NOW READING

Perlengkapan Terbaru Untuk Mendukung Kegiatan Foto Prewedding

 6858
+
 6858

Perlengkapan Terbaru Untuk Mendukung Kegiatan Foto Prewedding

by The Daily Oktagon

Maraknya foto pre-wedding memunculkan peluang bisnis baru yang menjanjikan keuntungan melimpah. Jika dianalisis faktor-faktor kekuatan dan kelemahan, bisnis terlihat makin kinclong sebab orang yang mendalami fotografi jumlahnya masih rendah. Sehingga persaingannya bisa dibilang relatif tidak seketat bisnis lainnya.

Namun seperti halnya bisnis pada umumnya, bisnis pre-wedding membutuhkan alat-alat pendukung sebagai bagian dari persiapan wajib yang harus dipenuhi. Alat-alat ini masuk dalam kategori modal tetap yang kegunaannya akan sangat lama sehingga tidak hanya penting sekali mengalokasikan dana yang cukup tapi melakukan eksekusi pemilihan perangkat yang tepat guna.

Setidaknya ada 5 perlengkapan pendukung kegiatan foto pre-wedding yang paling tepat digunakan untuk tujuan pre-wedding pribadi atau bisnis.

Kamera DSLR

CANON_EOS_1100D

Yang pertama sudah barang tentu kamera yang mumpuni. Untuk memilih kamera yang tepat, Anda harus dengan budget yang tersedia. Saat ini ada banyak jenis kamera DSLR dengan tingkat harga yang bervariasi tergantung fitur yang dimiliki. Jika dana mencukupi, belilah kamera tipe CANON EOS 1100D yang sudah cukup baik kualitas dan fiturnya. Tetapi jika dana mepet, NIKON D3000 saya rasa sudah lebih dari cukup. Apalagi jika Anda tidak berniat terjun ke dalam bisnis secara serius, melainkan hanya untuk menjepret foto pre-wedding Anda atau keluarga.

Lensa

Perlengkapan kedua yang wajib dipunyai adalah lensa. Anda tentu paham bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, Anda perlu menggunakan lensa yang sesuai untuk momen tertentu.

Canon_EF-S_17-85mm

Untuk itu, lengkapilah peralatan kamera Anda dengan lensa yang tepat. Paling tidak Anda wajib mempunyai lensa zoom normal yang bisa dipakai untuk berbagai momen misalnya Canon EF-S 17-85mm f/4-5.6, Nikon AF-S 16-85 f/3.5-5.6 atau Pentax DA 17-70mm f/4. Kemudian lensa wide zoom untuk landscape, pilihannya Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5, Nikon AF-S 10-24mm f/3.5-4.5, Pentax DA 12-24mm f/4 atau Sony SAL-DT 11-18mm f/4.5-5.6. Terakhir, lensa super zoom yang mampu menggantikan hampir semua lensa jarak jauh sehingga cocok untuk berbagai keperluan, pilihannya Tamron 18-270mm f/3.5-5.6 VC.

Memori Tambahan

Secara default kamera memang sudah dilengkapi dengan kartu memori. Tapi seorang fotografer profesional wajib mempunyai lebih dari satu kartu memori. Sifatnya sih opsional dan untuk antisipasi jika memori penuh atau bukan tidak mungkin rusak akibat pemakaian.

61K65GMnJnL._SL1100_

Opsi terbaru yang bisa Anda beli antara lain, SanDisk Ultra microSDXC UHS-I128GB2, PNY micro SDHC atau SDXC UHS-I, dan SD card Samsung EVO dan Pro. Ketiganya bisa jadi pilihan paling tepat karena dibekali teknologi terbaru yang dioptimalkan untuk kecepatan akses perangkat, salah satunya kamera.

Flash Eksternal

Tambahan flash eksternal akan membuat Anda memegang kendali penuh terhadap arah dan kuantitas pencahayaan. Flash eksternal juga meningkatkan kualitas foto secara drastis. Ada banyak pilihan yang tersedia, untuk peralatan yang satu ini Anda boleh memilih merk yang sesuai dengan kamera yang Anda ingin beli atau boleh saja membelinya dalam satu paket agar mendapatkan potongan harga. Kan lebih hemat.

canon_speedlite_430eX_II_1

Drone

Anda pastinya sudah sangat familiar dengan gadget ini. Drone, begitu orang biasa menyebutnya. Gadget ini bisa terbang menyerupai pesawat atau helikopter namun dengan skala yang jauh lebih kecil. Dahulu drone dilengkapi dengan kamera sebagai pengintai, penggunaan dalam skala besar pertama kali dipraktekkan oleh kalangan militer. Tapi sekarang drone sudah banyak difungsikan sebagai kamera tak ubahnya kamera saku, mirrless atau DSLR, namun dengan sudut pandang yang jauh berbeda sehingga menambah sensasi yang unik.

0_0

Anda boleh-boleh saja menambahkan drone ke dalam daftar perlengkapan bisinis foto pre-wedding yang sedang Anda rintis. Dengan adanya drone Anda bisa menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda kepada konsumen, dan bukan tidak mungkin jasa Anda menjadi jasa foto pre-wedding pertama di Indonesia yang menggunakan drone sebagai alat mengambil foto. Pilihannya, DJI phantom 2 Vision +, Parrot AR Drone 2.0 atau 3DRobotics 3DR Iris.

Tripod

Untuk Tripod, Anda bisa memilih produk yang disediakan oleh Manfrotto. Berbagai jenis tripod akan menjadi pelengkap untuk foto prewedding, misalnya BeFree Tripod, meski dipertunukkan bagi travel fotografi, namun karena bahannya yang ringan akan menyenangkan jika harus dibawa untuk melakukan preweeding di luar ruangan. Atau tipe 190 yang memungkinkan Anda berkreasi karena tripod ini bisa diatur untuk berbagai sudut, sesuai kreativitas Anda.

manfrotto

Masih ada beberapa perlengkapan yang bisa Anda lengkapi misalnya, kabel roll, tas yang memadai untuk menyimpan semua peralatan, aksesoris untuk pose pengatin dan juga laptop.

===
Sumber foto
https://www.canon.com.au/en/Personal/Products/Cameras-and-Accessories/EOS-Digital-SLR-Cameras/1100D
http://www.amazon.com/Canon-17-85mm-4-5-6-Stabilized-Digital/dp/B0002Y5WXO
http://www.amazon.com/SanDisk-Memory-Adapter-SDSDQUAN-064G-G4A-Version/dp/B00M55C1I2/ref=pd_bxgy_147_img_y
http://www.amazon.com/Canon-Speedlite-430EX-Digital-Cameras/dp/B001CCAISE
www.dji.com/product/phantom-2-vision-plus/feature
featured: https://pixabay.com/en/photos/download/wedding-443600_1280.jpg

0 comments