NOW READING

Pilihan GPS Rp 1 Jutaan untuk Berbisnis Taksi Online

 1834
+
 1834

Pilihan GPS Rp 1 Jutaan untuk Berbisnis Taksi Online

by The Daily Oktagon
  • Papago adalah nama yang sudah tidak asing lagi di arena GPS.
  • Bermula sebagai pencipta aplikasi GPS untuk smartphone, Papago juga menciptakan perangkat GPS buatannya sendiri.
  • Di Indonesia, ada dua perangkat GPS Papago yang banyak dicari karena menawarkan harga terjangkau dengan fitur lengkap, yaitu Papago Z1 dan Papago Wayway Q4035.

Bisnis moda transportasi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, sedang bergairah.

Sama halnya industri media cetak konvensional yang mulai tergerus media online, industri transportasi umum konvensional pun mulai terpengaruh dengan adanya layanan taksi dan ojek online seperti GO-Jek, Uber, atau Grab.

Saking bergairahnya, taksi dan ojek online bukan hanya diminati dan dilakukan oleh mereka yang notabene adalah seorang supir, tapi juga mereka yang berpendidikan tinggi. Alasannya jelas karena bisnis satu ini dibutuhkan banyak kalangan dan menjanjikan keuntungan yang lumayan.

Secara tidak langsung, kehadiran transportasi online juga meningkatkan penjualan smartphone dan GPS. Pasalnya tidak semua orang hafal dan menguasai peta kota-kota besar di Indonesia.

Dalam rangka mempermudah pekerjaan, maka GPS dan smartphone-pun bisa jadi partner sejati. Nah, kali ini kami akan merekomendasikan dua perangkat GPS di bawah Rp 2 juta yang bisa Anda pilih untuk menguasai jalan kota-kota besar. Berikut ulasan The Daily Oktagon.

gps

Papago Z1

Perangkat pertama yang bisa diperhitungkan adalah Papago Z1. Papago sendiri adalah pemain lama di industri GPS karena pada awalnya merupakan aplikasi penunjuk jalan yang tersedia untuk smartphone, terutama yang berbasis Android.

Papago Z1 sangat cocok untuk digunakan di Asia Tenggara. Di dalam GPS ini sudah ter-install peta lima negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei. Sementara sistem penunjuk jalannya sudah menggunakan aplikasi navigasi Papago X9 terbaru berbasis Windows CE 6.0.

Ikuti juga ulasan beberapa device pilihan dari ajang IFA 2016 di Berlin

Dengan layar 5 inci beresolusi 480 x 272 piksel, melihat peta di mobil juga terasa cukup nyaman. Performanya juga cukup responsif karena Papago Z1 sudah dibekali prosesor dual-core 500 MHz, RAM 128 MB, serta media penyimpanan 4 GB.

Papago Z1 juga memiliki slot microSD dan port USB sehingga Anda bisa memutar beragam jenis fileĀ multimedia dengan format MP3, WAV, WMV, dan WMA.

GPS Papago Z1

Daya tahan baterainya juga tidak mengecewakan karena ditunjang kapasitas 1.500 mAh yang kuat beroperasi di atas lima jam. Plus, ada pula fitur battery saver untuk memaksimalkan daya baterainya.

Jika Anda tidak familiar dengan bahasa Inggris, Papago Z1 ternyata juga menyediakan pilihan menu dalam bahasa Indonesia. Pencarian nama jalan atau bahkan gedung di kota besar seperti Jakarta pun bakal lebih mudah karena adanya tampilan peta dalam mode 3D.

Papago juga menjanjikan layanan aftersales yang cukup menarik. Para pengguna Papago Z1 dipastikan akan selalu mendapat update software dan peta terbaru jika memang tersedia.

Papago juga memberikan garansi selama dua tahun khusus bagi Anda yang melakukan registrasi melalui website resminya. Di Indonesia, Papago Z1 bisa dibeli dengan harga Rp 1,75 juta.

Papago Wayway Q4035

Selain Z1, Papago masih punya perangkat GPS lainnya yang juga dibanderol dengan harga terjangkau, yakniRp 1,3 jutaan saja. Dengan harga yang terpaut tipis dari Papago Z1, Papago Wayway Q4035 menawarkan spesifikasi yang mirip.

Perangkat GPS ini memiliki kecepatan dan responsivitas yang baik dengan penggunaan prosesor dual-core berkecepatan 664 MHz yang ditunjang dengan RAM 128 MB serta storage internal 4 GB. Begitu pun dengan kapasitas baterainya, sama-sama 1.500 mAh yang bisa tahan di atas lima jam.

Dari sisi software, Wayway Q4035 sudah dibekali peta lima negara Asia Tenggara meliputi Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Brunei.

gps papago wayway q4035

Adapun keunggulan dari GPS ini adalah fitur perintah suara. Ketimbang repot-repot mengetik, Anda bisa mencari alamat dengan cara mengucapkannya. Akurasinya pun tergolong baik karena Wayway Q4035 juga sudah mendukung bahasa Indonesia.

Tidak cuma itu, berkat adanya speaker (loudspeaker) dan konektivitas Bluetooth, Anda bisa menghubungkannya dengan smartphone untuk komunikasi telepon. Suara pada smartphone bisa di-transfer ke GPS untuk berkomunikasi menggunakan loudspeaker agar lebih nyaman saat berkendara.

Meski harga yang ditawarkan sedikit lebih murah dari Papago Z1, Wayway Q4035 nyatanya juga bisa menghadirkan peta dalam tampilan 3D, terutama untuk mengenali gedung-gedung di kota besar.

Dengan banyaknya kesamaan seperti Papago Z1, lalu dimanakah letak perbedaannya?

Adapun perbedaan mendasar yang dimiliki kedua perangkat GPS ini adalah dimensi layar. Wayway Q4035 menawarkan layar yang lebih kecil, yakni 4,3 namun punya resolusi yang sama (480 x 272 piksel). Nah, Anda lebih suka yang mana?

Jika GPS mampu memetakan area di sekitar kita, drone bisa membantu kita menangkap pemandangan di sekeliling dari ketinggian. Simak ulasan salah satu drone mungil yang lincah, Walkera Rodeo 150 Mini di sini

0 comments