NOW READING

Pilihan Headphone untuk Bergaya dan Menikmati Musik

 4202
+
 4202

Pilihan Headphone untuk Bergaya dan Menikmati Musik

by The Daily Oktagon
  • Suka mendengarkan musik lewat headphone? Coba cek kualitas mumpuni Audio Technica ATH-S100iS.
  • Juga Sennheiser PX88 yang berdesain simpel namun tampak modern dan penuh gaya.
  • Atau Pioneer SE MJ512 GK, yang earcup-nya relatif besar, tapi lembut dan nyaman di telinga.

Menikmati musik dari gawai adalah sebuah kenikmatan. Namun, kenikmatan itu bakal berkurang, bahkan hilang sama sekali, jika kita salah memilih perangkat audio-nya, dalam hal ini headphone.

Akan tetapi, bukan perkara mudah untuk memilih headphone yang tepat untuk gawai kita. Di pasar banyak ditemui beragam merek dan tipe headphone. Namun, mana yang benar-benar mumpuni?

The Daily Oktagon akan mengulas tiga headphone juara yang bisa dijadikan panduan sebelum membeli perangkat audio yang pas untuk ditempelkan di telinga kita.

Audio Technica ATH-S100iS

Audio Technica adalah merek ternama di dunia audio. Mereka memproduksi beragam headphone berkualitas, dan ATH-S100IS adalah model headphone on-ear terbaru dari produsen asal Jepang itu.

Desain Audio Technica ATH-S100iS yang dijual dengan harga Rp399.000 ini cukup simpel dan bentuknya tidak terlalu besar dan berat seperti model over-ear. Itu artinya headphone ini sangat nyaman untuk digunakan sehari-sehari dan tidak terlalu mencolok ketika dipakai di dalam kereta komuter atau bus kota.

headphone Audio Technica

Audio Technica ATH-S100iS juga tidak merepotkan saat digunakan, karena menggunakan satu kabel yang terhubung ke ear-cup sebelah kanan. Tidak ada lagi cerita kabel terbelit dan kusut.

Adapun panjang kabel headphone ini mencapai 1,2 meter yang memungkinkannya terhubung dengan gawai yang diletakkan di kantong celana. Sementara ear-cup headphone ini dapat diputar 90 derajat, sehingga tidak memakan banyak tempat saat disimpan di dalam tas.

Baca juga ulasan Audio Technica ATH-ANC40BT, earphone wireless keren untuk si sporty

Untuk spesifikasi teknisnya, Audio Technica ATH-S100iS menggunakan driver berdiameter 36 mm yang mampu menghasilkan suara hingga 104 dB. Meski menghasilkan suara yang sangat menghentak, tetapi headphone ini mampu menghadirkan suara instrumental dan vokal dengan sama baiknya. Sementara untuk suara basnya, sangat mengagumkan dan tidak terlalu berlebih-lebihan.

Kelebihan lain dari headphone ini adalah bisa digunakan untuk bertelepon dan memiliki inline remote. Untuk menjawab dan menutup telepon, kita cukup menekan tombol yang ada di inline remote tersebut. Adapun untuk mengatur volume musik, bisa dilakukan dengan cara menggeser tombol yang ada di inline remote tersebut.

Sennheiser PX88

Headphone ini adalah salah satu produk Sennheiser yang sangat nyaman digunakan meski dalam jangka waktu yang lama. PX88 tampil dalam bentuk yang simpel. Meski begitu, headphone ini tetap terlihat gaya dan modern.

Earcup headphone ini dibuat sangat pas untuk telinga kita, sehingga bisa mengantarkan musik dengan baik ke gendang telinga sekaligus mampu mencegah masuknya suara dari luar ke dalam indera pendengaran kita. Ear-cup Sennheiser PX88 juga dapat diputar sehingga tidak memakan banyak tempat saat disimpan di dalam tas.

Dengan bentuknya yang ramping dan terbuat dari bahan yang ringan, PX88 menjadi headphone yang nyaman untuk digunakan.

headphone sennheiser px88

Lalu, bagaimana dengan kualitas suaranya?

Menikmati musik dengan PX88 sangat menyenangkan, karena kita tidak akan mendengar distorsi ketika suara musik dikeraskan. Distorsi berupa suara mendesing biasa terdengar setiap kali kita mendengarkan musik dengan headphone, tetapi hal itu tidak akan terdengar jika menggunakan Sennheiser PX88.

Dynamic driver pada headphone dengan harga Rp399.000 ini mampu menghasilkan suara stereo dengan kekuatan bas yang terdengar cukup menendang, tidak terlalu berlebihan hingga bisa membuat musik terdengar pecah dan tidak nyaman di telinga.

Headphone ini menggunakan jack plug berukuran 3,5 mm yang kompatibel dengan pemutar musik MP3, iPod, iPhone, dan beragam gawai lainnya. Adapun respon frekuensi Sennheiser PX 88 ada di kisaran 22-18.000 Hz, lalu kekuatan suara mencapai 106 dB dan impedance 32 Ohm.

Cek juga perangkat audio Sennheiser lainnya di bahasan tentang earphone pilihan berikut ini

Pioneer SE MJ512 GK

Bentuk earcup yang cukup besar, tetapi lembut, membuat headphone ini sangat nyaman di telinga. Pioneer SE MJ512 GK dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanannya.

Untuk suara, Pioneer SE MJ512 GK menggunakan driver berukuran 40 mm. Artinya, headphone ini mampu menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas. Untuk harganya, headphone ini dibanderol Rp525.000.

headphone pioneer se mj512 k

Headphone ini memiliki rentang respon frekuensi 11-24.000 Hz, serta input power hingga 500 mW sehingga bisa memberikan sensasi bas yang menggelegar dan suara yang jernih. Sementara kabel symmetrical anti kusut yang ada di headphone ini memiliki panjang 1,2 meter.

Sementara bentuknya yang tidak terlalu besar, membuat Pioneer SE MJ512 GK mudah dibawa ke mana. Portabilitas headphone ini lebih tinggi dibandingkan dengan headphone jenis over-ear. Apalagi, headphone ini juga menggunakan kabel anti kusut yang memudahkannya saat disimpan di tempat yang kecil, misalnya di dalam tas.

Nah, mana yang paling cocok dengan keperluan Anda?

Simak pula artikel tentang tiga headphone premium dengan noise cancellation terbaik

0 comments