MX150. Chip grafis ini memang bukan untuk bermain game, namun keberadaannya sangat bermanfaat untuk mendongkrak performa grafis  di laptop ini sehingga dapat menjalankan berbagai aplikasi profesional seperti Adobe Photoshop dan Premiere lebih optimal. GPU tersebut juga yang membuat skor benchmark grafis pada laptop ini lebih baik dari laptop yang hanya menggunakan chip grafis terintegrasi (integrated graphics).

Bagaimana dengan game? ZenBook UX333FN memang bukan merupakan mesin gaming seperti jajaran laptop ASUS ROG atau TUF Gaming meski sama-sama menggunakan GPU terpisah. NVIDIA GeForce MX150 merupakan GPU berdaya rendah yang memang dirancang agar ultrabook seperti ZenBook UX333FN bisa hadir dengan performa grafis lebih baik.

Namun, bukan berarti ZenBook UX333FN tidak bisa digunakan untuk bermain game. Laptop ini masih bisa memainkan berbagai game AAA lama serta beberapa game yang memang tidak fokus pada kualitas grafis speerti Sid Meier’s Civilization VI dan Beyond Earth. Kedua game tersebut pun bisa berjalan lancar dengan framerate yang cukup baik di sekitar 30fps, meski pengaturan grafisnya tidak maksimal.

ZenBook UX333FN sudah menggunakan M.2 NVMe SSD sebagai media penyimpanannya. TIdak ada media penyimpanan kedua di laptop ini sehingga akses terhadap datanya sangat cepat. Untuk ZenBook UX333FN kali ini, ASUS menghadirkan kapasitas penyimpanan sebesar 512GB, sangat cukup untuk menyimpan berbagai data pekerjaan dan hiburan Anda.

Beralih ke baterai, ZenBook UX333FN hadir dengan baterai lithium-polymer berkapasitas 50Wh. Dalam pengujian menggunakan PCMark 8 Battery pada mode Home Conventional, laptop ini mampu bertahan cukup lama yaitu hingga 5 jam 22 menit. Artinya, untuk penggunaan aplikasi rumahan laptop ini bisa bertahan kurang lebih selama 5,5 jam. Pengujian ini juga dilakukan dengan kondisi laptop terhubung dengan WiFi dan tingkat kecerahan layar 50 persen.

0 comments