NOW READING

Qualcomm Snapdragon 820 Mulai Merambah Asia Tenggara

 1811
+
 1811

Qualcomm Snapdragon 820 Mulai Merambah Asia Tenggara

by The Daily Oktagon

Qualcomm resmi memulai debut Snapdragon 820 di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan asal Negeri Paman Sam ini unjuk gigi soal kebolehan prosesor primadonanya ini secara terbatas di Grand Hyatt Hotel, Singapura pada akhir Maret 2016 lalu.

The Daily Oktagon
berkesempatan melihat seperti apa keunggulan prosesor teranyar Qualcomm ini lewat serangkaian acara demonstrasi yang dihelat selama dua hari satu malam. Simak ulasannya, Qualcomm Snapdragon 820 mulai merambah Asia Tenggara.

Lantas, mengapa pada akhirnya Qualcomm baru memutuskan untuk menghadirkan Snapdragon 820 ke Asia Tenggara baru-baru ini?

Vice President Qualcomm dan President Bisnis Qualcomm di Asia Pasifik serta India, Jim Cathey, mengatakan bahwa potensi signifikan perangkat 4G di wilayah ini begitu besar. Itulah yang menjadi alasan mengapa mereka percaya diri menghadirkan prosesor mutakhir yang dikhususkan untuk perangkat 4G.

John CatheyJim Cathey saat presentasi

“Asia Tenggara memiliki total populasi hingga 590 juta jiwa. 60 persen di antaranya berusia di bawah 35 tahun. Diperkirakan penetrasi perangkat 4G akan tumbuh hingga 31 persen pada 2019,” kata Cathey.

Punya segudang fitur ciamik

Karena dikhususkan untuk menyokong perangkat berkonektivitas 4G, Qualcomm menyulap Snapdragon 820 dengan konektivitas impresif.

Mengklaim dirinya sebagai salah satu pelopor teknologi 4G LTE, Qualcomm mengemas prosesornya ini dengan modem X12 LTE yang bisa mengunduh file hingga 600 Mbps serta didukung multi-gigabit 802.11ad Wi-Fi.

Selain itu, Snapdragon 820 pun memiliki kebolehan lainnya. Di antaranya kemampuannya yang berfokus ke sektor fotografi.

Dengan disokong teknologi Spectra Camera 14-bit dual ISP (Image Signa Processor), prosesor tersebut bisa menciptakan piksel kamera kecil dengan lebih baik, lebih hybrid autofocus, dan juga mampu memotret foto dalam kondisi low-light.

Tak hanya itu, software Optical Zoom yang dimiliki pada kamera nantinya akan mengikuti Graphic Processing Unit (GPU) yang bisa menyajikan foto dengan resolusi super setara kamera DSLR.

trupalleteMobile device yang menggunakan Snapdragon 820

Qualcomm mengerti bahwa pengguna perangkat di masa kini juga sangat mengandalkan kualitas layar. Oleh karena itu, Snapdragon 820 juga dilengkapi dengan teknologi Trupalette-Ecopix.

Teknologi ini diklaim berguna bagi pegguna ponsel yang sering beraktivitas di luar ruangan. Kenyamanan saat menatap layar dijamin tidak akan membuat mata lelah, mengurangi kualitas gambar dan yang terpenting membuat perangkat lebih hemat energi.

Saat melakukan demo, teknologi tersebut memperlihatkan bagaimana layar ponsel bisa menyesuaikan diri dengan cahaya yang terang atau back-light secara otomatis. Bahkan mampu mereduksi layar hingga 30 persen.

Untuk performa ketahanan, Qualcomm memberi satu sentuhan ajaib ke Snapdragon 820 dengan teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 yang bisa mengisi baterai super cepat. Hanya dalam waktu 35 menit, baterai bisa terisi hingga persentase 80 persen.

“Snapdragon 820 didaulat sebagai prosesor high-end Qualcomm. Selain dilahirkan untuk smartphone, chip tersebut nantinya akan dikembangkan lebih lanjut untuk Internet of Things (IoT), perangkat otomotif, dan masih banyak lagi,” kata Cathey.

Sebelum lanjut, simak ulasan berikut, ASUS ZenFone 2 Deluxe Special Edition, Smartphone Rasa PC

Bakal mendukung lebih dari 100 perangkat

Cathey mengungkap bahwa Qualcomm juga akan menyematkan prosesor Snapdragon 820 ke lebih dari 100 perangkat. Sayangnya, ia enggan membocorkan perangkat apa saja yang akan kebagian Snapdragon 820.

Cathey hanya mengatakan, perangkat-perangkat tersebut akan hadir dalam desain berbeda, dalam arti tidak hanya smartphone dan tablet.

“Untuk saat ini Snapdragon 820 sudah menyokong beberapa flagship smartphone besutan vendor ternama. Meski begitu, kami telah mempersiapkan sekitar lebih dari 100 desain yang akan diperkuat dengan Snapdragon 820,” kata dia.

Di saat yang sama, The Daily Oktagon juga menemui Country Head Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, yang mengungkap bahwa perangkat-perangkat ini juga akan hadir dalam varian segmen, seperti otomotif, kesehatan, smart device, dan lainnya.

Shannedy_OngShannedy Ong saat menjawab pertanyaan wartawan

“Kapabilitas Snapdragon 820 memang didesain tidak hanya untuk smartphone. Prosesor ini bisa jadi mesin atau otak perangkat,” ujar Shannedy.

“Namun, untuk saat ini yang dikomersialkan baru pada smartphone. Kalau tidak salah yang sudah mengumumkan menggunakan teknologi Snapdragon 820 itu Audi yang dikenal sebagai vendor otomotif dan mereka akan aktif menggunakannya pada 2017,” ucap Shannedy lebih lanjut.

Prioritaskan isu keamanan

Qualcomm juga tak lupa bahwa keamanan menjadi isu penting untuk sebuah prosesor. Karenanya, mereka memperkenalkan teknologi Safeswitch dan Smartprotect di Snapdragon 820.

Safeswitch mirip dengan fitur Lost my iPhone yang hadir pada perangkat iOS. Fitur ini mampu melindungi smartphone yang hilang, serta mampu mengamankan data personal yang berada di dalamnya. Bedanya, Safeswitch mampu mengunci dari sisi software dan hardware.Keamanan di dalamnya pun sangat stabil dan terjamin.

Sementara fitur Smartprotect sendiri mampu memberikan perlindungan terhadap smartphone yang terserang malware. Dengan begitu, perlindungan ini akan mendeteksi dan mengirimkan informasi kepada tim Qualcomm untuk merujuk tindakan selanjutnya.

SecurityTampilan fitur keamanan di smartphone

Selain kedua fitur keamanan yang disebutkan di atas, Qualcomm juga ‘memugar’ fitur pemindai sidik jarinya pada Snapdragon 820, sehingga fitur ini bisa menjadi lebih maksimal dan lebih sensitif dari versi terdahulu.

Di fitur pemindai sidik jari terbaru Qualcomm memberikan kemampuan yang bisa membedakan sidik jari palsu dan asli. Bahkan, tingkat sensitivitasnya bisa lebih baik karena bisa mendeteksi sidik jari walau tangan dalam keadaan basah atau berminyak.

Sekadar informasi, Snapdragon 820 kini baru hanya digunakan pada tujuh jenis flagship smartphone, di antaranya HP Elite X3, Xiaomi Mi5, LeEco (LeTV) LeMax Pro, Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, LG G5, dan Sony Xperia X Series.

Baca juga artikel menarik berikut, Adu Jitu Sederet Smartphone Selfie

0 comments