NOW READING

Persaingan Dua Monopod: Manfrotto Neotec Monopod VS iFootage Cobra 2 Strike

 1099
+
 1099

Persaingan Dua Monopod: Manfrotto Neotec Monopod VS iFootage Cobra 2 Strike

by The Daily Oktagon
  • Manfrotto dan iFootage kembali hadir dengan aksesoris fotografi dalam rupa monopod.
  • Secara jelas, terdapat perbedaan dari desain hingga fitur pada alat yang menghasilkan foto stabil ini.
  • Baik keamanan maupun kenyamanan, keduanya hadir dengan performanya masing-masing.

Fotografer biasa menggunakan monopod untuk hasilkan foto stabil. Manfrotto dan iFootage pun meluncurkan produk monopod andalan mereka.

Manfaat monopod selain itu adalah untuk mempermudah dalam memegang kamera saat di lapangan. Oleh karena itu, dalam memilih monopod yang bisa diandalkan diperlukan pertimbangan dari segi kenyamanan, keamanan, dan juga kekokohannya.

Masing-masing diberi nama Manfrotto Neotec Monopod dan iFootage Cobra 2 Strike. Keduanya tentu memiliki bentuk dan fitur yang berbeda sesuai kebutuhan pengguna. Namun, manakah yang lebih unggul dari faktor kenyamanan, keamanan, dan kekokohannya? Berikut ulasannya secara lengkap.

 

 

Sifat Pijakan Berbeda

Kedua monopod ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mempermudah fotografer dalam mengambil gambar secara stabil. Namun, peletakannya menjadi berbeda dan terdapat keunikan di masing-masing produk. Pada Manfrotto Neotec, terdapat pointing dan pijakan di bagian bawah agar kamera lebih stabil. Pointing tersebut juga berfungsi membuat badan monopod dapat berdiri di atas tanah dan dimiringkan hingga 45 derajat untuk hasil foto yang lebih maksimal.

Berbeda dengan iFootage Cobra 2 Strike, yang memiliki tiga kaki di bawah untuk membuat badan monopod berdiri tegak. Pada bagian atas kaki terdapat ballhead yang mampu diputar 360 derajat. Hasil gambar video akan menjadi sempurna dengan memanfaatkan fitur tersebut. Ketiga kaki tersebut juga dapat diubah dalam tiga posisi, yaitu 20 derajat, 50 derajat, hingga 78 derajat. Hal ini akan membantu fotografer mendapatkan gambar dengan ketinggian yang bertambah sesuai lebar kaki.

 

 

Baca juga ulasan mengenai kamera Canon EOS 77D, kamera profesional dengan teknologi pintar.

Keamanan Masing-masing Monopod

Keamanan yang ditawarkan masing-masing produk juga berbeda. Hal ini terlihat Cobra 2 Strike yang memiliki 5 penguncian untuk penggunaan monopod. Pertama di bagian atas, mulut kamera dapat dilonggarkan dan dilepaskan dengan memutar penguncian. Kemudian di bagian bawah, terdapat penguncian untuk ballhead agar bisa diatur perputaran. Terakhir, terdapat penguncian ekstra pada masing-masing kaki sehingga tidak akan goyang meski berada di bidang bertekstur kasar.

Untuk Manfrotto Neotec, keamanan terletak pada pegangan di dekat mulut kamera. Pegangan ini bisa ditekan jika penguncian dilepas badan monopod akan memanjang ke bawah hingga 170 cm. Perbedaannya cukup jauh dengan Cobra 2 Strike yang hanya memanjang hingga 150 cm saja dengan memutar kuncian terlebih dahulu. Mulut kamera pada Manfrotto Neotec juga tidak dapat diputar secara leluasa oleh pengguna. Kamera hanya dapat diposisikan dengan pijakan pada kaki di bagian bawah saja.

Aksesoris apa saja yang wajib ada dalam tas kamera seorang foografer? Selengkapnya pada artikel ini

Kenyamanan Saat Menggunakan

Selain keamanan, faktor lainnya dalam memilih monopod adalah faktor kenyamanan saat menggunakannya. Manfrotto Neotec memiliki pegangan yang sangat nyaman dan dapat disesuaikan dengan posisi tangan pengguna. Terdapat juga tali penyangga agar bisa dikaitkan pada tangan supaya tidak mudah terjatuh. Fitur ini memberikan fleksibilitas yang didapat dari monopod karena tidak perlu repot membuka kuncian satu per satu saat di lapangan. Warna hitam yang memenuhi badan monopod memberikan kesan keras dan kokoh saat digunakan dalam mengambil gambar.

iFootage Cobra 2 Strike juga menyuguhkan bantalan di tengah badan agar nyaman saat dibawa berpindah lokasi. Namun, pengguna mungkin akan kerepotan saat memanjangkan badan karena perlu membuka kunci dan menariknya ke atas. Nilai tambahnya terletak pada ballhead di bagian bawah sehingga pengguna dapat memutar kamera 360 derajat. Hasil gambar pun akan lebih luas karena posisi kamera yang bisa diputar ke segala sisi.

 

 

Kedua monopod ini memiliki kelebihan masing-masing yang bisa dipilih pengguna. Manfrotto terasa lebih fleksibel karena pengoperasiannya yang cukup praktis, sedangkan iFootage lebih mengutamakan keamanan dan tampilan yang lebih elegan dengan warna campuran hitam dan merah. Semua kembali kepada kebutuhan Anda sebagai pengguna agar hasil foto juga lebih maksimal.

Selain monopod, fotografer juga butuh filter untuk lensa kamera. Baca artikelnya di sini.

0 comments