NOW READING

Pilihan Smartwatch Gaya dari Brand Fashion Dunia

 1746
+
 1746

Pilihan Smartwatch Gaya dari Brand Fashion Dunia

by The Daily Oktagon
  • Jam tangan pintar atau smartwatch kini semakin banyak pilihannya, bukan sekadar karena semakin canggih tapi desainnya juga semakin menarik.
  • Tidak hanya brand teknologi yang kini bersaing menciptakan smartwatch bahkan brand fashion pun ikut menciptakan smartwatch dengan keunggulan di sisi desain juga.
  • Meski teknologi yang dihadirkan bukan dari brand fashion tersebut, namun desainnya bisa menjadi bagian dari gaya berpakaian.

Ada beberapa alasan tepat mengapa Anda perlu memakai jam di bulan puasa ini. Pertama, tentunya untuk membantu Anda mengetahui waktu-waktu penting saat puasa, seperti ibadah dan buka puasa.

Alasan lain, hari lebaran relatif tidak lama lagi, sehingga Anda mungkin sudah mulai “menyicil” mempersiapkan aneka perlengkapan untuk penampilan Anda di hari besar itu. Maka memiliki jam baru bisa saja menjadi salah satu persiapan itu, dan smartwatch bisa jadi pilihan dan sudah banyak tersedia di pasaran.

Nah, seiring perkembangannya, bukan hanya Google dan Apple yang bersaing menciptakan smartwatch, brand fashion terkenal seperti Hugo Boss, Tommy Hilfiger, dan Fossil juga turut ambil bagian.

Smartwatch buatan brand fashion hadir dengan dengan desain yang pas dengan gaya fashion berpakaian. Jadi tak sekadar gadget, juga bisa menjadi aksesoris fashion. Cocok bukan untuk melengkapi penampilan Anda di hari raya? Berikut ini beberapa smartwatch buatan brand fashion tersebut.

Hugo Boss The Touch

Jam ini diperkenalkan di Baselworld 2017 di Swiss, ajang tahunan pameran jam tangan dunia beberapa waktu lalu. Desain The Touch sendiri merepresentasikan gaya fashion dari lini produk Hugo Boss, yakni gaya formal ala eksekutif. Alhasil smartwatch ini pantas bagi Anda yang gemar bergaya formal atau mengenakan setelan kemeja dengan jas atau blazer.

Dari tampilannya The Touch mengusung gaya klasik, dengan bahan stainless steel pada frame lingkaran utama dan opsi tali gelang yang terbuat dari material kulit untuk kesan formal dan metal untuk kesan maskulin.

Diameter layar sentuhnya terlihat sedikit lebih besar, namun ketebalannya masih terbilang sedang, serupa seperti jam tangan tradisional, tidak terlalu tebal atau tipis.

Hal ini dikarenakan absennya fitur sensor heart monitoring atau fitur olahraga dan kesehatan yang akan menambah ketebalan perangkat jam tangan.

Hilangnya fitur tersebut juga dibilang lumrah karena membuat perangkat jam bisa tipis. Fitur yang ada hanya sensor untuk mengenali berapa banyak langkah yang kita hasilkan.

The Touch mengusung sistem operasi Android Wear 2.0 sehingga teknologi Google yang dibuat khusus untuk smartwatch bisa hadir. Misalnya Artificial Intteligence untuk membalas notifikasi pesan atau panggilan yang masuk ke smartphone lewat smartwatch, serta fitur navigasi Google Map.

Fitur NFC menjadi salah satu andalannya karena fitur ini memungkinkan smartwatch menjalan teknologi Google Pay untuk transaksi. Rencananya The Touch akan mulai dijual ke pasar Agustus tahun ini dengan harga $395.

Jika mencari smarwatch untuk wanita, salah satu rekomendasinya ada di sini

Tommy Hilfiger TH24/7 You

Inilah smartwatch pertama dari brand asal Amerika Serikat itu. Sama seperti Hugo Bos The Touch, jam ini juga diperkenalkan pada Baselworld 2017. Jika Hugo Boss The Touch hadir dengan desain formal ala profesional, maka smartwatch buatan Tommy Hilfiger ini hadir dengan desain yang maskulin dan casual.

Desainnya boleh dibilang tidak terlalu berbeda dengan Hugo Boss The Touch, mengingat bahwa keduanya sama-sama smartwatch pertama dari dua brand fashion tersebut. Perbedaannya adalah Tommy Hilfiger Th24/7 You lebih menyasar segmen kalangan pria sehingga model dengan bracelet berbahan stainlesssteel lebih dijagokan.

Ditambah dari segi diameter ukuran layar sentuhnya yang terlihat lebih besar dari Hugo Boss The Touch sehingga menghasilkan lingkaran yang lebih lebar, maka semakin memperkuat bahwa jam tangan ini diperuntukan bagi para pria. Tommy Hilfiger sendiri menyediakan tali jam berbahan kulit sebagai opsional.

Sistem operasi yang digunakan berbasis sistem operasi smartwatch terbaru Google yakni Android Wear 2.0. Fitur yang dimiliki pun masih serupa seperti Hugo Boss The Touch, termasuk absennya fitur olahraga atau kesehatan.

Sebab sekali lagi yang perlu ditekankan, bahwa smartwatch untuk fashion akan memiliki desain dan kebutuhan yang berbeda dengan smartwatch sport, misalnya saja Garmin Forerunner 235 atau Samsung Gear S3 Frontier Black Sport.

Untuk harga jualnya sendiri berada di $299. Harganya yang lebih murah disebabkan perangkat ini tidak ada fitur NFC yang memang tergolong mewah pada sebuah gadget. Belum ada bulan pasti peluncuran perangkat yang akan dijual di tahun ini.

Simak ulasan smartwatch canggih lainnya di artikel ini

Fossil Q Marshal

Tidak seperti kedua brand fashion yang sudah disebutkan, Fossil sudah sejak lama menciptakan aksesori fashion dalam bentuk jam tangan. Namun memang baru sejak tahun lalu Fossil ikut merilis produk berupa smartwatch dan cukup gencar.

Fossil Q Marshal salah satunya. Berbeda dengan dua smartwatch yang sudah diulas di atas, Fossil Q Marshal hadir dengan desain kasual yang tampaknya lebih pas dengan anak muda dan mereka yang bergaya pakaian kasual dan santai.

Smartwatch ini masih menggunakan material stainless steel namun tali yang dipilih oleh Fossil menggunakan material kulit. Modelnya pun tidak hanya sekadar berbentuk lingkaran biasa, namun memiliki bentuk seperti gerigi yang membuatnya terlihat seperti jam tangan modern ketimbang klasik seperti Hugo Boss Touch dan Tommy Hilfiger TH24/7 You.

Dibagian sampingnya juga masih terdapat crown, bagian yang umumnya hilang dari sebuah smartwatch, namun cara menggunakannya bukan diputar seperti jam konvensional, melainkan cukup ditekan saja.

Untuk diameter lingkar layar sentuhnya terbilang lebar namun bobotnya masih ringan sehingga smartwatch ini cocok bagi yang ukuran lengannya cukup besar terutama para pria, untuk perempuan sendiri Fossil menyediakan smartwatch Q versi lain dengan desain lebih simpel lagi.

Fitur teknologi yang dihadirkan Fossil pun masih terbilang umum untuk sebuah smartwatch buatan brand fashion seperti mengusung sistem operasi Android Wear, fitur sensor step tracking serta sleep monitoring. Harga banderolnya berdasarkan situs Fossil seharga $255.

Jika Anda ingin merasakan kecanggihan dari smartwatch namun belum benar-benar membutuhkan teknologi futuristik di satu sisi, serta bosan dengan desain smartwatch yang mungkin monoton di sisi lain, maka deretan smartwatch buatan brand fashion bisa jadi alternatif terbaik.

 

0 comments