NOW READING

Remaja Indonesia Suka Baca Webtoon, Kenapa Ya?

 3096
+
 3096

Remaja Indonesia Suka Baca Webtoon, Kenapa Ya?

by The Daily Oktagon
  • Membaca komik menggunakan jaringan internet sudah ada sejak sepuluh tahun lalu.
  • Namun, kepopuleran webtoon ini semakin gempar semenjak bisa diakses pada smartphone.
  • Komik dalam bentuk digital ini memberikan ruang baru bagi para komikus pemula maupun seniornya.

Remaja saat ini identik dengan dunia digital. Mereka mulai beralih media dalam membaca komik dari buku menjadi komik digital atau webtoon.

Aplikasi untuk membaca komik digital ini sudah tersedia pada platform seperti Playstore dan Appstore. Perangkat teknologi selain PC atau laptop pun sudah bisa dijadikan sarana membaca komik digital ini. Dari ponsel pintar, tablet, hingga wearable seperti jam dan gelang pintar yang menjadi favorit sudah mampu melakukannya.

Kini, kalangan muda lebih senang membaca melalui gadget mereka, termasuk membaca komik. Harga komik cetak yang semakin meningkat dan tidak praktis menjadi satu alasan mereka beralih ke media digital. Webtoon juga banyak bermunculan dari bentuk situs hingga aplikasi. Hal-hal berikut bisa menjadi beberapa alasan mengapa webtoon sendiri disukai mereka yang disebut generasi milenial ini. Simak ulasannya berikut ini.

 

 

Rilis Lebih dari Sepuluh Tahun

Kehadiran webtoon sendiri sebenarnya sudah ada lebih dari 10 tahun di Indonesia. Namun, webtoon baru mulai dikenal publik beberapa tahun ke belakang mengikuti meningkatnya kepopuleran budaya Korea. Awalnya, para komikus banyak yang membuat karyanya dan memasukkan pada blog mereka masing-masing dengan kalangan pembaca yang sangat terbatas, yakni mereka yang membaca komik adalah orang-orang tertentu yang mengetahui situs dari blog si komikus.

Kemudian, salah satu komik digital dikembangkan oleh perusahaan digital Korea, Naver, dan populer hingga saat ini yang dikenal dengan Webtoon. Awalnya, platform ini hanya tersedia untuk masyarakat Korea saja dengan komik buatan komikus negeri gingseng, tapi perlahan, karena peminatnya yang semakin bertambah di negara lain, akhirnya skala platform ini diperbesar ke negara lain, khususnya Indonesia.

Suka karakter manga Jepang? Coba untuk merasa memiliki pacar virtual seperti yang dibahas di sini.

Cerita Asli Indonesia Hingga Komikus Luar Negeri

Komik yang dirilis pun sangat beragam dan terdiri dari berbagai genre. Seperti pada Line Webtoon, tersedia sejumlah genre mulai dari drama, romantis, horor, fantasi, komedi, hingga cerita sederhana keseharian pembaca. Keberagaman jenis komik tentu memberikan variasi bagi pembaca untuk memilih cerita kesukaan mereka. Jika ingin mengikuti jalan cerita setiap episode, pembaca dapat memberi tanda favorit. Hal ini membuat pembaca tidak ketinggalan cerita setiap satu episode dari suatu komik yang terbit.

Munculnya platform ini menghadirkan komikus lokal untuk berkontribusi mengembangkan komik digital tersebut. Mereka menghadirkan cerita yang diangkat dengan percampuran budaya yang digabung menjadi sebuah kreasi unik. Seperti komik Nusantara Droid War (NDW) yang menceritakan pertarungan antar robot droid dengan kemasan tokoh bersejarah atau mitos khas Indonesia.

Selain itu, banyak juga genre lain yang menghadirkan cerita khas Indonesia yang menarik untuk dibaca. Untuk kisah keseharian, terdapat judul ‘Jajan Squad’ yang menggambarkan santapan khas Indonesia yang direkam seperti dalam bentuk vlog. Salah satu yang populer hingga dijadikan sebuah film adalah ‘Si Juki’. Komik ini menceritakan kelucuan sosok anak indekos, Juki, yang menyelipkan isu serta kritik yang sedang dibahas saat ini.

 

 

Cerita Terus Bertambah

Seiring berjalannya waktu, platform ini menjadi populer berkat karya yang baik dan patut diapresiasi pembaca. Bahkan muncul komikus lain yang dapat mengunggah karya mereka untuk memuaskan hati pembaca. Cerita yang diberikan sangat segar untuk dibaca dan dinikmati saat waktu senggang. Sebagai nilai tambah, terdapat nilai moral di tengah unsur hiburan yang kental diberikan oleh komikus sendiri.

Kepopuleran webtoon juga menunjukkan bahwa kreativitas seseorang dapat dituangkan melalui gambar yang bercerita. Para komikus bukan hanya dituntut menghasilkan gambar yang indah dan sangat nyata saat dilihat. Namun, jalan cerita yang berkelanjutan juga menjadi faktor penting yang tidak boleh dilewatkan seorang komikus.

 

Foto: Shutterstock

 

Jika Anda ingin mencoba menghasilkan komik digital ini, jalanilah dengan komitmen yang kuat. Jangan sampai mengecewakan pembaca yang sudah sangat menyukai baik gambar maupun cerita yang dibuat dan diterbitkan tentunya. Suatu saat nanti, bisa saja Anda menjadi komikus digital yang dikenal banyak orang dengan hasil karya yang menginspirasi. Karya tersebut juga memberikan beragam nilai yang bermanfaat tapi juga bisa dengan mudah diakses oleh publik.

Ternyata, ada hal lain yang populer di kalangan remaja Indonesia. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

0 comments