NOW READING

Postingan Efektif Meningkatkan Traffic

 1073
+
 1073

Postingan Efektif Meningkatkan Traffic

by The Daily Oktagon

Posting-an yang bertubi-tubi di sarana online belum tentu efektif. Banyak faktor penting yang harus diperhatikan, agar post tersebut berhasil meningkatkan jumlah traffic situs/website.

Memiliki situs/website bisnis yang didesain dengan menarik dan mahal pun menjadi  sia-sia apabila pengelolanya tidak mampu menarik pengunjung. Traffic yang rendah sama seperti pangsa pasar yang sempit. Sebaliknya, semakin  tinggi traffic suatu situs/website, maka akan semakin besar pula peluang terjadinya transaksi.

Seseorang yang mengelola bisnis online harus memahami syarat-syarat postingan yang efektif. Mungkin terdengar sepele, tetapi berdampak besar dalam menentukan tinggi rendahnya jumlah traffic suatu situs/website. Misalnya, dengan mengetahui kapan orang banyak membuka media sosial.

Berdasarkan data, antusiasme pengguna media sosial yang paling tinggi adalah pada Senin dan Selasa, pukul 16.00-20.30 WIB. Rabu sampai Minggu antusiasme mulai menurun. Sedangkan saat office hour, angka pengguna media sosial jauh lebih rendah lagi. Berdasarkan informasi ini, maka pengelola bisnis online akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah informasi mengenai suatu produk/jasa yang ditawarkannya.

Foto: Shutterstock.com

Terbit Secara Konsisten

Bisnis online tidak selalu harus menerbitkan  hal-hal yang hanya berkaitan dengan produk/jasa yang diperdagangkan saja, karena bisa menimbulkan kebosanan bagi pengunjung. Sebuah situs/website bisnis harus sering berbagi isi yang menarik dan informatif. Topik yang diangkat sebaiknya yang tren, viral, dan tentunya bermanfaat.

Konten dapat dikemas dalam tipe beragam, mulai dari artikel, foto, dan juga video. Terbitan konten edukatif yang ideal adalah minimal tiga kali sehari, disesuaikan dengan waktu yang telah disebutkan di atas. Namun, perlu diingat, waktu menerbitkan dari hari ke hari haruslah konsisten dan tidak acak, untuk memudahkan pengunjung memahami pola terbit situs tertentu.

Konten tersebut kemudian dibagikan melalui sarana sosial yang lain, seperti media sosial atau bergabung di forum-forum besar serta melakukan blog-walking, atau mengunjungi blog-blog penulis favorit. Selain untuk berdiskusi dan menyebar link, berbagi tautan situs di forum maupun blog lain merupakan sesuatu yang lazin untuk dilakukan. Men-submit content di social bookmarking yang memiliki traffic tinggi juga bisa menjadi langkah optimalisasi.

Foto: Shutterstock.com

Menerapkan Analisis Data

Usaha peningkatan jumlah traffic masih kurang maksimal apabila pengelola bisnis online tidak melakukan analisis data. Pada setiap postingan konten terdapat kolom yang menunjukkan jumlah pengunjung yang membuka dan menyukainya. Pemilik situs/website harus peka mengenali terbitan mana saja yang kurang diminati dan apa penyebabnya.

Begitu juga sebaliknya untuk konten yang banyak disukai. Melalui data tersebut, diperoleh pemetaan mengenai faktor-faktor penyebab suatu konten disukai atau tidak sehingga memudahkan penyesuaian untuk terbitan selanjutnya.

Dengan mengetahui waktu yang tepat dan jenis postingan yang banyak diskuai, maka pemilik bisnis online tidak perlu lagi membuang-buang waktu dan tenaga hanya untuk membuat banyak terbitan yang sia-sia. Sebaliknya, justru dapat meningkatkan jumlah traffic dengan mudah. Dalam hal ini, yang terpenting adalah ketepatan dan kualitas, bukan kuantitas.

Bahasan singkat mengenai strategi data ada di artikel ini.

0 comments