NOW READING

Registrasi Kartu Simcard Prabayar Gagal ? Ini Solusinya

 1041
+
 1041

Registrasi Kartu Simcard Prabayar Gagal ? Ini Solusinya

by The Daily Oktagon

Untuk mencegah aksi penipuan dan terorisme, akhirnya pemerintah Indonesia dengan tegas mengajak pengguna kartu simcard prabayar untuk melakukan registrasi ulang. Ketentuan ini berlaku mulai 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018.

Namun sayangnya, pengguna ponsel masih bingung cara melakukan registrasi Kartu SIM, yang akhirnya berujung kegagalan. Bagaimana cara melakukan registrasi Kartu SIM prabayar yang benar?

Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar Tiap Operator agar Tidak Diblokir

Registrasi simcard prabayar mewajibkan pengguna untuk mendaftarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau KTP, serta nomor Kartu Keluarga (KK). Pastikan NIK dan nomor KK saat registrasi sudah tervalidasi. Karena jika NIK dan nomor KK belum tervalidasi, berarti data tersebut belum tesedia di database Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Jika data kependudukan yang Anda masukan belum valid, maka registrasi bisa diulang kembali hingga lima kali. Kalau sampai lima kali gagal, operator akan mengirimkan pemberitahuan ke pengguna.

Jika sudah benar, maka akan ada SMS dari oleh operator berisi pernyataan validasi NIK dan nomor KK. Selanjutnya, pengguna harus membalas konfirmasi untuk meyetujui mendaftarkan nomornya sesuai data NIK dan nomor KK.

Untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar menggunakan format: NIK#NomorKK#. Sementara untuk pelanggan lama, registrasi ulang dilakukan dengan format: ULANG#NIK#NomorKK dan mengirimkannya melalui SMS ke 4444.

Selain mengirimkan SMS, registrasi prabayar juga bisa dilakukan melalui web. Caranya buka web di komputer atau ponsel, lalu isi data yang diperlukan. Berikut ini alamat web registasi prabayar tiap operator :

Perlu diketahui, setiap Operator memiliki format registrasi yang berbeda-beda. Pengguna yang registrasi harus menyesuaikan dengan format yang diberikan operatornya. Pada dasarnya data yang dibutuhkan dalam registrasi kartu prabayar hanya dua, yakni NIK yang tertera di KTP dan nomor KK. Artinya, tidak masalah bila operator memberlakukan format registrasi berbeda.

Salah Kaprah Registrasi Kartu Prabayar yang Wajib Diketahui

Bagi pelajar yang masih berusia di bawah 17 tahun atau belum memiliki KTP, masih bisa meregistrasikan kartu SIM prabayar mereka. Caranya dengan menggunakan NIK yang tertera pada kartu keluarga. Bagi Anda yang menggunakan lebih dari satu nomor simcard prabayar, maksimal ada tiga nomor simcard yang bisa diregistrasi.

0 comments