NOW READING

Powerbank Gokil ini Akan Jadi Teman Setia Smartphone Anda

 2955
+
 2955

Powerbank Gokil ini Akan Jadi Teman Setia Smartphone Anda

by The Daily Oktagon

Di era serba digital sekarang ini, peran smartphone dan tablet kian penting. Kedua perangkat membantu mendukung produktivitas kerja di saat harus tetap bergerak dan berkreasi. Perangkat ini juga memastikan ketersediaan jaringan komunikasi lewat aneka platform, mulai email, messenger, jejaring sosial hingga layanan perkantoran lainnya.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah keterbatasan baterai. Sebagian besar smartphone saat digunakan secara intens, tak mampu bertahan selama jam kerja dari pukul 9 hingga 5 sore. Nah, di saat itulah powerbank memainkan perannya.

Powerbank datang dan mengisi keterbatasan yang dimiliki smartphone, sekaligus menambal lubang yang ditinggalkan oleh suplai listrik konvensional yang tak selalu bisa diakses dengan mudah. Maka kemudian lahirlah sejumlah powerbank dari berbagai vendor-vendor kenamaan dunia.

Disusun secara acak, berikut adalah lima powerbank paling gokil yang bisa jadi andalan di saat-saat genting.

Sony PowerBank 10000Mah CP-F10LS

Sebagai pembuka, kita jumpai powerbank Sony CP-F10LS. Powerbank buatan Sony ini sangat baik dengan kapasitas 10.000mAh yang mampu memberikan tambahan 14 sampai dengan 40 jam waktu bicara ke smartphone. Secara umum powerbank ini dapat dipergunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel, kamera, tablet dan perangkat lain yang mendukung port USB.

Bobotnya yang ringan, hanya 260 gram membuat powerbank ini mudah dibawa kemana-mana. Ukurannya pun hanya 70.4 x 130.6 x 16.5 mm, sehingga mudah disimpan di dalam tas atau saku. Perangkat ini juga dilengkapi dengan dua port USB, artinya Anda dapat mengisi dua perangkat secara bersamaan.

Asus ZenPower

Kapasitas powerbank buatan Asus ini nyaris sama dengan kepunyaan Sony, 10050 mAh tetapi punya bobot lebih ringan, 215 gram. Sayang ketebalan powerbank relatif lebih tebal, 21,6mm.

Dengan kapasitas yang dimiliki, powerbank ini mampu mengisi ulang perangkat ZenFone 5 sebanyak tiga kali, ZenFone 6 sebanyak 2 kali dan Nexus 7 lebih dari sekali. Kecepatan yang ditawarkan juga sangat baik, pun efiesien dengan output 2.4A.

Sementara tampak luar, body Asus ZenPower terlihat berkelas berkat material aluminium dan paduan warna-warna cerah. Membuat perangkat tampak menarik, atraktif dan juga kokoh.

Xiaomi Mi Power Bank

Penawaran menggiurkan datang dari powerbank buatan Xiaomi, Mi Power Bank, yang mengemas daya sebesar 1.0400 mAh, mampu mengisi ponsel sekelas iPhone 5s sebanyak 4,5 kali namun dengan banderol yang sangat terjangkau, kurang dari Rp 250ribu-an.

Dikemas dengan material aluminium yang kuat melalui proses CNC digital cutting, powerbank ini mampu menahan tekanan maksimal hingga 50kg dan temperatur panas hingga 70 derajat selama 96 jam.

Selain perlindungan di atas, Xiaomi juga menyematkan beberapa perlindungan lain seperti mencegah input dan output overvoltage yang merusak perangkat, perlindungan overcharged, dan juga korsleting sirkuit.

Sementara soal bobot, Mi Power Bank relatif ringan, hanya 250 gram. Hampir sama dengan powerbank buatan Sony.

Cooler Master Power Fort

Cooler Master membekali powerbank buatannya ini dengan kapasitas daya sebesar 6.600mAh, menyediakan pasokan daya selama 26 jam untuk perangkat smartphone, 8 jam untuk tablet, dan 227 jam untuk iPod.

Pengguna dapat mengisi ulang dua perangkat secara bersamaan berkat dua output DC 5V/2.1A untuk pengisian perangkat yang lebih besar, dan output DC 5V/1A untuk perangkat yang lebih kecil. Ada dua pilihan warna yang tersedia, putih dan hitam.

Power Fort berbobot hanya 178gram. Dengan begitu praktis powerbank ini varian yang paling ringan dibandingkan tiga produk di atas.

OPPO VOOC Power Bank

Teknologi VOOC Flash Charge besutan OPPO membuat powerbank ini mampu meninggalkan lawan-lawannya. Bagaimana tidak, hanya dengan 30 menit, powerbank mampu mengisi 75% daya smartphone. Jika ditambah 40 menit lagi, baterai smartphone akan terisi secara optimal.

Dengan teknologi yang sama, pengguna hanya bututh 2,5 jam untuk dapat memperoleh daya optimal powerbank. Untuk perlindungan OPPO menyematkan sejumlah fitur seperti perlindungan suhu, perlindungan dari pengisian listrik berlebih, pelindung listrik statis, dan perlindungan korsleting sirkuit.

Ada dua mode output yang dapat dipergunakan, mode standar di 5V 2A dan mode flash di 5V 3,5A saat membutuhkan pengisian super cepat.

Oppo VOOC power bank rersedia dalam balutan warna putih, kemudian mempunyai bobot yang paling ringan dari empat powerbank di atas, yakni hanya 150gram dan dimensi total 120.5 x 71 x 11,6mm.

Kelima powerbank di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Produk pilihan seseorang akan kembali pada bagaimana mereka memandang kriteria yang menurut mereka lebih vital. Jika ingin kapasitas, Sony PowerBank 10000Mah CP-F10LS adalah pilihan terbaik. Tetapi jika lebih suka dengan polesan warna dan harga murah, Xiaomi Mi Power Bank patut dipertimbangkan.

 

Sumber gambar: Sony Store, Asus, Mi, Cooler Master, OPPO

0 comments