NOW READING

Persaingan Smarthome di 2016, Mana yang Terbaik?

 2315
+
 2315

Persaingan Smarthome di 2016, Mana yang Terbaik?

by The Daily Oktagon

Di era digital lifestyle, Anda wajib tahu teknologi Internetof Things (IoT). Memasuki 2016, tren ini pun bukan lagi hal yang mustahil untuk Anda nikmati. Bahkan, pemain besar global pun kian banyak yang menciptakan produknya untuk melengkapi rumah Anda, lewat smarthome.

Smarthome diusung oleh banyak pelaku industri IT sebagai konsep kehidupan di masa mendatang. Dengan kata lain, perangkat atau peralatan rumah tangga Anda akan terkoneksi Internet. Fungsinya nanti tak sekadar peralatan biasa karena memiliki fitur cerdas.

shutterstock_299559935
Nah, ajang Consumer Electronics Show 2016 (CES) beberapa pekan lalu menyisakan banyak cerita. Tak hanya wearable device yang unjuk gigi, home appliances juga banyak dipamerkan pada acara bergengsi di Las Vegas, Amerika Serikat tersebut.

Ada banyak perusahaan elektronik, mulai dari Samsung, Haier, Amazon, hingga LG. Namun, persaingan terkuat masih dipegang pemain lama, yakni Samsung dan LG. Keduanya patut mendapat perhatian dengan beragam inovasi yang bikin decak kagum.

Yuk, simak ulasan persaingan samrthome di 2016, mana yang terbaik? The Daily Oktagon sudah menyiapkan detail-nya untuk Anda.

1. Samsung
Brand yang berpusat di Seoul, Korea Selatan ini, memamerkan beberapa produk teranyar yang mendukung ekosistem smart home. Ketiganya adalah televisi, kulkas, dan pembersih debu (vacuum cleaner).

a. Samsung TV SUHD
Samsung terbilang cukup hebat dalam merancang dan mengembangkan televisi, terutama dengan layar super jernih. Pada ajang CES ini, Samsung memperkenalkan televisi SUHD (ultrahighdefinition), di mana dapat menampilkan konten beresolusi mulai dari 49 hingga 88 inci.

Apa yang menarik?
Sudah bisa ditebak, SUHD ini dapat dijadikan remote untuk semua furnitur rumah yang terkoneksi Internet. Setidaknya SUHD mampu mengontrol sebanyak 200 perangkat rumah yang sudah bisa memiliki teknologi smart home “SmartThings”.

Family_Hub_Refrigerator(1)

b. Family Hub Refrigerator
Lain halnya dengan Family Hub Refrigerator ini. Bentuknya yang kokoh berwarna hitam solid dan inovasinya mampu membuat geleng-geleng kepala para pengunjung. Bagaimana tidak, kulkas tersebut memiliki tiga kamera di dalamnya. Jadi, sudah ukan mustahil lagi peralatan rumah tangga dilengkapi teknologi layaknya mobile device.

Apa yang menarik?
Lewat ketiga kamera ini, pemilik rumah bisa mengintip ke dalam kulkas dan mengecek stok makanan ketika mereka tak di rumah. Tak berhenti sampai situ saja, pintu kulkas Samsung dibekali layar LCD High Definition seluas 21,5 inci.

Pada kulkas tersebut terdapat empat pintu, yang mana salah satu bentuknya menyerupai smartphone. Apa fungsinya? Para anggota keluarga dapat membagikan post ke media sosial, meninggalkan catatan digital, dan memesan sayur jika kehabisan.

c. PowerBot Vacuum Cleaner
Robot pembersih (vacuum cleaner), PowerBot, menggunakan kamera untuk memastikan bahwa robot ini sudah membersihkan beberapa hal.

Powerbot_2

Apa yang menarik?
Rupanya, robot ini dapat dikontrol dengan pemilik rumah dengan menggunakan smartphone. Dengan demikian, Anda dapat memberitahukan teman mengenai ruangan yang sudah dibersihkan.

Simak juga, Realisasi Smarthome yang Semakin Nyata di Era Internet of Things

2. LG
Perusahaan yang juga berasal dari Negeri Tirai Bambu ini juga meluncurkan beberapa produk yang mendukung smarthome, antara lain kulkas, kamera keamanan, dan lemari. Kedengarannya mudah, yuk intip fitur dan fungsinya.

a. LG Signature Refrigerator
Memiliki empat pintu, Signature Refrigrator hadir dengan warna abu-abu. Cukup menyedot perhatian para pengunjung CES 2016.

LG-SIGNATURE-REFRIGERATOR
Apa yang menarik?
Ada salah satu panel pintu di sebelah kanan yang yang memiliki layar menerawang ke dalam. Tanpa perlu membukannya, kaca gelap tersebut dapat di-tap dengan menggunakan fitur knock-on yang berfungsi untuk menyalakan lampu di dalam.

b. LG Smart Styler
Menariknya, LG menemukan cara baru untuk lebih mudah membersihkan dan merapikan baju. Dalam prosesnya, produk bernama LG Styler ini mampu melakukan kemampuan yang dilakukan manusia, seperti menggosok, mengeringkan dengan mekanisme getar, hingga membersihkan pakaian.

Apa yang menarik?
Semua perintah itu dapat dilaksanakan melalui aplikasi di ponsel Anda. Sayangnya, aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat berbasis Android saja.

c. Netatmo Presence
Tak ketinggalan, perangkat ini dapat membantu rumah Anda jauh dari kemalingan atau disusupi orang-orang tak dikenal. Ya, Netatmo Presence merupakan salah satu perangkat keamanan rumah (home security) yang melengkapi ekosistem smarthome.

presence

Apa yang menarik?
Demi keamanan, Netatmo dibekali cukup banyak fitur, Misalnya, kamera rumah terkoneksi Internet yang dapat mendeteksi antara mobil, hewan, atau orang. Kamera ini mampu memberikan peringatan ke pemilik rumah.

Fitur lain adalah kemampuan rekam video berkualitas full HD video dengan menggunakan memori microSD. Rekaman tersebut dapat ditransmit ke server FTP. Terakhir, Netatmo memiliki fitur night vision serta lampu yang dapat mendeteksi kehadiran apapun di rumah. Nah, kita tunggu saja kapan semua produk menarik di atas bisa dijumpai di Tanah Air.

Jangan lewatkan juga artikel menarik tentang IoT ini, Mengintip Perkembangan Autonomous Car di Tengah Internet of Things

0 comments