NOW READING

Pilih Apple Watch 4 atau Samsung Galaxy Watch ? Ini Beda Fitur dan Harganya!

 547
+
 547

Pilih Apple Watch 4 atau Samsung Galaxy Watch ? Ini Beda Fitur dan Harganya!

by The Daily Oktagon

Selain smartphone, gadget apalagi yang biasanya kamu punya ? Jawabannya mungkin smartwatch. Yup…selain smartphone, smartwatch juga menjadi gadget yang terus berkembang. Di setiap seri terbarunya perangkat jam tangan pintar, selalu menawarkan fitur-fitur terbaru dengan teknologi yang lebih canggih. Yang paling baru, hadir dua smartwatch seri paling anyar dari dua vendor besar. Yaitu Apple Watch 4 dan Samsung Galaxy Watch.

Kedua smartwatch tersebut bahkan diluncurkan di waktu yang tidak berbeda jauh. Samsung Galaxy Watch dirilis pada Agustus 2018. Selang sebulan kemudian, Apple Watch 4 resmi dilepas ke pasaran.

Hadir dengan desain yang keren serta fitur yang makin canggih, membuat kita mungkin bingung memilih yang mana. Sebelum tambah bingung, tidak ada salahnya mengetahui apa saja perbedaan antara Apple Watch 4 dan Samsung Galaxy Watch berikut ini :

Apple Watch 4

Apple merilis seri jam tangan pintar atau smartwatch terbarunya yaitu Apple Watch 4. Apple mengeluarkan jam tangan Apple Watch 4 ini dengan membenamkan sederet fitur canggih dan menarik. Lalu berapa harga Apple Watch 4 yang hadir dengan layar yang lebih besar ini ?

Apple Watch 4 memiliki fungsi pengecekan bagi kesehatan tubuh manusia. Jam tangan dengan desain terbuat dari meterial keramik dan safir ini mampu mengambil data elektrokardiogram (EKG) yang hanya tersedia di Rumah Sakit. Fungsi EKG sendiri sangat penting untuk mengetahui kondisi jantung. Di samping itu, Apple Watch 4 memang dapat mendeteksi detak jantung sesorang dalam skala rendah atau tinggi. Bila detak jantung seseorang rendah, maka smartband ini akan memberitahu melalui layar.

harga apple watch 4

Selain itu, fitur lain pada Apple Watch 4 ini adalah mampu menganalisa kondisi seseorang saat terjatuh. Fitur ini didukung oleh sensor giroskop yang dapat melacak semua gerakan di dalam jam yang kemudian dikembangkan melaluji algoritme sehingga dapat mendeteksi saat terjatuh.

Jadi, bila Kamu jatuh dari tangga, Apple Watch 4 akan merespon melalui pesan yang muncul melalui pertanyaan “Apakah Kamu ingin menghubungi 911?” Bila kamu tetap diam atau tidak merespon dalam beberapa waktu, maka secara otomatis akan memanggil ambulan dan mengirimkan lokasi Anda.

Baca juga : Bagi Pengguna Apple Watch, Ada Update OS Terbaru Bawa Fitur Keren

Apple Watch 4 memang dirancang untuk menemani olahraga serta aktifitas fisik lainnya. Jam tangan ini akan menganalisis irama jantung dengan pola yang tak beraturan. Selain itu, Apple watch 4 juga akan menampilkan informasi lain seperti waktu, tanggal, detak jantung, dan aktivitas lainnya.

Jam tangan ini juga memiliki speaker dengan pengaturan volume sendiri. Untuk mendeteksi suara, Apple Watch 4 memiliki sensor perekam yang cukup baik karena microphone yang diletakkan pada bagian samping.

Apple Watch 4 menggunakan perangkat chipset terbaru sehingga kinerjanya lebih baik dibandingkan Apple S3 sebelumnya. Apple Watch 4 mengandalkan prosesor dual-core 64 bit dengan GPU baru yang lebih kuat. Jam tangan ini tersedia dengan dua ukuran yakni 40 mm dan 44 mm dengan material alumunium dan stainless steel.

Harga Apple Watch 4 dibanderol mulai USD399 atau sekitar Rp5,7 juta untuk versi GPS, sedangkan versi seluler dijual dengan harga Apple Watch 4 mulai dari USD499 atau sekitar Rp7,1 juta. Pada peluncurannya 21 september mendatang, Apple Watch 4 tersedia dengan berbagai pilihan warna antara lain silver, abu-abu, hitam, dan gold.

Samsung Galaxy Watch

Sebelumnya Samsung menamakan perangkat jam tangan pintarnya dengan Samsung Galaxy Gear. Namun produk terbaru  jam tangan pintar Samsung kini menggunakan nama Galaxy Watch.

Samsung Galaxy Watch datang dalam dua varian, yakni ukuran 46 mm dan 42 mm seperti pendahulunya. Pada Layarnya, Samsung Galaxy Watch juga memberikan lapisan Gorilla Glass DX+

Samsung memberikan tiga pilihan casing warna yang bisa dipilih pengguna, yakni Midnight Black, Rose Gold dan Silver. Ketiga warna ini juga bisa dikostumisasi dengan beragam bands atau tali jam tangan yang bisa digunakan.

Jam tangan pintar Samsung terbaru ini tidak menggunakan OS Android Wear, melainkan membawa interface Tizen. Menariknya OS Tizen yang menjalankan Galaxy Watch menawarkan 60 juga tampilan jam yang bisa dipilih penggunanya. Sehingga pengguna tidak akan bosan akan tampilan jam mereka.

Galaxy Watch 46mm dibekali baterai embedded 472mAh sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil, 42mm memiliki kapasitas baterai 270mAh unit. Samsung mengklaim meski keduanya memiliki kapasitas baterai yang berbeda, namun daya tahan baterai keduanya cukup tahan lama.

Kedua varian jam tangan pintar ini memiliki varian yang bisa dipilih dengan koneksi Bluetooth atau LTE. Namun begitu pada kedua varian tersebut-sama-sama akan tersedia GPS untuk keakurasian dalam mentraking saat berolahraga.

Baca Juga: Fossil Rilis Dua Smartwatch Terbaru Ber-OS Android

Selain itu, meski memiliki ukuran yang berbedanya, baik ukuran 46mm dan 42mm sama-sama menggunakan memori 4GB. Untuk perbedaan kedua varian ini adalah model kapasitas LTE akan memiliki RAM 1.5GB sedangkan untuk model Bluetooth memiliki RAM 768MB.

Samsung Galaxy Watch dibekali juga sertifikasi IP68. Jadi memiliki kemampuan water resistant dengan tambahan 5ATM pressure rating. Selain itu Samsung juga memberikan kemampuan drop resistant, dengan standard MIL-STD-810G.

Samsung Galaxy Watch sangat disarankan untuk mereka yang perduli akan kesehatan. Karena didalamnya Samsung menyediakan segudang fitur untuk menjaga kesehatan penggunanya. Di Amerika Serikat Samsung Galaxy Watch dibanderol mulai $330 atau sekitar Rp4,8 Jutaan

0 comments